Kebiasaan Baru Traveler Ketika Pandemi Virus Corona Berakhir

Semenjak adanya pandemi virus covid-19 banyak kegiatan di luar rumah mau tidak mau harus ditunda, salah satunya adalah traveling. Berbagai rencana perjalanan, workshop, gathering, event tahunan dan lain-lain semuanya dibatalkan. Melakukan traveling disaat pandemi ini memang akan membahayakan, namun bukan berarti suatu saat kita tidak bisa traveling kembali, sekarang kita doakan saja dan tetap menjaga kesehatan di rumah agar terhindar dari virus ini.

Kebiasaan menjaga kesehatan di rumah atau tempat umum yang diterapkan menjadi kebiasaan baru dan mungkin ini akan terus dilakukan walaupun pandemi virus corona sudah berakhir. Walaupun, tanpa adanya pandemi seperti saat ini kita juga harusnya memang melakukan kebiasaan baik ini, hanya saja tidak sefanatik dulu.

Nah, seperti apakah kebiasaan yang mungkin baru dilakukan traveler (termasuk saya sendiri) saat pandemi virus corona ini berakhir? Berikut beberapa diantaranya:

1. Sering Cuci Tangan

Kalau biasanya cuci tangan hanya dilakukan ketika sebelum makan dan setelah makan, atau saat keluar dari toilet, bahkan sebelum tidur. Nah, mungkin saja kebiasaan mencuci tangan akan lebih sering dari biasanya, misalnya setelah melakukan kegiatan apapun selalu cuci tangan.

Yang sebelumnya cuci tangan hanya sekedarnya saja, sekarang cuci tangannya sedikit lebih lama dengan teknik cuci tangan yang baik dan benar. Bahkan diperkirakan ditempat umum juga disediakan beberapa lokasi khusus untuk cuci tangan. Kebiasaan baik ini memang sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan, semoga kebiasaan ini terus dilakukan ya oleh semua orang.

2. Rajin Cek Kesehatan

Bukan hanya gara-gara virus corona saja kita baru antusias menjaga kesehatan, penyakit lain yang mungkin saja terjadi juga harus dicegah, misalnya diabetes, demam berdarah, yang disebabkan karena kebiasaan buruk menjaga kebersihakan atau pola makan yang tidak baik. Itu sebabnya, rajin-rajinlah cek kesehatan jangan menunggu sampai gejala penyakit tersebut terjadi pada tubuh kamu.

Kamu tidak harus datang ke rumah sakit, karena kamu juga bisa konsultasi melalui berbagai platform kesehatan misalnya halodoc. Halodoc merupakan aplikasi kesehatan yang memberikan solusi kesehatan yang lengkap, di dalamnya terdapat berbagai fasilitas seputar kesehatan seperti beli obat, tanya dokter, cek lab dan lain sebagainya.

Kamu bisa konsultasi masalah kesehatan apa saja dengan dokter handal dan terpercaya pilihan kamu. Jika kamu sudah tahu beberapa penyakit yang mungkin saja bisa terjadi pada diri kamu, itu dapat dicegah sejak awal.

3. Membawa Masker dan Hand Sanitizer

Yap, tidak dipungkiri lagi membawa masker dan hand sanitizer adalah kebiasaan baru traveler yang kadang sering dilupakan. Padahal tanpa adanya pandemi virus apapun benda kecil ini cukup berguna untuk tetap menjaga kebersihan, apalagi ukurannya yang kecil dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Masker dan tempat hand sanitizer yang saat ini bahkan dari dulu didesain dengan unik dan menarik agar mudah untuk dibawa serta nyaman untuk dipakai.

4. Transaksi Digital

Sebelum adanya pandemi virus corona pemerintah sudah mencangkan untuk mulai menggunakan dompet digital, apalagi dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. Selain transaksi atau kegiatan dilakukan digital juga mempermudah jika melakukan banyak transaksi, misalnya pembayaran, beli tiket, booking hotel dan masih banyak lagi. Kebiasaan ini juga baik, terus diterapkan karena dapat menguragi pengguaan uang kertas, tidak perlu datang ke lokasi atau semua dilakukan serba online.

5. Menjaga Jarak

Kebiasaan baru selanjutnya adalah menjaga jarak, misalnya saat mengantri ketika berbelanja, orang-orang lebih memilih check in online ketibang check in manual di bandara. Bahkan, mungkin saja pemerintah menambah armada transportasi seperti bus, kereta atau pesawat agar tidak berdesak-desakan ketika masuk.

Masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan baik dan mungkin baru dilakukan kita semua, intinya tetap jaga kesehatan dimana pun kita berada walaupun pandemi virus corona sudah berakhir.

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

2 thoughts on “Kebiasaan Baru Traveler Ketika Pandemi Virus Corona Berakhir

  1. Kebiasaan baru yang kelima itu tidak asyik, Mbak. Jika pandemi berakhir, saatnya kita kembali berangkulan dan saling percaya.
    Tapi memang pandemi ini merubah bayak kebiasaan.

  2. aku pakai aplikasi ini sejak musim pandemik kayak gini dokter langganan tutup, ehh mayan juga ya, dikasih rekomendasi obat, dokter buka sampe tengah malam, mau chat tengah malam juga bisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *