Terapkan Gaya Hidup Sehat Demi Lindungi Keluarga dari Demam Berdarah

Selamat pagi teman-teman, apa kabarnya hari ini? Semoga tetap dalam keadaan sehat ya. Bicara soal kesehatan, tahu kah kamu kalau Indonesia merupakan salah satu negara dengan kasus demam berdarah dengue (DBD) cukup tinggi, contohnya yaitu saat musim hujan yang terjadi seperti sekarang. Oleh karena itu, kita semua dan mulai dari diri sendiri harus memiliki tingkat kewaspadaan guna mendukung untuk penjagaan lingkungan yang tetap bersih sehingga jauh dari adanya gangguan nyamuk.

Terjadinya pencegahan terhadap ciri demam berdarah yang bisa saja muncul sebenarnya mampu dimulai berdasarkan lingkungan terdekat, contohnya yaitu lingkungan rumah. Meskipun rajin dibersihkan, ternyata nyamuk juga masih bisa bersarang di tempat-tempat yang terkadang tidak sempat kita pikirkan.

Berikut beberapa tempat yang dimungkinkan menjadi sarang nyamuk karena berada di sekitar lingkungan rumah ataupun lingkungan pekarangan:

1. Kotak-Kotak Penyimpanan yang Tersembunyi

Kotak-kotak dengan isian tumpukan barang biasanya sering terdapat di pojok- pojok rumah yang tidak tersembunyi. Meskipun tertutup, akan tetapi sisi antara dinding maupun kotak dapat menjadi tempat nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak.

2. Pada Adanya Tumpukan Barang Bekas yang Mengumpul

Tumpukan barang-barang di rumah, yang kebanyakan jarang untuk disentuh juga mampu menjadi lokasi favorit nyamuk. Tidak ketinggalan pula bagi tempat-tempat lembab dan gelap juga harus diwaspadai.

3. Tanaman Liar yang Ada di Pekarangan

Akan tetapi, siapa yang menyangka bahwa ternyata nyamuk biasanya suka berkumpul di alam terbuka pula, terutama di beberapa tanaman lebat serta jarang terawat. Pada adanya sisa-sisa air yang tidak terserap di kandungan tanah maupun menggenang pada sekitar tanaman menjadikan tempat ini kemudian lembab serta menjadi tempat favorit yang kebanyakan disukai nyamuk.

4. Tetesan Air yang Berada Dekat Dispenser atau AC

Tetesan air yang biasanya muncul baik dapat terdeteksi maupun tidak dapat terdeteksi, yang diperoleh dari AC hingga dekat dengan peletakan dispenser umumnya seringkali menyebabkan genangan kecil yang tidak diperhatikan dari pengawasan. Pada genangan inilah kemudian jentik nyamuk bisa mulai berkembang.

Kamu dapat melakukan pencegahan dimulai dari rumah agar penyakit ini beserta ciri demam berdarah yang menyertainya tidak sampai menghinggapi kamu dan keluarga. 

Dalam pencegahan sarang nyamuk yang terdapat sekitar rumah, maka kamu harus rajin membersihkan rumah maupun pekarangan. Hal ini tentunya merupakan salah satu upaya dalam pencegahan penyakit DBD dari rumah.

Kamu pun harus menghindari kebiasaan yang umum seperti menumpuk dan menggantung barang. Upayakan jangan sampai lupa dalam menutup maupun membersihkan genangan air sehingga tempat-tempat itu dapat menjadi sarang nyamuk.

Saat musim hujan seperti sekarang ini, maka baik pula untuk selalu menyediakan obat nyamuk semprot berbahan alami yang sekiranya cukup aman bagia keluarga. Virus penyebab demam berdarah yang memang dibawa oleh nyamuk maka menyebabkan penularan cukup cepat. Pada penderita DBD jika tidak  terdapat nyamuk pembawa virus penyakit itu, maka tentunya tidak terjadi ciri demam berdarah yang dapat diketahui masyarakat.

Pencegahan demam berdarah dengue untuk meminimalisir munculnya ciri demam berdarah dapat dilakukan dengan cara yang masih paling efektif seperti dengan melalui pemberantasan sarang nyamuk (PSN) DBD yang dilakukan dengan cara manual konvensional seperti menutup, menguras serta mengubur (3M). Apabila seorang warga keluar di pagi serta sore hari disarankan supaya menggunakan ‘lotion’ hingga menggunakan kelambu saat melakukan aktivitas tidur di malam hari.

Dengan pencegahan yang kamu dan keluarga lakukan secara rutin diharapkan semoga rumah dan lingkungan sekitar aman serta terbebas dari sarang nyamuk yang terjadi di saat musim hujan.

Keep health, semoga bermanfaat ^^

Be social share!

1 thought on “Terapkan Gaya Hidup Sehat Demi Lindungi Keluarga dari Demam Berdarah

  1. nah biasanya yang paling nggak bisa dihindari kalau dirumah adalah tumpukan barang bekas, awalnya dikit lama lama numpuk, Gini ini yang bikin nyamuk suka berlama-lama disana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *