Tips Mencegah Ablasio Retina Pada Wanita

Sekali-kali kita ngomongin soal kesehatan yuk, apalagi kita sebagai wanita ada kalanya merencanakan pernikahan lalu kehamilan. Ada hal penting menurut saya yang perlu dibahas baik untuk yang sudah menikah maupun yang belum sepertiku.

Ibarat sebuah rejeki, kita tidak tahu kapan akan menikah kemudian dikaruniai seorang anak. Sebagai calon ibu, perlu rasanya tahu tentang Ablasio Retina atau robeknya retina mata bisa terjadi pada wanita hamil saat dalam persalinan. Beberapa teman-temanku yang sudah menikah bahkan pernah mengalaminya. Nah, bagaimana untuk mencegahnya? yuk simak simak tips-tips berikut ini.

Salah satu momen yang paling ditunggu saat wanita hamil adalah melahirkan. Tentu dong siapa yang tidak senang saat menanti si buah hati lahir ke dunia. Momen inilah yang bikin senang sekaligus cukup mendebarkan. Bagaimana tidak, selama sembilan bulan dalam kandungan pastilah tidak sabar menanti si buah hati lahir ke dunia.

Namun, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan para wanita hamil saat mau melahirkan, yakni harus menyiapkan diri sekaligus mencegah dari berbagai hal buruk saat persalinan. Salah satu hal yang harus dihindari adalah retina mata robek atau ablasio retina saat persalinan.

Para ahli telah sepakat bahwa robeknya retina mata atau ablasio retina saat persalinan bisa terjadi pada siapa saja. Ini akan berdampak pada gangguan penglihatan seperti rabun jauh mulai dari minus empat hingga tujuh. Yang cukup mengkhawatirkan lagi adalah jika wanita yang punya riwayat ablasio retina pada persalinan sebelumnya, maka berpotensi terjadi kembali pada persalinan berikutnya.

Memang kenapa sih retina mata bisa robek saat wanita bersalin? Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab wanita melahirkan terkena ablasio retina. Misalnya karena saat persalinan wanita terlalu sering mengejan sehingga menimbulkan tekanan terhadap mata.

Dalam banyak kasus, terjadinya ablasio retina pada wanita saat bersalin memang tidak disadari. Para wanita merasa tak terjadi kondisi ablasio retina dan justru merasa baik-baik saja. Mereka baru sadar beberapa saat setelahnya. Oleh karena itu bagi para wanita dalam persalinan harus mengetahui gejala awal pada ablasio retina ini.

Beberapa gejala awal retina robek saat persalinan misalnya seketika penglihatan terganggu dengan adanya sekilas cahaya dalam ruangan sehingga menyebabkan penglihatan kabur. Gejala awal ablasio retina ini biasanya terjadi sebelum atau saat masa kehamilan. Untuk mencegah ablasio retina saat wanita hamil bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini.

Pertimbangkan Operasi Caesar

Sebagian para wanita hamil pasti ingin melahirkan dengan normal. Tapi sebagian lain memutuskan untuk operasi caesar dengan alasan tersendiri. Salah satunya adalah untuk mencegah terjadinya ablasio retina pada wanita bersalin. Namun, keputusan untuk operasi caesar memang harus benar-benar dibicarakan dengan pihak dokter.

Bantuan Vakum

Untuk menghindari aktivitas mengejan saat bersalin yang bisa menyebabkan ablasio retina, wanita melahirkan bisa menggunakan bantuan vakum. Ini bisa menekan proses mengejan lebih kecil. Namun tentu harus lebih banyak konsultasi apakah bantuan vakum saat bersalin benar-benar langkah yang lebih baik untuk menghindari ablasio retina.

Hindari Angkat Barang Berat

Sangat tidak dianjurkan bagi para wanita hamil mengangkat beban berat. Hal ini untuk menghindari berbagai risiko yang berdampak pada bayi dalam kandungan dan juga proses mengejan yang berpotensi ablasio retina.

Kurangi Mengejan Saat BAB

Ketika buang air besar (BAB) lazimnya memang setiap orang pasti mengejan. Tapi untuk mencegah aktivitas mengejan terlalu tinggi saat wanita hamil sekaligus menghindari ablasio retina, maka dianjurkan para wanita hamil mengkonsumsi banyak serat agar ketika BAB lancar tanpa harus mengejan.

Rutin Periksa ke Dokter

Wanita hamil dianjurkan untuk memeriksa secara rutin ke dokter kandungan terkait cara persalinan yang aman dari gangguan mata. Mintalah secara detail dan lengkap apa yang harus dilakukan wanita hamil agar terhindar dari risiko ablasio retina ketika persalinan nanti.

Konsultasi dengan Dokter Khusus Mata

Saat wanita hamil mengalami penipisan pada mata, alangkah baiknya dilakukan perlekatan kembali sebelum persalinan menggunakan laser jauh-jauh hari sebelum persalinan. Namun, jika memang terjadi ablasio retina pada saat persalinan maka harus dilekatkan kembali.

Para wanita hamil bisa konsultasi ke dokter khusus mata yang benar-benar profesional. Misalnya bisa datang ke KMN EyeCare yang sudah memiliki reputasi baik tentang pelayanan kesehatan mata termasuk penyakit pada retina.

Di KMN EyeCare para dokternya dikenal profesional dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang memuaskan pasien tentu dengan kerja dan etika yang tinggi saat bertugas. Dan yang tak kalah penting, KMN EyeCare memiliki fasilitas bintang lima dan juga berteknologi terkini dengan layanan terpadu meliputi optik, laboratorium, dan farmasi.

Tapi jangan khawatir soal biaya pelayanan kesehatan dan operasi retina mata. KMN EyeCare memiliki tekad dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pasien tanpa harus pusing-pusing urusan biaya.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *