Cara Menyembunyikan File Rahasia ke Dalam Gambar

Apakah anda punya file rahasia? dan file tersebut tidak ingin dibuka orang lain? sebenarnya banyak cara yang dapat digunakan untuk menyembunyikan file rahasia kita misalnya seperti melakukan hidden pada folder, memberikan password, atau memasukkan folder ke dalam folder kemudian foldernya dimasukkin ke dalam folder lagi. Ah itu sih sudah biasa.

Nah, kali ini ada cara yang beda dari beberapa cara menyembunyikan file rahasia seperti di atas, yakni menyembunyikan file Rahasia kita ke dalam sebuah Gambar. Loh, kok bisa? mau tahu caranya? Berikut cara menyembunyikan File Rahasia ke Dalam Gambar.

1. Menyiapkan file Gambar dan file Rahasianya

01. Meyiapkan File file gambar dan file rahasianya

Yang perlu anda siapkan untuk melakukan penyembunyian file Rahasia ke dalam Gambar adalah pertama File Gambar misalkan foto.jpg, kemudian file Rahasianya disini saya menggunakan file Video .mp4 (untuk file rahasianya bebas, boleh apa saja).

Pastika file yang ingin disembunyikan disimpan pada folder yang sama.

2. Membuat file RAR

02. Membuat File RAR

Kemudian file yang ingin disembuyikan tersebut dicompress, dengan cara klik file yang ingin disembunyikan beserta file gambar sebagai tempat persembuyian, klik kanan pilih Add to archive atau Add to RAR atau ZIP. Kemudian buatlah nama baru untuk file yang dicompress.

3. Buka Command Prompt

Langkah selanjutnya adalah membuka Aplikasi Command Prompt, kemudian masuk ke dalam partisi tempat file Rahasia dan gambar yang anda simpan sebelumnya.

03. Command Prompt

Jika mungkin anda lupa, ketikkan partisinya. Misal file yang akan saya sembunyikan saya letakkan di Partisi D dan folder Test, maka ketiklah D: kemudian cd test maka akan muncul D:\Test>

4. Perintah Copy File Rahasia ke dalam Gambar

04. cara copy file rahasia ke dalam gambar

Langkah selanjutnya adalah ketikkan copy /b [nama file ZIP atau RAR]+foto.jpg [nama file baru].jpg

Sebagai contoh copy /b rahasia.zip+foto.jpg bla.jpg kemudian tekan enter. Selanjutnya akan muncul “rahasia.zip” dan “foto.jpg” serta “1 file<s> copied” dan muncul file baru dengan nama “bla.jpg”. Nah kurang dari satu detik proses telah selesai.

5. File baru berupa Gambar dibuka biasa

05. File baru yang dibuka

Jika telah selesai, file baru yang muncul dengan nama yang baru berformat jpg jika kita double klik file tersebut akan membaca jika file tersebut adalah file Gambar.

6. Membuka File dengan WinRAR

06. Membuka file gambar dengan WinRAR

Akan tetapi, jika file tersebut diklik kanan kemudian pilih Open With dan pilih lagi aplikasi WinRAR archiver maka program akan membuka file dengan bentuk Zip atau Rar. 

07. Gambar yang dibuka dengan RAR

Nah, file anda telah berhasil disembunyikan. Ilmu ini saya dapatkan ketika saya mengikuti mata kuliah Keamanan Komputer di kampus dan saaya rasa bermanfaat maka saya posting disini. Terimakasih telah membaca, selamat Mencoba semoga berhasil.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *