Tips Traveling : Merawat Ball Bearing Motor Agar Tetap Awet

Kali ini bahas tentang tips traveling dalam hal otomotif ya, karena beberapa perjalanan traveling saya menggunakan motor, persiapan dan perawatannya tidak boleh tanggung-tanggung agar perjalanan tetap tenang dan nyaman. Satu diantaranya adalah merawat ball bearing. Bearing merupakan satu dari sekian komponen teknik yang banyak digunakan sampai sekarang. Bearing berfungsi untuk memungkinkan perlengkapan mekanik melakukan proses gerak. Proses gerak yang dimaksud di sini tentu berbeda-beda, tergantung dari jenis bearing apa yang kamu gunakan.

Ball Bearing adalah satu diantara banyak jenis bearing yang digunakan. Selain itu, jenis bearing ini juga cukup menjadi perhatian.

Sayangnya bearing jenis ini cenderung mudah mengalami disfungsi. Itu karena faktor kualitas bola baja dan body yang digunakan. Semakin baik kualitas keduanya, semakin baik pula ketahanan perangkat ini. Kemudian kembali dari hal tersebut. Semakin buruk kualitas keduanya, bearing ini akan semakin cepat mengalami disfungsi.

Ada beberapa cara dan tips merawat ball bearing. Melalui artikel ini saya bagikan tips untuk menjaga ball bearing agar tetap awet dan terbebas dari disfungsi.

Perlu diperhatikan, tips ini tidak akan membuat ball bearing kamu abadi. Maksudnya, biar bagaimana pun, ball bearing akan tetap mengalami disfungsi juga. Akan tetapi, melalui tips ini, disfungsi tersebut akan lebih mudah terhindarkan. Jadi, seperti apa tips yang dimaksud? Nah, untuk kamu yang sudah penasaran dengan tips tersebut, yuk langsung kita simak pembahasannya di bawah ini.

Pastikan Untuk Selalu Memberikan Pelumas pada Bearing

Ini adalah cara paling sederhana untuk menjaga bearing tetap awet. Cara ini memungkinkan bearing tidak mengalami keausan akibat gesekan antar-bagiannya. Kamu bisa menggunakan pelumas khusus, biasanya berwarna gelap dan lebih mirip mentega hitam, untuk mengurangi gesekan antara bola baja dan bagian tubuh bearing. Untuk lebih mempermudah, kamu bisa lakukan hal ini dengan menyerahkan pekerjaan tersebut pada mekanik bengkel.

Proses ini akan melumasi setiap bola baja dan bagian tubuh bearing. Cara ini akan memperkecil gesekan pada tubuh bearing. Seperti diketahui, gesekan antarbaja akan membuat salah satu, dan/atau bahkan keduanya, akan mengalami kerusakan. Biasanya bentuk kerusakan yang terjadi adalah aus (kondisi di mana terdapat coakan, goresan atau lubang pada bagian tubuh bearing). Kerusakan tersebut menyebabkan fungsi bearing jadi berkurang. Jika kondisi ini terus terjadi, bearing tidak akan lagi bekerja seperti biasanya.

Hindarkan Bearing dari Air

Mungkin akan sedikit klise, sebab menghindarkan peralatan besi dari air adalah perkara remeh. Mungkin kamu sudah mengetahuinya itu sejak awal. Tapi terlepas dari seberapa klise tips ini, kamu harus tahu, bahwa tips yang kamu baca saat ini akan sangat berguna untuk memperpanjang usia bearing itu sendiri.

Tentu saja, menghindarkan bearing dari air akan menjaganya dari karat. Lebih dari itu, lapisan pelumas pada bearing juga akan berada pada kondisi normal. Berbeda saat pelumas tercampur dengan air. Kondisi pelumas yang demikian akan sedikit encer. Ini akan membuat bola dan tubuh bearing mengalami gesekan. Nah, tentunya kondisi demikian akan membuat bearing kamu malah mengalami kerusakan.

Hindarkan Bearing dari Benturan

Kamu mungkin berpikir; bahwa benturan pada perlengkapan baja tidak akan menjadi masalah serius. Atau dengan kata lain, benturan seperti apapun, perlengkapan baja kamu akan tetap pada kondisi baik dan jauh dari kerusakan.

Persepsi ini salah. Nyatanya akan tetap ada goresan, lecet, atau bahkan cekungan yang muncul pasca benturan. Pun dengan ball bearing. Saat kamu membiarkannya terkena benturan, bearing akan dengan mudah mengalami kerusakan. Entah itu timbul coakan, lecet, atau sejenisnya, ini akan sangat berpengaruh pada fungsi bearing itu sendiri. Terlepas dari pengaruh itu besar atau kecil.

Ya. Menjaga dan merawat ball bearing sangatlah penting. Karenanya, sebagai orang awam, tidak ada salahnya jika kamu membaca tips merawat ball bearing yang ada di atas.

Akan tetapi, dari semua hal penting di atas, memilih ball bearing berkualitas adalah perkara yang jauh lebih penting. Tentu. kamu harus memilih toko yang memiliki reputasi baik dan percaya untuk hal tersebut. Nah di logam-makmur.com bisa jadi pilihan terbaik jika kamu membutuhkan toko logam yang dimaksud.

Semoga bermanfaat, jangan lupa jalan-jalan ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *