Stop Motion Bikin Karya Video Digital Kamu Lebih Kreatif

Stop motion video adalah sebuah seni membuat Motion Video dengan cara mengcapture objek tersebut dengan sebuah kamera dan dijalankan dengan cara digabungkan sehingga menjadi sebuah frame yang akan memutar menjadi sebuah bentuk objek video. Setiap pergerakan dari objek tersebut difoto (frame individual), sehingga menciptakan ilusi gerakan ketika serangkaian frame dimainkan berurutan secara berkesinambungan.

Stop motion ini kini mulai menjadi trend masyarakat pecinta video. Selain pembuatannya mudah, pembuatan video stop motion ini hanya menghabiskan sedikit biaya saja, sehingga jauh lebih murah dibandingkan dengan pembuatan film biasa pada umumnya. Pembuatan Video Stop Motion ini kamu hanya memerlukan kamera, figure dan komputer/laptop.

Kita bisa menggunakan kamera sederhana, namun apabila kita mempunyai kamera DSLR malah lebih bagus. Kalau tripod fungsinya hanya untuk menyangga kamera aja agar bisa tetap fokus, jadi framenya tidak goyang atau berubah-ubah. Tanpa tripod juga nggak jadi masalah sih, cuma hasilnya nanti agak goyang, yah nggak sebagus tripod tapi lumayan.

Sedangkan komputer atau laptop pasti udah tau sendiri kan fungsinya buat apa. Jadi dari gambar yang kita ambil dari kamera, nanti dieditsendiri deh di komputer kita. Software buat edit gambar jadi film ada banyak,di Windows sendiri juga udah langsung nyediain, kita bisa langsung menggunakan aplikasi Windows Movie Maker.

Terus gimana cara buat Stop Motion Video nya?

1. Pastikan kamu memiliki camera foto (digital pocket camera atau DSLR camera), DSLR camera mungkin akan lebih baik karna kita akan bisa mengatur depth of fill. Tapi dengan pocket kamera juga sebenarnya sudah cukup baik kok dan sebuah komputer tentunya, kamu bisa mengunakan sofware sederhana sepeprti iMovie pada Mac atau Windows Movie Maker pada PC dengan sistem operasi Windows. Jika kamu yang bisa menggunakan after effect mungkin akan lebih baik menggunakan AE.

2. Siapkan objek yang akan kamu gunakan sebagai aktor/ aktris dalam stop motion ini. Kamu bisa menggunakan clay atau tanah liat, action figure, lego, origami, manusia atau apapun itu sesuai kreasi kamu. Mungkin akan lebih baik jika objek yang digunakan bersifat fleksibel atau elastis sehingga mudah untuk membuat suatu pergerakan.

3. Buatlah cerita yang menarik untuk karya stop motion kamu, story line, dan yang terpenting story board dengan detail penjelasan scene direction dan shootnya. Sehingga pada saat produksi kita punya acuan dan mudah dalam eksekusi.

4. Siapkan kamera kamu di posisi yang sudah kamu tentukan. Gunakanlah tripod atau monopod, ini penting sehingga gambar kamu nanti tidak goyang dan tidak terlalu patah-patah. Jika kamu tidak memiliki tripod kamu bisa mengakalinya dengan tumpukan buku mungkin, sandarkan di tembok atau diatas meja yang penting kamera kamu tidak goyang dan pindah tempat saat capture gambar.

5. Mengatur pencahayaan, kamu bisa gunakan lampu kamar sebagai sumber cahaya utama dan senter sebagai cahaya tambahan. Perhatikan tidak ada sumber cahaya yang berkedip dan menggangu seperti cahaya di pintu, jendela atau tirai rumah.

6. Gabungkan Foto dengan Software, kamu bisa gunakan software yang sederhana untuk menggabungkan gambar yang sudah dicapture tadi. Atur waktu atau durasi gambar di video tersebut dan kamu juga bisa tambahkan musik atau efek agar lebih menarik.

7. Publish, setelah semua sudah selesai jangan lupa dipublish ya?

Berikut satu diantara koleksi video stop motion yang ada ada di channel saya :

Gimana kreatif bukan? buat video seperti ini siapapun dapat membuatnya, tidak diperlukan peralatan yang ‘wah’, biasanya menggunakan malam / papercraft / clay, kamera dan tripot saja. Yuk bikin video stop motion kamu, terus supaya video kamu gak cuma di tonton sendiri, kamu bisa upload video kreatif kamu di channel.loop.co.id. LOOP channel merupakan portal tempat anak-anak kreatif mencurahkan karyanya yang bisa banyak menginspirasi banyak orang dalam bentuk video.

Disini kamu bakal nemuin banyak video stop motion yang keren-keren dengan topik yang kita banget. Selain itu di LOOP channel kamu juga bakal nemuin video-video dari event yang pernah diadakan oleh LOOP. Di web ini juga kamu bisa nemuin video kreatif lainnya. Jadi kalau kamu pengen nonton video-video keren karya anak-anak muda kreatif, pantengin aja channel LOOP.

Demikianlah yang bisa kita bagikan ke teman-teman tentang Stop Motion yang kreatif dan gimana cara buatnya. Mari berkarya sekreatif mungkin dan ditunggu video-video keren kamu di LOOP Channel ya!

Be social share!

4 thoughts on “Stop Motion Bikin Karya Video Digital Kamu Lebih Kreatif

  1. terima kasih telah berbagi informasi Pak, betah sekali membaca tulisan-tulisan disini, saya merasa bertambah wawasan semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

  2. terima kasih telah berbagi informasi Pak, senang sekali rasanya membaca tulisan2 di blog ini, jadi tambah wawasan.. semoga yang mengeleloa blog ini selalu di berikan kesehatan..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *