Yuk Mengenal Lebih Jauh Produk Pinjaman Tanpa Riba

Berbicara pinjaman tanpa riba, pasti yang dimaksud adalah pinjaman syariah. Pinjaman yang tidak membebankan biaya administrasi dan bunga sebagai pengembalian pinjaman yang diterima. Menerapkan prinsip-prinsip syariah yang tujuannya adalah untuk kemaslahatan bersama dan mencari keberkahan. Pinjaman yang diberikan oleh pihak penyedia jasa keuangan bersifat membantu, bukan untuk tujuan komersial.

Alasan masyarakat memilih pinjaman ini karena lebih meringankan. Dengan tenor sama dengan pinjaman konvensional didapatkan jumlah angsuran lebih kecil. Semakin meningkatnya kesadaran masyarakat terhadap hukum riba, mendorong kehati-hatian dalam memilih produk pinjaman. Menurut duwitmu.com, dibalik keringanan yang ditawarkan tentu ada beberapa hal yang patut menjadi perhatian.

Pertimbangan Sebelum Memilih Pinjaman Tanpa Riba

Tentukan nominal. Kemudahan memperoleh pinjaman apalagi dengan nominal angsuran yang rendah umumnya memberikan kelonggaran kepada orang untuk berperilaku konsumtif. Ajukan pinjaman sesuai nominal yang dibutuhkan saja, tujuannya adalah sebagai bantuan keuangan bukan untuk kebutuhan diluar itu. Supaya terhindar dari jerat hutang yang akan merugikan.

Mengetahui persyaratan untuk mengajukan pinjaman. Setiap produk pinjaman pasti memiliki persyaratan masing-masing. Pastikan bahwa produk yang kita memenuhi persyaratan untuk mengajukan pinjaman pada produk yang diinginkan. Memaksakan pengajuan pada produk yang tidak sesuai dengan syarat yang kita miliki hanya akan menghasilkan  penolakan.

Kenali konsekuensi dari pinjaman tersebut. Terlebih untuk pinjaman dengan jaminan atau agunan seperti surat berharga, BPKB, sertifikat tanah dan sebagainya. Konsekuensi keterlambatan pembayaran hingga penunggakan akan berakibat disitanya asset yang dijaminkan. Dengan mengetahui konsekuensi, maka akan sangat diantisipasi keterlambatan pembayaran.

Pilih produk pinjaman yang sesuai. Ada banyak produk yang ditawarkan sebagai opsi agar nasabah mudah menentukan kemampuannya. Pihak bank atau penyedia pinjaman akan memberikan rekomendasi produk terbaik sesuai versi mereka. Tetapi sebagai nasabah diberikan keleluasaan dalam memilih produk yang diinginkan dengan pertimbangannya sendiri.

Produk Pinjaman Tanpa Riba

KTA syariah (Kredit tanpa agunan). Pinjaman ini tidak menggunakan agunan atau jaminan sebagai persyaratan. Beberapa lembaga keuangan menggunakan referensi kartu kredit yang dimiliki sebagai acuan pemberian pinjaman. Tenor pinjaman berkisar antara 1-4 tahun. Dengan plafon pinjaman mencapai 200 juta rupiah. Sangat menguntungkan bagi nasabah yang butuh dana dalam nominal besar.

Pegadaian syariah. Merupakan produk baru untuk memfasilitasi nasabah yang ingin mendapatkan pinjaman tunai dengan sistem gadai namun tidak mau ada unsur riba. Pegadaian sendiri sudah dipercaya sebagai lembaga keuangan yang memberikan kemudahan pinjaman. jangka waktu pinjamannya maksimal 4 bulan, bisa diperpanjang. Nominal pinjaman sesuai nilai barang yang digadaikan.

Pinjaman online syariah. Semakin berkembangnya kemajuan bidang teknologi informasi didukung meningkatnya kebutuhan finansial masyarakat. Pinjaman online semakin berkembang menyesuaikan minat nasabah. Pinjaman online dikenal memiliki bunga tinggi. Produk syariah ini menjadi alternatif bagi yang ingin mengajukan pinjaman secara online tetapi tidak mau terjerat riba.

Kartu kredit syariah. Layanan ini hanya dikeluarkan oleh Bank syariah. Tujuannya untuk mempermudah transaksi nasabahnya. Bunga yang dibebankan pemegang kartu kredit syariah tentu berbeda dengan kartu kredit biasa. Kartu kredit bisa menjadi sumber dana ketika ada kebutuhan mendadak. Bayarlah sebelum jatuh tempo untuk menghindari bunga.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan bisa menjadi pertimbangan positif dalam mengajukan pinjaman. Yang paling utama adalah meminjam untuk kebutuhan produktif bukan kebutuhan konsumtif semata. Agar pinjaman dapat memberi keuntungan dan ketenangan.Dari sekian produk pinjaman tanpa riba, pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *