Mengintip Suksesnya Usaha Café Kekinian

Siapa disini yang tak pernah nongkrong atau kerja di Cafe atau Coffee Shop? Apalagi generasi milenial yang suka dengan spot-spot instagrammable ditambah lagi dengan tempat yang cozy untuk ngantor atau mengerjakan tugas. Termasuk saya pribadi, kalau bosan di rumah dan butuh tempat nyaman untuk menulis yaa perginya ke Cafe atau Coffee Shop terdekat.

Beberapa Cafe didesain semenarik mungkin, hal ini menjadikan peluang usaha bagi para pembisnis terutama dibidang kuliner. Mereka berlomba-lomba memenuhi kebutuhan konsumen, meningkatkan kualitas makanan dan minuman, serta pelayanan cafe. Tanpa kecuali dalam hal manajemen keuangan mulai dari pembayaran, mesin karsir hingga analisis semuanya dibuat lebih praktis dan mudah digunakan.

Tidak jarang sebagian besar cafe saat ini sudah menggunakan berbagai aplikasi keuangan seperti Point of Sale Cafe sebagai rahasia sukses dibisnis usaha cafe kekinian mereka. Penasaran seperti apa rahasianya? Baca artikel ini sampai habis yaa, siapa tahu bisa menjadi inspirasi kamu membuka usaha Cafe Kekinian EDC/mesin karsir online dari Gobiz.

Btwe, GoBiz Apaan Sih?

Jadi, GoBiz adalah aplikasi kasir online (sistem Point of Sale) untuk mengelola pesanan. Aplikasi ini ditujukan untuk berbagai macam usaha mulai dari UMKM hingga pemilik franchise punya outlet dimana-mana tentunya untuk memudahkan transaksi mereka.

Nah, kalau sebelumnya hanya mengandalkan Go-Pay dengan QR atau barcode nya, kini mesin EDC/mesin karsir online dari Gobiz sudah bisa mendukung pembayaran kartu debit dan sebentar lagi bisa menggunakan kartu kredit loh. Jadi, ini merupakan mesin EDC pertama yang memiliki opsi melakukan pembayaran tiga macam ini.

EDC/mesin karsir online dari Gobiz merupakan bagian dari grup perusahaan GOJEK. Saat ini, EDC sudah digunakan oleh lebih dari 50.000 outlet di seluruh Indonesia.

Point of Sale atau POS System 

Point of Sale atau POS System kini sudah menjadi bagian yang penting dari operasional berbagai usaha termasuk usaha Cafe Kekinian dengan point of sale cafe, bahkan fungsinya pun kini sudah lebih dari sekedar untuk memproses transaksi penjualan saja. Jika melakukan transaksi pembelian di restoran atau toko kamu pasti pernah melihat semacam alat kasir yang digunakan untuk melakukan pemesanan dimana pegawai toko atau kasir akan mencatat pesanan kamu lalu mencetak struk, alat inilah yang disebut dengan Point of Sale atau POS System.

Manfaat Menggunakan Point of Sale

Nah, jika usaha kuliner kamu menggunakan Point of Sale beriku beberapa manfaat untuk ngembangin usaha kuliner kamu dengan EDC/mesin karsir online dari Gobiz:

  1. Mencatat data transaksi secara lengkap dan memprosesnya menjadi laporan yang mudah dianalisa.
  2. Terintegrasi dengan sistem stok barang (inventory), sehingga mengantisipasi kekurangan bahan baku dan ketersediaan produk.
  3. Memberikan laporan penjualan usaha secara langsung atau online.
  4. Segala macam bentuk perubahan terhadap data menu seperti harga dapat dilakukan dengan cepat.
  5. Mencetak struk pembelian bagi pelanggan, sehingga tidak perlu lagi menggunakan kertas nota/kwitansi secara manual.
  6. Dengan kalkulasi otomatis, kasir tidak perlu repot menghitung kembalian dan mempercepat proses transaksi, sehingga dapat mengurangi antrian.
  7. Menerima berbagai metode pembayaran baik itu tunai, non tunai, kartu debit dan kartu kredit dan lain-lain.

Banyak banget kan ya keuntungannya? Kira-kira sampai disini sudah punya planning untuk bangun usaha kuliner belum ya? Lanjut yuk.

Tips Memilih Point of Sale untuk Usaha

Sebelum memulai usaha baik itu Cafe, Coffee Shop atau Restoran intip yuk beberapa tips dalam memilih Point of Sale untuk membangun usaha kamu agar lebih mantap.

1. Analisis Harga dan Fitur

Pertama, saat kamu memilih Point of Sale, cari tahu terlebih dahulu seperti apa kebutuhan dari usahanya, sehingga tidak terjadi pemborosan biaya. Karena pada umumnya suatu POS System membutuhkan investasi yang tidak sedikit, tergantung pada sebesar apa usaha dan kebutuhan operasional kamu.

Perlu diingat karena fitur dan biaya yang dibutuhkan oleh usaha kedai kopi berbentuk booth yang dioperasikan oleh seorang kasir akan sangat jauh berbeda dengan restoran dua lantai yang memiliki banyak karyawan.

Booth kedai kopi setidaknya hanya akan membutuhkan satu POS System saja dan tidak lebih. Sementara sebuah restoran dengan lantai lebih dari satu akan membutuhkan POS System yang lebih kompleks.

2. Menggunakan Perangkat Pendukung

Pastikan POS System yang kamu beli sesuai juga dengan kebutuhan, mulai dari perangkat (hardware) hingga aplikasi (software). Cafe yang kecil tentu sudah cukup terpenuhi dengan menggunakan perangkat POS portable atau mPOS yang sudah dilengkapi dengan printer struk.

Sementara POS System multi terminal dengan perangkat yang dipasang di beberapa bagian seperti kasir dan dapur tentu akan membutuhkan perangkat yang lebih ekstra.

3. Kelola Stok Barang dengan Baik

Jika usaha yang kamu bangun sudah cukup besar, seperti restoran yang memiliki banyak menu dan stok bahan baku, maka kamu sudah membutuhkan fitur inventory (stok barang) sebagai POS System restoran.

Biasanya fitur seperti ini merupakan opsional, jika usaha kamu belum membutuhkannya lebih baik jangan menggunakan fitur tambahan seperti ini untuk menghemat biaya.

4. Lengkapi Laporan Penjualan

Salah satu alasan terbesar pengusaha membeli POS System coffee shop atau restoran adalah fitur laporan penjualannya. Jika sebelumnya pemilik usaha harus repot menulis nota di kertas dan mencatat penjualan setiap harinya, kini dengan POS tidak perlu lagi melakukan hal itu.

Pastikan bahwa POS System kamu dapat memberikan laporan secara lengkap, mulai penjualan harian, produk apa saja yang paling laris, hingga pemisahan laporan berdasarkan metode pembayaran yang digunakan oleh pelanggan.

5. Mudah untuk Digunakan

POS System Coffee Shop akan digunakan sehari-hari untuk menunjang operasional usaha kamu. Kemungkinan pula akan digunakan oleh banyak orang, termasuk karyawan baru. Dengan tampilan yang mudah dimengerti maka kamu tidak perlu lagi kesulitan untuk melakukan training terhadap kasir baru dalam mengoperasikan POS System. Hal ini tentu juga bisa mengurangi resiko kesalahan atau human error.

6. Dukungan Teknis yang Baik

Ini merupakan salah satu aspek penting saat memilih POS System untuk usaha kamu. Cari tahu bagaimana layanan purna jual yang diberikan oleh penyedia POS System pilihan.

Dengan POS System yang menyediakan layanan bantuan yang siap sedia setiap waktu ketika kamu mengalami kendala dalam mengoperasikan tentu akan membuat kamu lebih tenang dan nyaman dalam menjalankan usaha.

7. Berbasis Cloud / Online atau Cloud Based POS System

Dengan Point of Sale yang berbasis Cloud Based POS System kamu dapat melakukan banyak hal untuk mengurus operasional usaha. Mulai dari mengecek laporan penjualan di beberapa lokasi outlet yang berbeda bisa dilakukan tanpa harus mendatangi tiap outlet secara fisik. Dengan begitu kamu bisa mengelola usaha dari mana dan kapan saja.

Di pasaran saat ini terdapat banyak sekali Point of Sale Cafe yang membutuhkan beberapa perangkat tambahan untuk bisa beroperasi. Mulai dari cash register untuk menyimpan uang, barcode scanner, mesin edc tambahan, sampai printer bluetooth untuk mencetak struk.

Dengan adanya banyak perangkat tambahan tersebut tentu akan membuat Point of Sale kamu menjadi cukup kompleks ditambah jika belum menggunakan teknologi wireless. Selain itu berarti kamu juga memerlukan biaya tambahan lagi untuk membeli perangkat tambahan yang jika ditotal bisa memakan biaya hingga jutaan rupiah.

Sedangkan GoBiz dilengkapi dengan Point of Sale yang merupakan aplikasi sistem kasir yang memiliki beragam fitur untuk membantu operasional usaha jenis apa pun. Untuk kamu merchant GoBiz, kamu dapat mengaktifkan sistem kasir POS langsung dari aplikasi GoBiz dengan sangat mudah.

So, gimana sudah ada gambaran untuk membangun usaha Cafe, Coffee Shop atau Restoran dengan EDC/mesin karsir online dari Gobiz? Yuk mulai usaha kamu yang lebih sukses dengan POS System Restoran! Intip juga informasi menarik dan update terbaru tentang EDC/mesin karsir online dari Gobiz di instagramnya gobizbygojek.

Semoga bermanfaat ^^

Referensi:

  • Sumber Foto : Dokumen Pribadi & https://gobiz.co.id/
  • Apa Itu Point of Sale : https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/apa-itu-point-of-sale-pos/
Be social share!

4 thoughts on “Mengintip Suksesnya Usaha Café Kekinian

  1. Biasanya kalau usaha begini yang paling bikin mager di bagian pembukuan. Tapi dengan adanya SPOTS ini pembukuannya udah dikerjakan sama dia. Gak khawatir kececer karena udah terintegrasi dengan baik. Yang punya usaha harus banget mempertimbangkan ini.

  2. SPOTS ini memang benar-benar sangat memudahkan dalam transaksi pembayaran. Dengan menggunakan SPOTS ini, transaksi jadi lebih cepat karena si kasir juga engga repot-repot lagi untuk hitung kembaliannya, karena memang sudah langsung otomatis terkalkulasi. Terus juga engga perlu pake bon/nota segala, karena udah langsung terprint struk transaksinya, keren deh!

  3. Ini GoBiz cocok untuk UMKM myang baru buka, lengkap fiturnya. dari cetak resi, sampe pembukuannya lengkap. Plus pembayaran bisa pake GoPay. Rekomendasi banget buat usaha rumah yang pengen dionlinekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *