Ringkasan Materi Chapter 10 : Electronic Commerce Security e-Commerce

Berikut ini adalah ringkasan materi Chapter 10 Mata kuliah e-commerce yang berjudul Electronic Commerce Security, atau keamaan e-commerce. Poin-poin yang dipelajari di BAB ini adalah :

  • Keamanan Online
  • Keamanan untuk komputer klien
  • Keamanan untuk chanel komunikasi antar komputer
  • Keamanan untuk komputer server

Pada hari-hari awal Internet, salah satu penggunaan yang paling populer adalah surat elektronik. meskipun popularitas e-mail itu, orang sering khawatir bahwa saingan bisnis mungkin mencegat e-mail pesan untuk keuntungan kompetitif. Ketakutan lain adalah bahwa correspon- nonbisnis karyawan mungkin dibaca oleh supervisor mereka, dengan dampak negatif. Ini adalah signifikan dan kekhawatiran yang realistis.

Keamanan komputer adalah perlindungan aset dari akses yang tidak sah, penggunaan, atau perusakan. Ada dua jenis umum keamanan: fisik dan logis. Keamanan fisik termasuk perangkat perlindungan yang nyata, seperti alarm, penjaga, pintu tahan api, pagar ritas, brankas atau kubah, dan bangunan tahan serangan bom. Perlindungan aset menggunakan berarti hal disebut keamanan logis. Setiap tindakan atau objek yang menimbulkan bahaya bagi aset komputer dikenal sebagai ancaman.

Bagaimana manajemen resikonya?

Risk Management Model
Risk Management Model

Kita dapat menggunakan metode management risk seperti gambar dibawah ini. Jenis yang sama model manajemen risiko berlaku untuk melindungi aset Internet dan perdagangan elektronik dari kedua ancaman fisik dan elektronik. Contoh yang terakhir termasuk penipu, penyadap, dan pencuri. Lubang kebocoran, dalam konteks ini, adalah orang atau perangkat yang dapat mendengarkan dan menyalin transmisi internet. Orang-orang yang menulis program atau memanipulasi teknologi untuk mendapatkan akses tidak sah ke komputer dan jaringan yang disebut cracker atau hacker.

Keamanan Untuk Komputer Klien

Komputer klien, biasanya PC, harus dilindungi dari ancaman yang berasal dari perangkat lunak dan data yang di-download ke komputer klien dari Internet. Pada bagian ini, Anda akan belajar bahwa konten aktif disampaikan melalui Internet dalam halaman Web dinamis bisa berbahaya.

Ancaman lain untuk komputer klien dapat timbul ketika sebuah server situs jahat menyamar sebagai situs web yang sah. Pengguna dan komputer klien mereka dapat ditipu informasi mengungkapkan ke situs-situs Web. Bagian ini menjelaskan ancaman tersebut, menjelaskan bagaimana mereka bekerja, dan menguraikan beberapa mekanisme perlindungan yang dapat mencegah atau mengurangi ancaman mereka berpose untuk komputer klien.

Keamanan Komunikasi Chanel

Internet berfungsi sebagai koneksi elektronik antara pembeli (dalam banyak kasus, klien) dan penjual (dalam banyak kasus, server). Yang paling penting untuk diingat saat Anda belajar tentang saluran komunikasi keamanan adalah bahwa Internet tidak dirancang untuk menjadi aman. 

Meskipun internet berakar dalam jaringan militer, jaringan yang tidak dirancang untuk meliputi fitur-fitur keamanan yang signifikan. Ia dirancang untuk memberikan redundansi dalam satu kasus atau lebih saluran komunikasi yang dipotong. Dengan kata lain, tujuan packet-switching desain Internet adalah untuk menyediakan beberapa jalur alternatif di mana informasi militer penting bisa bepergian.

Militer selalu mengirimkan informasi sensitif dalam bentuk terenkripsi sehingga isi pesan yang bepergian melalui jaringan-bahkan jika dicegat-tetap rahasia. Keamanan pesan melintasi pendahulu militer ke Internet adalah disediakan oleh perangkat lunak yang beroperasi secara independen dari jaringan untuk mengenkripsi pesan. Sebagai Internet dikembangkan, melakukannya tanpa fitur keamanan yang signifikan yang menjadi bagian dari jaringan itu sendiri.

Keamanan Untuk Komputer Server

Server adalah link ketiga dalam client-server Internet jalur perdagangan elektronik antara pengguna dan server Web. Server memiliki kerentanan yang dapat dimanfaatkan oleh siapa saja bertekad untuk menyebabkan kerusakan atau memperoleh informasi secara ilegal. Salah satu entry point adalah server Web dan perangkat lunaknya.

Entry point lainnya adalah program back-end yang berisi data, seperti database dan server yang berjalan. Meskipun tidak ada sistem yang benar-benar aman pekerjaan administrator server Web adalah untuk memastikan bahwa kebijakan keamanan didokumentasikan dan dipertimbangkan dalam setiap bagian dari operasi perdagangan elektronik.

Be social share!

3 thoughts on “Ringkasan Materi Chapter 10 : Electronic Commerce Security e-Commerce

  1. Aku gagal om tulungin dong kasih panuadnnya, aku khan newbie tambah gaptek lagi jadi yaah lemot dah Thank berat om atas semua infonya moga selalu mendapat berkah amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *