Tips Sehat dengan #cari_aman Ketika Berkendara

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa saat ini ada virus yang menjadi wabah yang sangat menghawatirkan, bahkan pemerintah menghimbau agar mengantasipasi penyebarannya dengan menjauhi tempat keramaian dan jangan berpergian jika tidak terlalu penting.

Namun, bagaimana jika kita memiliki kepentingan untuk keluar rumah dengan menggunakan kendaraan ber roda dua, nah tentunya kita harus siap dalam berkendara selain untuk keamanan juga untuk kesehatan kita masing-masing.

Di sini saya bersama Astra Motor Kalimantan Barat mengajak kita semua untuk mengikuti beberapa tips berkendara secara aman demi keselamatan dan juga kesehatan, berikut tips-tips sehat dengan #cari_aman ketika berkendara.

1. Tubuh Yang Sehat

Dalam berkendara yang pertama kali yang harus diperhatikan ialan kesehatan tubuh kita sendiri, dalam kondisi yang sehat tentunya daya tahan tubuh kita akan semakin tinggi dari serangan penyakit yang tersebar di udara. Konsumsilah makanan sehat bervitamin agar daya tahan tubuh kuat dan terhindar dari penyakit.

2. Pakailah Masker

Pemakaian masker pada saat berkendara selain melindungi kita dari udara yang kotor masker juga menjaga kita dari virus – virus yang membawa penyakit. Pakailah masker yang bersih, gunakan masker berbahan kain dan cucilah sehari sekali agar selalu aman untuk tubuh kita juga.

3. Gunakan Hand Sanitizer Sebelum dan Sesudah Berkendara

Sebaiknya sebelum dan sesudah berkendara gunakan hand saintizer guna menjaga kebersihan tangan kita dan juga mengantisipasi terbawanya virus dan bakteri yang berbahaya. Kebersihan tangan kita akan memberikan keamanan terhadap diri kita dan orang disekitar kita.

4. Gunakan Riding Gear Lengkap dan Bersih

Menggunakan riding gear seperti helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu. Riding gear yang lengkap berguna melindungi kita dari gesekan ketika kita terjatuh. Selain mengurangi gesekan ketika terjatuh riding gear juga membantu kita bertahan dari cuaca dingin dan panas. Pastikan riding gear yang kita pakai dalam keadaan kering dan bersih untuk menghindari bersarangnya virus dan bakteri.

Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

Selain beberapa tips di atas ingat juga hindari tujuan yang berpontensi terserangnya tubuh kita oleh penyakit, pada saat ini terdapat beberapa daerah yang berpotensi menularkan penyakit, agar kita selalu sehat dan aman dari penyakit. Cari aman saat berkendara demi keselamatan dan juga kesehatan bersama Honda, seperti:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Sekian, stay safe, salam satu hati! Semoga bermanfaat!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *