Aktivitas Seru yang Dapat Kamu Lakukan di Pulau Lemukutan dalam Sehari

Selamat datang di Pulau Lemukutan, itulah kalimat yang pertama kali kita lihat saat tiba di dermaga pulau lemukutan di bagian Teluk Cina. Yap, pulau nan pempesona ini menjadi primadona liburan pulau yang paling populer di Kalimantan Barat. Udara yang masih segar dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, hal ini menjadi nilai tambah dari Pulau Lemukutan.

Untuk sampai di pulau ini, kamu harus menaiki kapal atau yang biasa disebut motor air, dari dermaga Teluk Suak, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat. Dengan jarak yang ditempuh kurang lebih satu jam. Selama perjalanan menggunakan kapal, kamu akan disuguhi pemandangan barupa hamparan laut yang indah. Warna air laut yang berubah-ubah, mulai dari cokelat, hijau, biru, kemudian hijau tua hingga biru bening, ini akan menjadi pemandangan yang unik.

Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan di pulau dengan pasir karang dan laut biru ini. Liburan di pulau lemukutan dapat dilakukan dalam satu hari, walaupun ada juga yang memilih dua atau tiga hari. Sesuai lama waktu liburan kamu sih, tapi rekomendasinya adalah dua hari satu malam agar ada waktu untuk istirahat dan menikmati malam di pulau ini. Lagi pula kapal yang mengantar biasanya tersedia sekitar pukul 7 – 10 pagi saja, kecuali kamu carter kapal untuk sore hari.

Karena saya seringnya mengeksplor dalam watu sehari, melalui artikel ini saya rangkum aktivitas seru yang dapat kamu lakukan di Pulau Lemukutan dalam waktu satu hari.

Snorkeling di Laut yang Jernih

Aktivitas liburan yang paling diminati di pulau lemukutan adalah snorkeling. Selain mempunyai pantai yang bersih, spot-spot snorkeling di kawasan pulau ini sangat menakjubkan. Alasannya adalah kawasan bawah laut di sekitar pulau merupakan kawasan wisata lindung yang wajib dijaga kelestariannya. Pengelola bersama-sama pemerintah dan masyarakat bahu-membahu untuk melestarikan keberadaan berbagai jenis terumbu karang satu diantaranya adalah karang kima. Apalagi dengan air yang jernih, sangat mudah bagi pengujung untuk melihatnya secara langsung.

Snorkeling di Pulau Lemukutan ini umumnya dilakukan setelah makan siang, yaitu antara pukul 2 siang sampai 4 sore. Instruktur snorkeling selain bertugas menjaga keamanan para pengunjung juga dapat menunjukkan spot-spot paling indah untuk kamu. Untuk peralatan snorkeling seperti snorkel, masker serta swimming vest (pelampung) jadi tidak perlu repot membawa sendiri karena beberapa paket wisata sudah menyediakannya dan dapat digunakan dengan gratis.

Saat snorkeling, jika beruntung kamu juga dapat menemukan keragaman hayati di laut misalnya ikan nemo, penyu, bulu babi, kima dan masih banyak lagi biota laut yang masih terjaga kealamiannya. Intinya, saat snorkeling harus tetap berhati-hari jangan sampai merusak kekayaan laut yang ada di dalamnya.

Bermain dengan Batu Karang yang Cantik

Sekilas pantai di Pulau Lemukutan menyerupai pasir putih, namun semakin mendekat dan menepi pulau pantai ini ternyata adalah karang mati yang mengeras menjadi bebatuan.

Tenang saja batu karang yang sudah mati ini tidak tajam, tapi yang namanya batu tetap harus gunakan alas pelindung kaki ya misalnya sendal.

Batu batu tersebut merupakan karang mati kemudian mengeras menjadi batu yang terbawa oleh arus air laut hingga ke tepi pantai. Beberapa kali kamu juga menemukan cangkang kerang yang tidak kalah cantiknya. Eittss tapi ingat batu-batuan ini tidak boleh dibawa pulang ya, karena kalau habis pulau ini tidak terlihat pantainya lagi.

Bersantai Sore di Dermaga atau Bebatuan di Tepi Laut

Ketika sore hari di dermaga pulau lemukutan tidak ada yang kapal yang berlalu lalang atau menepi, kamu bisa manfaatkan dermaga ini untuk bersantai menikmati laut yang hampir ke tengah. Laut biru nan mempesona.

Tepatnya ada beberapa dermaga untuk bersantai misalnya Dermaga Teluk Cina, Dermaga Teluk Melano, atau kamu dapat menjelajah beberapa bebatuan tepi laut.

Ketika air sedang surut, bagian tepi ini cukup unik warna batu yang biasanya tenggelam di laut akan terlihat dipermukaan. Jika berjalan di bebatuan ini harus ektra hati-hati karena pasti licin karena beberapa diantaranya terdapat lumut. Jika beruntung, kamu juga dapat melihat keramak (kepiting hitam kecil) yang tertinggal di sela-sela batu.

Temukan Sunrise yang Sempurna di Pulau Lemukutan

Ketika pagi hari, pastikan kamu jangan sampai bangun kesiangan karena di Pulau Lemukutan tepatnya didaerah timur kesempuarnaan matahari terbit sangat sempurnya. Segera ambil kamera dan abadikan moment tersebut, atau nikmati hangatnya kehadiran matahari yang dapat menenangkan pikiran.

Perpaduan gelap dan oranye membuat mata kita nyaris tidak berkedip, sungguh Indah ciptaan-Nya. Karena masih bisa menikmati alam dengan segala keindahannya.

Tips Sebelum Pergi ke Pulau Lemukutan

1. Bawa Barang Seperlunya Saja

Untuk liburan ke Pulau Lemukutan kamu tidak perlu membawa barang yang terlalu banyak agar kamu tidak kerepotan nantinya. List dibawah ini akan membantu kamu untuk packing sebelum berangkat.

  • Pakaian ganti dan pakaian dalam secukupnya atau sesuaikan dengan jumlah hari kamu tinggal. Pilih pakaian yang ringan, sejuk di kulit, dan nyaman untuk beraktivitas, misalnya kaos atau baju yang terbuat dari katun.
  • Jangan lupakan topi, kacamata anti UV, dan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Beberapa orang yang kulitnya sensitive sering mengalami iritasi bila terpapar sinar matahari terlalu lama dengan gejala terasa pedih, gatal, hingga mengelupas. Pastinya kamu akan merasa tidak nyaman mengalami hal ini. Untuk menghindarinya oleskan sunblock dengan SPF yang memadai sebelum beraktivitas di bawah terik matahari pantai.
  • Membawa juga obat-obatan ringan untuk mengatasi flu, diare, masuk angin, dan sejenisnya.

2. Pilihlah Penginapan yang Nyaman

Jika ingin bermalam di Pulau Lemukutan pilihlah penginapan yang nyaman dengan fasilitas yang lengkap. Misalnya di Penginapan Tanjung Batu Putih di Teluk Cina Pulau Lemukutan.

Penginapan yang terletak tepat di depan pantai langsung menghadap ke laut, beberapa fasilitas kamar mulai dari untuk keluarga hingga kamar untuk berdua. Penginapan disini sudah termasuk paket makan pagi, siang dan malam.

3. Booking Paket Wisata ke Pulau Lemukutan Jauh-Jauh Hari

Yap, karena Pulau Lemukutan cukup populer pastikan kamu booking paket wisata ke Pulau Lemukutan jauh hari. Rekomendasi paket wisata yang ditawarkan oleh agen tour adalah KORA Kalbar, semua yang saya tuliskan di artikel ini merupakan seluruh dokumentasi dan pengalaman pribadi saya bersama KORA Kalbar, jika ingin pergi ke Pulau Lemukutan dengan paket lengkap silahkan hubungi +62853-4813-3614.

Yakin gak mau liburan ke Pulau Lemukutan, yuk liburan!

Be social share!

3 thoughts on “Aktivitas Seru yang Dapat Kamu Lakukan di Pulau Lemukutan dalam Sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *