Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri: Astra Motor Pontianak Bagikan Paket Sembako

Belakangan ini, istilah ‘giving back‘ sering terdengar. Semua orang berlomba-lomba mau berbagi dan memberi kebaikan bagi sesama. Perilaku yang mendahulukan kepentingan orang lain menjadi salah satu nilai yang sangat baik kemudian dapat diwariskan dari generasi ke generasi.

Karena memang ada beberapa alasan yang bisa menambah semangat kita berbagi dan menyebarkan kebaikan diantaranya adalah:

1. Membuat Hati Bahagia

Rasa bahagia itu merupakan refleksi dari tubuh kita sendiri, karena pada dasarnya perilaku untuk peduli pada orang lain dapat menghasilkan endorfin yang ada di otak kemudian menghasilkan sebuah perasaan positif yang disebut sebagai “helper’s high”.

2. Baik Untuk Kesehatan

Orang-orang yang sering membantu teman, keluarga dan tetangga mereka atau memberi dukungan emosional pada pasangannya sekali pun memiliki kualitas kesehatan lebih baik dan dapat memperpanjang usianya lima tahun lebih lama daripada mereka yang tidak melakukan hal tersebut.

Menariknya, bila memberi bantuan bisa memperpanjang umur, menerima bantuan tidak lantas terkait dengan berkurangnya risiko kematian.

3. Meningkatkan Kerjasama dan Hubungan Sosial Antar Sesama

Selalu ingat bahwa, ketika kita memberi kita sebenarnya sedang menerima. Kebaikan itu akan terus berlanjut seperti sebuah pertandingan lari estafet karena orang yang menerima kebaikan dari seseorang akan melakukan kebaikan juga bagi orang lain. Bila kita meyakini bahwa kebaikan adalah sebuah lingkaran, maka kebaikan yang kita beri lewat berbagi itu, akan kembali lagi pada kita, meski barangkali dalam bentuk dan dari orang berbeda.

4. Membangkitkan Rasa Syukur

Meski memberi acap dianggap lebih mulia dan menerima tak memberi dampak sebaik memberi, sesungguhnya aktivitas memberi dan menerima ini sama-sama membuat bahagia dan menghadirkan rasa syukur.

Yah begitulah kira-kira, banyak juga ya manfaat untuk berbagi. Sama seperti yang dilakukan oleh Astra Motor Pontianak sebagai salah satu bagian dari Grup Astra melalui program Nurani Astra Berbagi Untuk Negeri, menggelar kegiatan sosial sebagai tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) pada Hari Rabu, 20 Mei 2020.

Astra Motor Pontianak Bagikan Paket Sembako

Kegiatan CSR berupa pembagian 300 paket sembako ini dilakukan secara serentak, sekaligus sebagai rangkaian HUT ke 50 tahun Astra Motor. Paket sembako tersebut terdiri dari beras, minyak goreng, tepung terigu, gula pasir, kecap manis, susu kental manis dan mie instan.

Pembagian paket sembako ini di distribusikan melalui 10 cabang Astra Motor di wilayah Kalimantan Barat dengan sasaran utamanya adalah masyarakat yang tidak mampu dan pekerja nonformal yang tinggal di sekitar lingkungan operasional kantor Astra Motor.

Sejalan dengan pilar kontribusi sosial berkelanjutan Astra, dan cita-cita Astra untuk “Sejahtera Bersama Bangsa”, Kepala Wilayah Astra Motor Kalimantan Barat, Bapak Lukas Ferinata mengatakan, “Bantuan ini merupakan wujud kontribusi kami dalam membantu meringankan beban masyarakat serta dukungan Astra Motor terhadap pemerintah setempat di tengah penanganan Covid-19, sebagai upaya meringankan dampak sosial bagi masyarakat”.

Khusus Area Pontianak, Paket sembako juga disalurkan melalui Komunitas HWBC kepada anggota-anggotanya yang membutuhkan. Selain pembagian sembako, masyarakat juga diberikan masker sebagai salah satu sarana utama untuk menghalangi penularan virus atau bakteri ke dalam tubuh melalui mulut atau saluran pernapasan. Penggunaan masker juga disarankan guna mencegah penularan virus corona (Covid-19).

Dalam Proses pembagian sembako juga dilakukan dengan mengikuti himbauan pemerintah yaitu dengan menjaga jarak warga yang datang, dimana penyerahan simbolis dilakukan melalui perwakilan warga yaitu ketua RT dan Ketua Komunitas HWBC.

Sebagai perwakilan warga penerima bantuan sembako, Bapak Heru N selaku Ketua RT menyampaikan bahwa bantuan ini sangat bermanfaat bagi warga sekitar ditengah kondisi saat ini, semoga keadaan ini segera berlalu dan sangat berterima kasih atas perhatian serta bantuan yang diberikan oleh Astra Motor.

Yuk, tularkan kebaikan antar sesama. Salam satu hati!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *