Catatan Kecil : Knowledge Manajemen atau Manajemen Pengetahuan

Apa itu Manajemen Pengetahuan? Menurut Wikipedia Manajemen Pengetahuan (Inggris: Knowledge management) adalah kumpulan perangkat, teknik, dan strategi untuk mempertahankan, menganalisis, mengorganisasi, meningkatkan, dan membagikan pengertian dan pengalaman.

Pengertian dan pengalaman semacam itu terbangun atas pengetahuan, baik yang terwujudkan dalam seorang individu atau yang melekat di dalam proses dan aplikasi nyata suatu organisasi. Fokus dari MP adalah untuk menemukan cara-cara baru untuk menyalurkan data mentah ke bentuk informasi yang bermanfaat, hingga akhirnya menjadi pengetahuan.

Beberapa minggu yang lalu mata kuliah satu ini telah kami pelajari di Kampus STMIK Pontianak, karena hari ini adalah ujian MID terakhir di semester 5 saya akan berbagi beberapa materi berupa soal dan jawabannya yang dibahas dimata kuliah ini.

Berikut ini soalnya :

  1. Apa yang dimaksud dengan Knowledge, Experience, Learning?
  2. Jelaskan perbedaan antara data, informasi dan knowledge!
  3. Jelaskan mengapa dari beberapa orang yang memiliki data dan informasi yang sama, tetapi memiliki knowledge yang berbeda!
  4. Sebutkan life cycle dari knowledge manajemen dan jelaskan mengapa hal tersebut merupakan cycle!
  5. Jelaskan tipe-tipe dari knowledge!
  6. Apa saja hal mendasar yang memembedakan antara Explicit dan Tacit Knowledge!
  7. Apa perbedaan dan persamaan antara sistem konvensional dengan knowledge system?
  8. Jelaskan apa saja yang dapat menjadi penghalang dalam membagi/sharing knowledge!
  9. Jelaskan model Nonaka dalam membagisharing knowledge!
  10. Apa saja kualifikasi yang harus dimiliki oleh Expert?

Berikut jawabannya :

  1. Yang dimaksud dengan Knowledge, Ecperience dan Leraning adalah :
    • Knowledge merupakan pengetahuan yang di dapat seseorang dalam proses edukasi maupun pengalaman yang dialaminya atas suatu subjek. Informasi maupun fakta yang situasi terhadap suatu subjek diamati, dianalisa dan dipelajari menjadi sesuatu yang diingat dalam memori seseorang dan dijadikan sumber pemecahan suatu masalah dikemudian hari.
    • Experience adalah pengetahuan yang didapat dari pengalaman yang sudah pernah terjadi pada seseorang yang dijadikan pembelajaran untuk menyelesaikan suatu masalah dikemudian hari
    • Learning adalah proses pembelajaran untuk mendapatkan pengetahuan melalui proses edukasi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan
  2. Berikut perbedaan antara data, informasi dan knowledge :
    • Data adalah sekumpulan fakta-fakta yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan
    • Informasi adalah hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, organisasi, ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu, dan bisa digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya.
    • Knowledge yaitu pengetahuan yang didapatkan melalui proses pembelajaran maupun proses pengalaman yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dikemudian hari
  3. Beberapa orang yang memiliki data dan informasi yang sama, tetapi memiliki knowledge yang berbeda ini dikarenakan setiap orang memiliki cara yang berbeda dalam menggunakan pengetahuannya dalam menyelesaikan masalah, setiap orang juga memiliki pengalaman yang berbeda dalam menyelesaikan masalah.
  4. Berdasarkan model siklus knowledge management lifecycle terdapat empat tahapan yaitu creation, storage atau retrieval, transfer dan application. Hal tersebut merupakan life cycle karena dilakukan berulang dan berurutan dalam suatu perusahaan mulai dari mengkreasikan dan penyimpanan, melakuan transfer dan mengaplikasikan kemudian kembali lagi ke creation.
  5. Tipe-tipe dari Knowledge adalah sebagai berikut :
    • Knowledge Tacit adalah knowledge yang sebagian besar berada di dalam sebuah organisasi. Tacit knowledge adalah sesuatu yang diketahui dan dialami, namun sulit untuk diungkapkan secara jelas dan lengkap.
    • Knowledge tacit juga bisa diartikan sebagai knowledge yang terletak dimind/otak atau melekat dalam diri seseorang yang diperolehnya melalui pengalaman, gagasan, ide, persepsi serta keahlian dalam pekerjaannya.
    • Knowledge explicitadalah knowledge yang sudah direkam dan didokumentasikan sehingga lebih mudah didistribusikan dan dikelola.
    • Knowledge explicitjuga bisa diartikan sebagai pengetahuan dan pengalaman tentang “bagaimana untuk”, yang diuraikan secara lugas dan sistematis. Contoh konkritnya adalah buku petunjuk pengoperasian sebuah mesin atau penjelasan yang diberikan oleh instruktur dalam sebuah program pelatihan.
  6. Perbedaan yang mendasar antara Explicit dan Tacit Knowledge adalah Pengetahuan tacit sifatnya sangat personal, sulit diformulasikan sehingga sulit dikomunikasikan dan disebarkan kepada orang lain. Tacit Knowledge, merupakan bentuk pengetahuan yang masih tersimpan dalam pikiran manusia. Misalnya gagasan, persepsi, cara berpikir, wawasan, keahlian/kemahiran, dan sebagainya. Sedangkan, Pengetahuan eksplisit dapat diungkapkan dengan kata-kata dan angka, disebarkan dalam bentuk data, rumus, spesifikasi, dan manual. Sehingga dapat dikatakan bahwa Explicit Knowledge merupakan bentuk pengetahuan yang sudah terdokumentasi/ terformalisasi, mudah disimpan, diperbanyak, disebarluaskan dan dipelajari. Contoh manual, buku, laporan, dokumen, surat, file-file elektronik, dsb.
  7. Jawaban selanjutnya silahkan download filenya disini

Terimakasih, semoga bermanfaat 🙂

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *