BEDABOL: Bersama Dalam Obrolan Online

Gak terasa sudah tiga minggu alias 21 hari kita WFH (Work From Home) semoga yang baca tulisan saya ini dalam keadaan sehat al afiat, amiin. Hemm pasti membosankan sekali ya karena gak bisa kemana-mana, gak bisa nongkrong bareng teman-teman bahkan semua pekerjaan sekolah dan kegitatan lainnya mau tidak mau dilakukan di rumah. Tapi tidak apa, karena dengan stay di rumah kamu telah membantu memutuskan penyebaran virus covid-19 yang saat ini sedang kemana-mana.

Btwe, apa nih kegiatan kalian selama work from home? Pastikan semua itu dapat menunjang keproduktifan kamu selama di rumah dan selalu menyenangkan. Nah, biar gak itu-itu aja kegiatannya kamu bisa manfaatkan sosial media kamu untuk seru-seruan seperti ikutan lomba, kuis, atau kompetisi yang sifatnya online. Misalnya mantengin live intagram dari Honda Kalbar yang ngadain kuis online BEDABOL (Bersama Dalam Obrolan Online) yang dipandu oleh @pontigile (pontianakmenggile/mak mon) dan @kamilone (sukep).

Ah mendengar namanya pasti kelucuan dan seru sudah pasti terngiang di telinga kita khususnya masyarakat Kota Pontianak. Ditambah lagi ada banyak hadiah yang telah disiapkan oleh manajemen dari Astra Motor Kalimantan Barat.

Cukup siapkan hape yang terkoneksi dengan internet di rumah masing-masing, kemudian follow instagram @honda_kalbar dan persiapkan diri kamu hari Sabtu, 11 April 2020 pukul 16.00 atau jam 4 sore. Tema kuis yang diangkat cukup menarik yaitu tentang “Kebersihan Riding Gear” (kamu bisa googling materinya dari sekarang).

Pada live tersebut terdapat beberapa edukasi berkendara dan membicarakan kebersihan riding gear.

Gak sampai disitu saja, masih ada lagi Safety Riding Quiz Time pukul 17.00 atau jam 5 sore dihari yang sama. Ada hadiah menarik seperti jaket #Cari_Aman dari Honda dan Uang Tunai untuk juara 1 dan juara 2.

Untuk materi tentang Safety Riding saya yakin pembaca artikel ini sudah paham betul tentang berkendara dengan aman, apalagi saya juga sering share artikel tentang pentingnya safety riding.

Baik itu tentang beberapa bentuk peralatan keamanan lalu lintas yang dibangun berupa rambu-rambu lalu lintas seperti rambu di area parkir, rambu penyeberang jalan, rambu wajib helm, rambu wajib SIM dan STNK, helm, rambu batas kecepatan, papan kontrol keselamatan dan papan kontrol pelanggaran yang berfungsi sebagai parameter tingkat pelanggaran.

Berikut sedikit bocoran untuk kamu dalam mempelajari tentang Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Berikut tips dalam merawat tips merawat riding gear agar tetap aman terhindar dari bakteri maupun virus.

1. Helm

Untuk helm perawatan yang harus dilakukan ialah menjaga agar helm tidak basah dengan selalu memberikan perawat yang lebih karena hampir setiap hari kita pakai dengan cara mengangin-anginkan setelah dipakai, setiap minggu dicuci dan diletakan ditempat yang bersih dan tidak lembab.

2. Jaket

Jaket yang kita gunakan setelah berkendara harusnya selalu digantung dan jangan digantung bersamaan dengan pakaian lainnya agar bakteri yang terdapat pada pakaian dan jaket tidak tercampur, cuci jaket setidaknya seminggu sekali dan setiap jaket kotor agar jaket yang kita gunakan selalu bersih dan kita terhindar dari bakteri.

3. Sarung Tangan

Simpanlah sarung tangan dengan menempatkannya pada tempat yang bersih, dan cucilah sarung tangan jika sarung tangan telah digunakan selama perjalanan yang jauh karena diperjalan sarung tangan pasti terdapat bateri-bakteri yang menumpuk.

4. Celana Panjang

Yang pertama untuk berkendara pastikan kita menggunakan celana yang menutup lutut, gantilah dan cuci celana yang kita pakai setelah berkendara.

5. Sepatu

Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat berkendara. Untuk sepatu yang telah dipakai setidaknya taruhlah di ruang terbuka, cuci sepatu setidaknya 1 minggu sekali agar sepatu tetap awet dan bersih.

6. Masker

Gunakanlah masker yang sekali pakai atau gunakan yang jenis balaclava dan jangan lupa cuci sehabis digunakan, walaupun masker tidak wajib digunakan saat berkendara tapi masker berfungsi untuk melindungi kita dari virus dan debu yang bertebaran di jalan selama perjalan.

Pastinya selalu bersihkan riding gear telah kita gunakan dan jika riding gear yang dirasa sudah tidak layak segeralah diganti agar kemanan kita tetap terjamin.

So, kalau sudah siap gini kan ikut kuis juga semakin mantap. Jadi, tunggu apalagi jangan sampai ketinggalan untuk nonton live instagram @honda_kalbar. Good luck, salam satu hati!

Be social share!

2 thoughts on “BEDABOL: Bersama Dalam Obrolan Online

  1. honda selalu tau cara buat tetep deket dengan konsumen di saat-saat kayak gini
    bikin acara kuis yang menarik dan diharapkan pengguna motor selalu nerapin safety riding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *