Guru Kreatif & Inspiratif adalah Guru Idola Siswa – Guru Blogger Inspiratif 2014

Guru adalah sosok yang paling penting dan utama di jagad ini karena mereka mencerdaskan kehidupan manusia. Namun demikian, belum dapat dikatakan bahwa semua guru dapat menjadi inspirasi bagi siswanya untuk cerdas dalam laku hidupnya.

Guru yang mampu menjadi inspirasi siswa adalah guru yang sebenarnya. Guru yang inspiratif dalam hidup saya adalah seorang guru matematika ketika saya duduk di bangku Sekolah Kejuruan, beliau bernama Pak Mulyo, sekarang sudah menjadi Wakil Kepala Sekolah di SMK Negeri 7 Pontianak. Beliau tidak hanya mengajarkan saya matematika yang awalnya adalah pelajaran yang tidak saya sukai menjadi pelajaran yang sangat saya senangi saat ini, beliau mengajarkan saya bahwa pentingnya pendidikan, manfaatnya untuk banyak orang sehingga saat ini saya bisa menjadi seorang guru di dua sekolah yaitu sekolah Muhammadiyah 2 Pontianak dan Sekolah Internasional Tunas Bangsa Kubu Raya. Dan masih banyak lagi guru-guru yang menispirasi dalam hidup saya semoga mereka semua selalu dalam lindungan-Nya, dan saya bangga menjadi seorang pendidik.

Guru inspiratif bukanlah seorang guru yang hanya sekedar mengejar kurikulum. Akan tetapi, ia mampu mengajak siswa-siswanya berpikir kreatif. Ia juga mengajak siswa-siswa melihat sesuatu dari luar lalu mengubahnya di dalam lalu membawa kembali ke luar, ke masyarakat luas. Guru inspiratif melahirkan pemimpin pembaharu yang berani menghancurkan aneka kebiasaan lama.

Guru kreatif inspiratif adalah guru idola para siswa. Siswa akan merasa nyaman bila berada dalam suasana pembelajarannya. Selain itu ia juga mampu menjadi teladan bagi anak didiknya. Bicaranya sangat menyejukkan hati, ilmunya bak mata air yang tak pernah habis diambil, dan kehadirannya membuat para siswa merasa belajar menjadi menyenangkan. Mereka pun merasakan betapa nikmatnya berada di sekolah sebagai rumah kedua. Ilmu yang saya dapatkan dari Pak Mulyo saya terapkan kepada siswa-siswa saya sekarang ini.

Agar menjadi guru idola, para guru harus menata diri. Memeperbaiki hal-hal yang kurang tepat dilakukan oleh seorang guru dan senantiasa melakukan apa yang disebut belajar sepanjang hayat. Tak ada guru yang langsung menjadi guru idola para siswa, meskipun guru tersebut berwajah ganteng atau cantik. Sebab ganteng dan cantik tidak menjamin guru itu menjadi guru idola.

Guru idola bukan hanya guru yang “digugu dan ditiru” saja, tetapi mencerminkan dari tingkah lakunya yang selalu satu kata antara perkataan dan perbuatan. Mampu memberikan keteladanan kepada teman sejawat dan anak didiknya. Kreatif, tidak sombong, dan rendah hati kepada sesama. Gaya bahasanya biasa saja, tidak dibuat-buat seperti layaknya penyair kondang. Tetapi, bila ia bicara dan mengembangkan senyumnya membuat mereka yang mendengarnya terdiam.

Dalam hidupnya, guru idola adalah guru yang senantiasa mengajarkan kepada peserta didiknya untuk hidup dengan memberi sebanyak-banyaknya bukan menerima sebanyak-banyaknya. Dengan prinsip tangan di atas lebih mulia daripada tangan dibawah, membuat dirinya merasa harus senantiasa memberi.

Memberi tidak harus dengan sesuatu yang sifatnya materi, tetapi memberi dapat dilakukan dengan sesuatu yang sangat mudah. Sesuatu yang sangat mudah itu adalah tersenyum. Bila guru tersenyum, maka anak didiknya akan menghampirinya dengan kedamaian hati. Namun, bila guru tak tersenyum, maka siswapun akan berlari darinya.

Beban hidup yang ditanggung oleh para guru dan kesulitan-kesulitan yang dihadapinya harus membuat para guru bersabar dan terus berdoa kepada Tuhan yang Maha Pemberi. Ketika guru sadar bahwa dirinya harus senantiasa menjadi motivator dalam hidupnya, maka guru idola akan mengatakan kepada dirinya untuk selalu memberi dan memberi. Memberi sebanyak-banyaknya dan tak harap kembali.

Hidup seperti matahari yang senantiasa menyinari dunia mulai dari pagi sampai petang menjelang. Ketika malam menghampiri, guru idola tak pernah lepas berdoa untuk selalu diberikan kekuatan oleh Tuhan agar mampu menggali ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang dan tiada henti.

Guru idola tentu akan menjadi harapan semua peserta didik. Harapan kita semua agar pendidikan ini tampil sesuai dengan apa yang kita cita-citakan. Guru idola harus menjadi cita-cita semua guru di sekolah agar dunia pendidikan kita kembali tersenyum. Oleh karena itu, untuk menjadi guru idola, mulailah dari diri sendiri, mulailah dari hal yang kecil, mulailah banyak memberi, dan mulailah menata diri sendiri untuk menjadi guru idola.

Selain Kreatif dan Inspiratif seorang guru yang baik jangan gaptek (gagap teknologi), dengan menggunakan teknologi seperti ngeblog ini saya dapat dimudahkan dalam proses belajar-mengajar, berbagi informasi, dan mendapatkan informasi maka dari itu saya adalah seorang blogger, selain menggunakan fasilitas blog untuk proses pembelajaran ilmu yang saya dapatkan ketika sekolah dan kuliah pun dapat saya bagikan. Siswa saya dapat membaca artikel yang saya bagikan, mendownload modul yang saya buat, sehingga ketika di kelas saya tidak perlu lagi panjang lebar menjelaskan materi, jadi pembelajarannya langsung dapat dipraktekkan.

Berikut ini cara saya memanfaatkan Teknologi Informasi dalam Proses Belajar Mengajar.

Pertama Menulis Materi Pembelajaran di Blog

menulis blog bagus

Sebagai guru yang kreatif dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih menulis di Blog adalah satu diantara cara yang dapat dilakukan. Menulis materi yang akan diajarkan dapat mempermudah siswa mengakses materi dimana saja, ketika mereka lupa untuk mencatat siswa dapat membuka kembali postingan materi yang sudah diposting guru tersebut, selain untuk siswa tulisan materi ini dapat dipakai untuk guru-guru blogger lainnya atau blogger yang juga ingin mendapatkan informasi tersebut.

Kedua Membuat modul yang dapat didownload

DOWNLOAD MODUL

Selain memposting materi di blog, guru juga dapat mengupload modul yang dapat didownload kemudian dapat diprint dirumah siswa masing-masing tanpa harus membeli buku. Ini juga merupakan cara guru dalam hal melatih kemampuan menulisnya.

Mengirim tugas Via Email

EMAIL

Email adalah salah satu fasilitas yang sangat populer ini yang digunakan untuk mengirim surat via elektronik, berbagi informasi, sejak di bangku sekolah siswa harus sudah dapat mengirim surat via email karena ketika mereka sudah masuk jenjang yang lebih tinggi seperti kuliah atau kerja mereka sudah bisa mengirim email. Apalagi sudah banyak aplikasi yang menyediakan pengiriman email seperti google mail, yahoo messanger dan lain-lain.

Membuat Animasi Media Pembelajaran dengan menggunakan Flash

Animasi Media Pembelajaran

Media pembelajaran yang sangat efektif adalah menggunakan media animasi dengan menggunakan Macromedia Flash, selain interaktif media ini mampu membantu pemahaman siswa dalam materi pelajaran. Tidak hanya pelajaran tertentu saja yang dapat menggunakan media ini tapi semua pelajaran dapat menggunakan media ini.

Nah, itulah pemanfaatan teknologi informasi yang dapat saya bagikan kepada teman-teman. Terimakasih, semoga bermanfaat semoga guru-guru Indonesia kreatif dalam penggunaan Teknologi Informasi, dan siswanya juga dapat sesikap demikian.

Sumber Gambar : Dokumen Pribadi, Google.com

Be social share!

13 thoughts on “Guru Kreatif & Inspiratif adalah Guru Idola Siswa – Guru Blogger Inspiratif 2014

  1. Pak mulyo beliau juga merupakan guru saya, sewaktu di bangku pendidikan dulu.
    di revisi beliau bukan kepala sekolah melainkan beliau wakil kepala sekolah SMKN 7 Pontianak.
    nice artikel terus berkarya dek 🙂

  2. I am not sure where you’re getting your information, but good topic.
    I needs to spend some time learning much more or understanding more.
    Thanks for magnificent info I was looking for this information for my mission.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *