Calon Ilmuan Muda Indonesia, Science Fair 2015 Sekolah Tunas Bangsa

Baru ini di sekolah kami mengadakan kegiatan Science Fair, apa itu Science Fair? Science Fair adalah kegiatan yang menampilkan segala project science  berkompetisi mengenai hal-hal berbau sains dan penelitian ilmiah! dalam satu tim terdiri dari 3 sampai dengan 5 orang. Mereka yang mengikuti Science Fair ini menurut saya merupakan calon ilmuan Indonesia dimasa mendatang.

Apa yang dikompetisikan?

Pasti bertanya-tanya apa yang dikompetisikan, kan? Peserta diharuskan membuat proyek ilmiah! Mungkin terlalu berat kalo dibilang proyek ilmiah. Cara berpikir yang mudah diterima adalah, pertanyaan aneh apa saja sih yang muncul di benak kita? Misalnya, Why do cats purr? (mengapa kucing selalu mendengkur?). Dari pertanyaan ini, dapat dikembangkan ke pencarian sebuah jawaban, melalui penelitian kecil-kecilan.

Science Fair

Lebih lengkapnya (yang saya kutip di halaman Science Fair), adalah sebagai berikut:

  1. Registrasi ke Sekolah Tunas Bangsa, registrasi teman satu tim (tentunya juga harus 13 s/d 18 tahun), registrasi email orang tua juga.
  2. Isi halaman Formulir yang mendeskripsikan tentang tim ini, apa saja passionnya, dan memperkenalkan background tim dan lain-lainnya.
  3. Cari pertanyaan, seperti yang saya utarakan diatas, tentang apa yang sudah diteliti, atau tentang apa yang ingin diteliti, dicari tahu, atau dibayangkan. Pertanyaan tidak harus hebat (misalnya: Who can go to the Pluto?, krn nggak rasional), tetapi cukup menarik untuk diteliti.
  4. Apa hipotesa dari pertanyaan yang muncul tadi, apa yang mungkin menjadi jawabannya.
  5. Riset / Penelitian. Deskripsikan bagian penelitian dan semua detail tentang risetnya. Juri hanya akan membaca deskripsinya saja, tetapi memang diperbolehkan menambahkan gambar, video, atau dokumen.
  6. Eksperimen. Lakukan eksperimen, dan jelaskan apa saja eksperimen yang sudah dilakukan untuk mencari jawabannya.
  7. Data. Laporkan semua data-data yang mendukung mengenai hasil eksperimen.
    Observasi. Laporkan pemahaman tim mengenai apa yang dilakukan saat eksperimen.
  8. Kesimpulan. Tuliskan apa kesimpulan mengenai hasil penelitian (ini yang akan menjadi jawaban dari pertanyaan di atas).
  9. Referensi. Tuliskan bahan-bahan referensi yang digunakan dalam penelitian tim.
  10. Acknowledge (maaf, belum temukan padanan kata tepat utk ini), dimana tim diminta menjelaskan, bahan apa saja yang dipakai, alat atau tools yang digunakan.

Pemenangnya dapat hadiah apa ya?

Hadiah utama? tentu saja ada, untuk para pemenang dalam kompetisi Science Fair ini mendapatkan uang tunai dengan total hadiah 10juta. Selain itu kegiatan ini juga menarik para pengunjung untuk datang dan melihat-lihat karya ilmiah oleh para peserta.

Science Fair Project
TUNAS BANGSA (11)
Be social share!

3 thoughts on “Calon Ilmuan Muda Indonesia, Science Fair 2015 Sekolah Tunas Bangsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *