Cara Seru Honda Kampanye #Cari_aman di Sekolah Kejuruan

Apakah ini sekolah kamu? yap kali ini tim Honda Kalbar hadir di SMK Negeri 1 Rasau Jaya yang terletak di Kabupaten Kubu Raya. Sebagai alumni yang dulunya juga bersekolah di SMK, pendapatku tenjang jumlah pengendara motor bagi kalangan siswa bisa dibilang hampir semua siswa SMK memiliki kendaraan pribadi seperti motor untuk pergi ke sekolah. Beberapa diataranya selama tiga tahun setiap tahunnya pasti ada saja siswa yang mengalami kecelakaan. Itu sebabnya, saat ini jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya dominannya adalah siswa yang masih sekolah.

Pada hari Rabu, 29 Janurari 2020 tim Safety Riding dari Honda Kalbar memberikan edukasi keselamatan di SMK Negeri 1 Rasau Jaya guna menekan tinggi nya tingkat kecelakaan yang menimpa kalangan pelajar baik sebagai pelaku maupun korban yang pastinya dengan cara yang menyenangkan. Serunya lagi, kegiatan ini diikuti oleh 70 lebih pelajar yang mewakili beberapa kelas.

“Safe Ride Saves Hope” One Safety Riding Can Save Million Hope

Agar lebih mantap, di dalam kegiatan ini para siswa siswi sekolah dibekali ilmu tentang keselamatan berkendara serta pengetahuan berkenaan kemampuan atau skill berkendara dimana wajib menggunakan perlengkapan berkendara, seperti:

  • Helm, berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang sangat vital yaitu kepala. Pilihlah helm yang berwarna terang, sesuai dengan ukuran kepala dan sudah standar SNI (Standar Nasional Indonesia).
    Ketika mengunakan helm, pastikan tali pengikat dagu sudah terpasang dengan benar.
  • Jaket, sangat dianjurkan untuk selalu menggunakan pakaian atau jaket lengan panjang, serta celana yang menutupi seluruh bagian kaki. Pakaian tersebut dapat mengurangi efek tergores dan benturan ketika terjatuh.
    Pilihlah pakaian yang sesuai ukuran badan, sehingga tubuh bisa bebas melakukan gerakan. Disarankan pula untuk memakai jaket dengan warna yang terang dan mudah dilihat ketika mengendarai sepeda motor di jalan, pada siang maupun malam hari.
  • Sarung tangan, perlengkapan ini juga wajib digunakan, fungsinya untuk melindungi tangan dari luka gores, ketika terjatuh. Selain itu juga memberikan kenyamanan dalam menggenggam kemudi, dan melindungi dari udara dingin. Untuk perlindungan yang lebih baik, pergunakan sarung tangan dengan bahan kulit.
  • Sepatu, berkendara sepeda motor adalah kegiatan serius, jadi harus benar-benar dipersiapkan dengan penuh keseriusan pula. Salah satunya adalah melengkapi diri dengan selalu menggunakan sepatu saat bekerkendara.
    Fungsi perlengkapan ini tentunya untuk melindungi kaki dari cedera, ketika motor terjatuh. Pilihlah sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki, kemudian memiliki kelengkapan tumit dan punya tapak yang tidak licin.

Tidak sampai disitu saja, pada kegiatan ini Tim Honda Kalbar juga mensosialisaikan Aplikasi MotorKu X yang merupakan aplikasi booking Service Online yang pastinya tidak pake ribet untuk pengendara yang motor Honda, kemudian yang lebih menyenangkan lagi dikehadiran Honda Safety Riding kali ini adalah Honda memberikan layanan paket Service Gratis kepada guru-guru yang menggunakan motor Honda di SMK Negeri 1 Rasau Jaya.

Games-games menarik pun hadir memeriahkan Kampanye #Cari_aman dari Honda di Sekolah Kejuruan satu ini. Antusias siswa juga menjadikan mereka paham akan keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

O iya, bukan hanya mereka saja yang harus mengutamakan Safety Riding ya, kita sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ seperti tagline NKRI yang juga harga mati! untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Yuk, jadi pelopor keselamatan berlalulintas dan terus budayakan keselamatan sebagian dari kebutuhan.

Kira-kira Tim Safety Riding Astra Motor bersama Satlantas Pontianak bakalan datang kemana lagi ya? untuk mengkapanyekan keselamatan rambu lalu lintas seperti ini. Hehehe, jangan-jangan nanti ke sekolah kamu. Kita tunggu saja.

Salam Satu Hati, taati rambu lalu lintas ya ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *