Cara Seru Explore Perairan Laut di Indonesia

Indonesia sebagai negara maritim tentu punya banyak sekali potensi Wisata Bahari yang dapat dinikmati, keindahannya lautnya ah sudah jangan ditanyakan lagi. Pesona bawah laut di Indonesia sudah tersebar informasinya hingga ke penjuru dunia, seperti Bali, Gili, Lombok, Komodo, Raja Ampat, dan lain sebagainya.

Saya yang baru mencoba untuk belajar diving sampai menyesal, ‘kenapa baru sekarang?’ hahaha. Saya pastikan tema perjalanan saya tahun 2022 ini adalah menyusuri perairan laut, seperti melakukan aktivitas pantai, snorkeling, diving, hingga berlayar dengan kapal pinisi.

Keindahan laut di Indonesia dapat dinikmati dengan berbagai macam cara yang seru sesuai dengan budget dan skill yang kamu miliki. Nah, melalui artikel ini saya ingin membagikan sedikit informasi menarik bagaimana menikmati perairan di Indonesia dengan cara yang seru. Penasaran? Oke, mari lanjutkan membaca.

1. Menyusuri Pantai

Menyusuri pantai merupakan cara yang paling banyak dilakukan oleh para wisatawan, karena lokasinya yang mudah dijangkau. Siapa saja pasti senang ke pantai, baik itu sendiri maupun beramai-ramai bersama teman atau keluarga.

Beberapa tempat wisata pantai biasanya juga sudah dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, mushola, warung makan, restoran, hotel, dan lain sebagainya.

Pantai

Menyusuri pantai memang paling asik dilakukan saat siang hari, dimana langit cerah dengan lautnnya yang biru menggoda. Waktu siang hari menjadi rekomendasi saya jika kamu menginginkan hasil foto yang maksimal, tapi jangan lupa pakai sunblock ya.

2. Snorkeling

Cara yang paling mudah untuk melihat keindahan dalam laut dangkal adalah snorkeling, iyaa berenang di dasar permukaan laut dengan alat bantu masker dan snorkel.

Kegiatan ini dapat dilakukan tanpa perlu memiliki perlengkapan sendiri, beberapa tempat wisata seperti pulau maupun pantai biasanya menyediakan beberapa alat dan bisa disewakan untuk melihat laut yang tidak begitu dalam, hanya 1-3 meter saja.

Jika kamu tidak bisa berenang, tenang saja kamu tetap bisa menikmatinya dengan alat bantu seperti pelampung atau life jacket agar tidak tenggelam, meskipun air laut sebenarnya membuat tubuh justru lebih ringan asalkan tetap tenang alias gak panik.

Snorkeling

Kegiatan snorkeling tidak membutuhkan sertifikasi profesional, tapi kegiatan ini tentu perlu pendampingan khusus oleh orang yang berpengalaman. Kegiatan ini dapat dilakukan diwaktu terang dan cuaca bagus, saat pagi hari atau sore.

3. Scuba Diving

Selanjutnya Scuba Diving jika kamu ingin mengexplore laut lebih dalam lagi, yap kita tidak bisa bernapas di dalam air atau menahan napas hingga lebih dari lima menit. Tentu kamu butuh alat bantu seperti alat scuba lengkap dengan alat bantu pernapasan, fin, masker, bcd, dan lain sebagainya.

Scuba Diving

Kegiatan yang termasuk olahraga extreme ini juga tidak sebarangan untuk dilakukan oleh banyak orang, hanya yang sudah latihan dan melakukan sertifikasi resmi dari badan yang menaunginya seperti POSSI, SSI, PADI, dan sebagainya. Agar kegiatan penyelaman dilakuakan sesuai standar dan mengurangi resiko kesalahan dalam berkegiatan.

Meski terbilang cukup ribet tapi tenang saja, latihan dan bersertifikasi yang tidak gratis ini akan terbayarkan dengan bertambahnya kemampuan olahraga selam kamu plus melihat secara langsung keindahan laut Indonesia yang llebih dalam, tentunya juga lebih indah.

4. Berlayar dengan Kapal Pinisi/Yacht

Ingin melakukan semua kegiatan pada poin sebelumnya sekaligus? Ohh, tentu saja bisa kamu dapat memilih kegiatan berlayar dengan kapal pinisi atau yacht. Berlayar selama beberapa hari sambil menikmati laut serta fasilitas yang lengkap dapat kamu nikmati.

Beberapa travel agent di Indonesia juga menyediakan kegiatan wisata seperti ini dengan berbagai pilihan harga sesuai fasilitas yang diinginkan. Dengan menggunakan konstruksi kapal kayu dimana memiliki layar dengan bentuk tradisional yang panjangnya mulai dari 18 hingga 60 meter lengkap fasilitas yang mewah bak kapal pribadi.

Raja Ampat

Dengan kapal pinisi ini kamu dapat menikmati laut dari matahari terbit pada pagi hari hingga senja di sore hari. Tiap juga dilakukan menyusuri beberapa tempat untuk melakukan snorkeling maupun diving. Lalu makan malam di atas kapal di bawah gugusan bintang yang indah.

Ah, membayangkannya jadi ingin langsung berlayar sekarang juga dengan kapal pinisi yang memiliki konstruksi kapal terbaik di Indonesia. Apalagi dengan traveling seperti ini bisa sekaligus menjadi tempat menginap layaknya hotel. 

Nah, itulah beberapa cara seru untuk explore kegiatan di perairan khususnya di Indonesia. Mana kegiatan yang menurutmu paling menarik? Yuk ceritakan di kolom komentar!

Semoga artikel ini bermanfaat ^^

Share this post:

2 thoughts on “Cara Seru Explore Perairan Laut di Indonesia

  1. Menyusuri pantai dan snorkeling adalah 2 hal yang kerap saya lakukan. Untuk diving sepertinya memerlukan keterampilan khusus.

    Tentang Yatch, ah semoga suatu saat nanti punya rejeki untuk merasakan naik kapal Pinisi di Raja Ampat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *