Festival Cap Go Meh Kota Pontianak 2020

Sepertinya perayaan hari besar Imlek 2020 yang bertepatan tahun tikus logam kali ini saya cukup antusias mulai dari melihat cantiknya pesta kembang api malam imlek, mampir di taman bunga Mei Hua di Kota Singkawang, hingga mengikuti kemeriahan Festival Cap Go Meh di Kota Pontianak seperti festival barongsai dan naga hingga ritual bakar naga yang tidak kalah ramainya dengan festival lain di Indonesia.

Rasanya berbagai festival banyak sekali diselenggarakan tanpa peduli banyaknya etnis di Kota Pontianak, semua membaur dalam kebahagiaan. Termasuk saya pribadi, walaupun tidak merayakannya tapi saya turut bahagia dengan euforia nya. Nah, di artikel saya kali ini akan saya ceritakan sedikit suasana malam imlek hingga berakhirnya imlek menurut pengalaman pribadi saya.

Malam Imlek di Hotel Harris Pontianak

Kalau masyarakat Tionghoa menyambut malam pergantian tahun baru imlek di rumah bersama keluarga besar sambil menikmati hidangan yang disebut ‘makan besar’ kemudian menyalakan kembang api di malam imlek, sehingga seluruh lapisan masyarakat di Kota Pontianak dapat menikmatinya. Beberapa perusahaan juga menggelar pesta kembang api terutama di Jalan Gajah Mada Kota Pontianak. Beberapa hotel seperti Harris Pontianak juga tidak ketinggalan untuk membuat momen ini untuk pengunjung yang datang ke hotelnya.

Saya pun berkesempatan menikmati malam imlek dengan sajian spesial di hotel ternama di Kota Pontianak ini. Bersama beberapa teman-teman yang rencana awalnya hanya ingin mendokumentasikan suasana kota Pontianak di malam perayaan imlek.

Akhirnya kami dapat menyaksikan keindahan kota pontianak yang dipenuhi warna warni kembang api dari ketinggian. Harris Pontianak punya spot terbaik untuk melihat kota pontianak lebih luas, yaitu Sunset Point Hotel Harris Pontianak. Selamat Tahun Baru Imlek! Gong Xi Fa Chai! teriakan beberapa warga menyambut datangnya hari besar mereka.

Suasana Imlek di Kota Singkawang

Di hari kedua imlek, saya berkesempatan untuk mampir tapi tidak bermalam di Kota Singkawang. Yap, kawasan ini memang selalu ramai dikunjungi apalagi saat Cap Go Meh. Arak-arakan tatung dari berbagai daerah baik itu nasional maupun internasional diadakan di tempat ini setiap tahun dan telah masuk sebagai kalender wisata nasional.

Kamu boleh datang, dua hari sebelum puncak acara Cap Go Meh untuk persiapan karena beberapa jalan akan ditutup dan hanya dibuka untuk pejalan kaki yang menikmati pawai tatung. Saat Cap Go Meh saya tidak di Singkawang, karena saya tahu pasti akan ramai pengunjung, tahun ini saya di Kota Pontianak untuk menyaksikan kemeriahan di daerah sendiri.

Naga Bersinar Dimalam Hari

Momen yang paling saya suka saat imlek adalah penampilan naga bersinar ketika Cap Go Meh, naga-naga ini dipenuhi dengan warna lampu yang bersinar sambil melakukan aktraksi. Selama tiga hari mulai tanggal 6 Februari hingga 8 Februari 2020 mereka tampil dibeberapa tempat seperti kantor, sekolah hingga pusat perbelanjaan.

Aktraksi naga bersinar yang saya saksikan ini berada di halaman Ayani Mega Mall Kota Pontianak, pengunjung yang berada di area mall terbesar di Kota Pontianak ini tidak ketinggalan untuk mengabadikan momen dan membagikannya di media sosial.

Naga bersinar juga melakukan aktraksinya di malam terakhir di Jalan Diponegoro – Gajah Mada Kota Pontianak sebagai pusat perayaan Cap Go Meh Kota Pontianak 2020. Beberapa orang menyebutnya ‘Pasar Hongkong’ karena terdapat bazaar seperti kuliner, panggung hiburan, pernak pernik imlek dan masih banyak lagi.

Pawai Barongsai dan Naga

Tanggal 8 Februari 2020, yap ini adalah puncak perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak. Semua naga dan barongsai yang beraktraksi berkumpul dan melakukan pawai atau arak-arakan di sepanjang jalan Diponegoro, Gajah Mada hingga Budi Karya.

Naga berbagai warna menghiasi Kota Pontianak siang itu, mereka datang dari berbagai komunitas atau perkumpulan misalnya yayasan, pemadam kebakaran, klup basket, bank, hotel dan lain-lain. Ada hal unik juga yang saya perhatikan saat itu, dimana pengunjung mengambil benang merah dari jenggot naga untuk digelangkan di tangannya, menurut mereka benang tersebut dapat membawa keberuntungan. Kemudian mereka juga berjalan zig-zag melewati naga yang sedang diangkat oleh pemain naga. Apa pun itu, semua yang hadir sangat antusias untuk melihatnya, bukan sekedar keramaian tapi juga semangat yang diciptakannya.

Ritual Bakar Naga

Perayaan Cap Go Meh selalu ditutup dengan ritual bakar naga, menurut mereka yang percaya naga yang telah beraktraksi ini sebelumnya memang disembayangkan dan ada roh nya, nah setelah selesai mereka dibakar untuk kembali ke alamnya.

Pembakaran Naga ini dilakukan di satu tempat yaitu Yayasan Bhakti Suci, tepat sehari setelah ditutupnya perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Tidak hanya saat festival saja keramaian pun terjadi saat ritual ini. Banyak bagian masyarakat dapat mengambil keuntungan dari berbagai kegiatan Cap Go Meh ini mulai dari berjualan makanan dan minuman, jasa sewa payung, tukang parkir dan lain-lain.

Intinya, hampir semua elemen masyarakat turut perpartisipasi menjaga tradisi, bahkan sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama acara berlangsung. Nah, itulah beberapa gambaran Cap Go Meh di Kota Pontianak dari pandangan saya. Semoga tulisan ini bermanfaat. Sampai jumpa di festival lain yang menyenangkan di Kota Pontianak! Nonton video Festival Cap Go Meh Pontianak 2020 berikut ini:

SEE U NEXT YEAR!

Be social share!

11 thoughts on “Festival Cap Go Meh Kota Pontianak 2020

  1. Seru banget kayaknya Perayaan Cap Go Meh di Pontianak. Aku belum pernah ke Pontianak, kayaknya tahun depan kalau pas Cap Go Meh wajib nih ke sana buat ngeliat dan merasakan sendiri sensasi perayaan etnis Tionghoa ini. Soalnya jarang bisa menikmati hal semacam ini di daerahku

  2. Paling top memang mengamati keramaian dan kembang api itu dari ketinggian mba. Beruntung sekali bisa liat dari Hotel yang notabene tinggi-tinggi. Seperti di kota saya, bangunan yang tingginya lebih dari 7 lantai hanya ada satu hehe

  3. Singkawang, kota 1000 klenteng. Pasti seru ya menyempatkan berkunjung pas Imlek. Aku blm pernah ke Pontianak uy. Cuma sering baca kalo panas banget…
    Salam dari Bandung

  4. rame sekali yak festival cap go meh di Pontianaknya kak. Pengen sesekali lihat langsung disana. Oh ya, barongsai-nya kok dibakar, apa gak eman-eman? padahal buatnya aja lumayan susah, pas festival dibakar gitu aja, jadi sayang banget kan 🙁

  5. Seru sekali. Saya jadi tahu sedikit banyak mengenai rangkaian perayaan Imlek di Pontianak dari tulisan Mba. Naga bersinarnya cantik. Saya kira akan disimpan untuk acara di tahun selanjutnya, rupanya di bakar ya naganya.

  6. Seru ya, Mbak Siti. Dan saya pengin sekali menyaksikan Cap Go Meh ini. Soalnya belum pernah menyaksikan langsung. Apalagi salah satunya di kota Pontianak atau kota Singkawang.
    Dan kayaknya kalau liburan ke Pontianak dan Singkawang pasnya akan hari raya Imlek ya, Mbak. Jadi sekalian bisa menyaksikan.

  7. Pas baca judulnya aku kira bakal ketemu foto lontong cap gomeh. Sukurlah tidak ya, karena laper tengah malam bisa berubah jadi baper. Maklum ka, perempuan

    Dan aku baru tau ternyata si barongsai lampunya dibakar ya di akhir acara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *