Tips Menghadiri Seminar Sidang Outline atau Skripsi untuk Mahasiswa Semester Akhir

Assalamualaikum, selamat pagi teman-teman seperjuangan yang menempuh masa kuliah dan sebentar lagi menjadi mahasiswa semester akhir semoga kita dapat menyelesaikan masa studi tepat waktu. Ngomong-ngomong tentang mahasiswa semester akhir nih kurang greget rasanya kalo mahasiswa semester akhir gak ngomongin yang namanya SKRIPSI.

Apa itu SKRIPSI?? yang disebelah kiri ada yang tahu, “skripsi itu berasal dari dua kata yaitu script atau kode dan si menunjukkan kata sebutan jadi kalau digabung artinya ya si kode”. Oh gitu, kalau yang disebelah kanan ada yang tahu apa itu skripsi, “ehm anu pak, tugas akhir yang membuat orang susah tidur dan mimpi buruk”, hahahahha itu sedikit benar tapi masih kurang tepat. Menurut Wikipedia

Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku – Wikipedia Indonesia.

Biasanya mahasiswa semester akhir selalu dihantui dengan yang namanya skripsi, gak tau kenapa kalau udah dengar yang namanya skripsi itu identik dengan gambaran menyeramkan, menakutkan bahkan seakan-akan bertemu dengan malaikat pencabut nyawa. Haahaha, lebay banget… gak gitu lah santai sajaaa (padahal belum pernah skripsi).

Salah satu syarat skrpsi yang sebenarnya saya baru tahu juga, yaitu adalah mengikuti/menyaksikan/menonton sidang outline atau skripsi dari senior yang melakukan sidang skripsi beneran. Karena saya belum pernah skripsi tapi sudah pernah menyaksikan sidang outline saya akan berbagi Tips untuk nonton sidang outline. Kemarin saya mengikuti kegiatannya hari Sabtu 11 April 2015 di Gedung Kampus STMIK Pontianak dan yang sedang Outline adalah kak Nining Setia Ningsih jurusan Sistem Informasi dengan Judul (Teeeetttt….. tidak boleh disebutkan).

Tips Menonton Seminar Outline atau Skripsi STMIK PontianakSuasana Seminar Sidang Outline Taken By : Siti Mustiani 11 April 2015

Berikut Tips Menonton Seminar Sidang Outline atau Skripsi untuk Mahasiswa Semeter Akhir

Tipsnya gak ribet-ribet kok, gak pake mahal dan gak pake sambel. Lets Reading :

  1. Datang Tepat Waktu 

    Datang ke kegiatan Seminar Outline gak boleh terlambat, kalau terlambat bakalan mengganggu acara seminar dan kamu gak bakalan boleh masuk kedalam ruang sidang. Jadi kalau mau buat rencana untuk menonton sidang outline ini pastikan anda untuk bangun pagi dan pasang alaram sebelum anda tidur.

  2. Sarapan sebelum mengikuti Seminar Outline / Skripsi 

    Kegiatan seminar ini sebenarnya hanya satu jam, tapi kenyataannya bisa sampai dua jam atau lebih tergantung dosen pengujinya membahas proposal atau skripsinya. Karena sebagai penonton hanya mendengarkan doang terdapat kemungkinan frekuensi perut lapar akan semakin cepat apalagi yang belum sarapan pagi di rumah, mungkin terbawa suasana tegang kali ya dari yang sedang sidang dan dosen pengujinya. Jadi, pastikan anda sarapan sebelum mengikuti kegiatan seminar ini karena kalian gak balakan dikasi makan di ruang sidang.

  3. Bawa Kartu “Bukti Hadir Seminar Outline / Skripsi” 

    Ini merupakan hal yang paling penting sebagai tanda bukti bahwa kita mengikuti kegiatan seminar sidang outline atau skripsi, perlu diketahui kalau kartu bukti hadir seminar ini harus disimpan baik-baik jangan sampai hilang, kan gak mau udah bela belain untuk datang di seminar harus ikut lagi. Kartu hadir ini bisa didapatkan di Halaman Website Kampus, download dan print sendiri.

  4. Izin dulu sama dosen pengujinya 

    Sebagai warga negara Indonesia yang sopan santun ini perlu, karena kalo gak izin dulu dan selonongan masuk itu gak bagus, ini juga sebagai penentu untuk udah berapa orang yang sudah menjadi penonton karena untuk menonton sidang ouline ini dibatasi minimal 4 orang dan maksimal 10 orang saja. Kalau keramaian gerah men, ruangannya sempit.

  5. Bawa Alat tulis (Buku, Pulpen, Penggaris, Tipe eX, dll) 

    Bawa kartu tapi gak bawa pulpen percuma juga dong mau nulis pake apa coba? masa iya pake inget doang, itupun kalo inget. Nah, untuk mengatasinya gampang banget… ya bawa aja pulpen. Bawalah pulpen dan kertas seperlunya untuk mencatat hal-hal penting di kegiatan seminar ini jadi, sebelum menghadapi sidang kita pribadi yang sebenarnya kita punya persiapan yang matang. Kalo pernggaris gak perlu lah tapi kalau mau silahkan, kan gak ada yang ngelarang.

  6. Gak boleh Selfie-selfiean 

    Walau kita tahu kita hidup di jaman selfie-selfiean, jika di ruang sidang kamu gak perlu selfie-selfiean karena akan mengganggu konsentrasi dosen penguji dan yang sedang seminar, malu-maluin aja. Boleh selfie kalo acara sudah selesai, atau fokus ajalah sama sidang skripsi kamu nanti kurangi konsumsi selfie-selfiannya. Hahaha 😀

Nah, begitulah beberapa tips dari saya untu mahasiswa yang mau menyaksikan seminar outline atau skripsi. Cukup sekian dan termikasih, Wassalamualaikum.

 

Be social share!

2 thoughts on “Tips Menghadiri Seminar Sidang Outline atau Skripsi untuk Mahasiswa Semester Akhir

  1. Mungkin lebih tepatnya, menghadiri, bukan menonton ya Kak… Tips yang bagus. Beda tempat beda kebijakan ya. Kalau di kampus saya minimalnya malah 10. Kalau kurang, bisa batal :’

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *