Tim Safety Riding Astra Motor Tanamkan Pengetahun Rambu Lalu Lintas Sejak Dini

Ingat sekali waktu pertama kali membuat SIM (Surat Izin Mengemudi) beberapa tahun yang lalu. Dimana pengetahuan kita akan rambu-rambu lalu lintas benar-benar diuji, sebagai syarat lulus dan mendapatkan SIM.

Kemudian, aku juga teringat ketika melakukan perlajalanan ke luar kota. Disetiap daerah terkadang aku menemukan rambu-rambu yang berbeda misalnya saat menyusuri daerah pegunungan atau tempat-tempat yang konstur alamnya berbeda dengan tempat tinggal kita sendiri.

Mengetahui berbagai macam rambu lalu lintas bukanlah hal yang sepele, mengingat banyak berita yang menyapaikan kecelakaan dalam perjalanan adalah tidak tertibnya pengendara dalam mengetahui rambu lalu lintas. Wajar saja, kadang mereka tidak tau maksud dan artinya apa.

Dalam hal ini, manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas. Peningkatan kemampuan dan kesadaran dalam menghindari potensi kecelakaan merupakan upaya strategis yang dapat ditempuh untuk mencapai tingkat keselamatan yang lebih tinggi. Fokus terhadap kemampuan dan kesadaran manusia tentu saja bukan hal yang sederhana sebab rentang upaya untuk mencapai hal tersebutu sangat luas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendidikan sejak dini mengenai pentingnya keselamatan di jalan, yang merupakan cara untuk membentuk pola pikir dan karakter pada anak-anak dalam rangka membentuk persepsi dan paradigma masyarakat tentang keselamatan jalan.

Penanaman kesadaran safety riding sejak usia dini atau anak-anak diyakini menjadi gerbang lahirnya situasi jalan raya yang aman. Pada Selasa tepatnya tanggal 02 April 2019, Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak Kota menggelar edukasi safety riding usia dini melalui pengenalan rambu lalu lintas usia dini yang berlokasi TK Idhata Pontianak yang diikuti sebanyak puluhan siswa/i dengan materi pengenalan rambu-rambu lalulintas dan jalur selamat sekolah.

TK Idhata Pontianak

Dalam edukasi tersebut, Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak menanamkan pengetahuan tentang cara aman berkendara dan tertib di jalan raya melalui pengenalan rambu-rambu lalulintas.

Edukasi yang dilakukan bagi anak-anak usia dini lebih banyak kepada pengenalan aturan-aturan di jalan raya serta yang tidak kalah pentingnya adalah etika-etika tidak tertulis saat berkendara di jalan raya.

Memperkenalkan Ramu Lalu Lintas Kepada Anak

Anak-anak mulai kecil sudah menjadi bagian dari pengguna jalan apakah dibonceng orang tuanya, bersepeda berangkat sekolah atau bahkan saat berjalan kaki dari rumah ke sekolah. Sebagai pengguna jalan anak-anak harus mengerti aturan-aturan di jalan raya, serta bahayanya bila aturan ini tidak ditaati.

Menurut Pak Dony Adrian selaku Instruktur Safety Riding kali ini, mengenalkan safety riding sejak dini pada anak usia sekolah lebih tepat sasaran. Pasalnya, melalui penanaman kesadaran sejak dini inilah akan lahir bibit yang dapat menciptakan kondisi jalan raya yang lebih aman bagi semua, karena anak-anak kita ini yang menjadi duta-duta safety riding yang dimulai dari keluarganya.

Memperkenalkan macam-macam rambu

Selain edukasi keselamatan berlalu lintas yang disampaikan, Honda memberikan paket Service Motor Gratis kepada Guru dan Orang Tua siswa yang menggunakan sepeda motor Honda dan yang hadir guna memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen setia Honda Ujar Dony.

Hanya sikap peduli dan tindakan nyata safety riding atau taat pada peraturan lalu lintas maka dapat menciptakan kondisi jalan raya yang aman sekaligus tertib juga dapat terwujud

Anak TK aja tau fungsi dari rambu-rambu ini, masa kamu nggak?

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Jadilah pelopor keselamatan berlalulintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Kira-kira Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak bakalan datang kemana lagi ya? untuk mengkapanyekan keselamatan rambu lalu lintas seperti ini. Hehehe, jangan-jangan nanti ke sekolah kamu. Kita tunggu saja.

Salam Satu Hati, taati rambu lalu lintas ya gengs ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *