Tips Berkendara: Ini 7 Poin Postur Berkendara Aman dan Nyaman

Bagi saya pencinta berkendara roda dua ketimbang kendaraan lain, kemanan dan kenyamanan adalah hal utama dan yang paling penting untuk diterapkan ketika berkendara. Selain karena demi keamanan dan kenyamanan diri sendiri ini juga berdampak baik untuk orang yang ada disekitarnya.

Sebenarnya kita tidak perlu mengajari orang lain tapi kita dapat memulainya dari diri sendiri. Tapi pengetahuan juga perlu dipelajari apalagi dari orang profesionalnya langsung. Nah, kali ini saya bersama Honda Kalbar mengajak kamu khususnya warga Provinsi Kalimantan Barat untuk selalu aman saat berkendara terutama untuk diri sendiri dan orang lain. Karena, berkendara dengan baik dan benar dapat mengurangi tingkat kecelakaan jalan raya di Indonesia yang hingga saat ini kecelakaan saat berkendara merupakan faktor dengan peringkat ke tiga dalam tingkat kematian di Indonesia.

Berikut 7 poin postur berkendara yang wajib kita ketahui untuk keselamatan dan kenyamanan saat berkendara:

1. Mata Lurus Ke Depan Dan Fokus Ke Arah Tujuan

Dalam berkendara harusnya kita selalu memperhatikan arah depan untuk mengetahui dan dapat mengidentifikasi medan yang akan dihadapi saat berkendara, untuk melihat belakang disarankan melihat ke kaca spion motor.

2. Pundak Santai Dan Releks

Pundak santai dan rileks perlu dilakukan untuk menghilangkan tegang saat berkendara menghindari letih yang terlalu cepat ketika berkendara

3. Siku Sedikit Menekuk

Diharapkan juga siku sedikit menekuk karena pasti kita dijalan menghadapi medan yang tidak rata, siku menekuk juga untuk mengindari benturan yang terjadi pada tubuh ketika melewati jalan yang tidak rata

4. Tangan Memegang Grip Stang

Tangan harus memegang grip stang agar pengendara salalu siap akan segala kondisi yang akan terjadi di jalan

5. Pinggul Rileks

Pinggul rileks juga membantu agar tidak telalu tegang yang membuat tubuh letih lebih cepat

6. Lutut Menjepit Tangki Dengan Ringan

Ketika kita menggunakan motor sport, wajibnya lutut harus menjepit tangki agar keseimbangan dan menghindari tersenggolnya lutut oleh kendaraan lain

7. Kaki Menghadap Ke Depan Dan Ujung Sepatu Berada Tepat Di Atas Pedal

Kaki menghadap ke depan dan ujung sepatu berada tepat di atas pedal membuat kita selalu siap dan nyaman ketika menghadapi jalan yang tidak rata, dan tentunya untuk menambahkan kenyamanan saat berkendara serta meningkatkan kendali atas kendaraan yang digunakan.

Gimana, sudah nyaman dengan postur berkendara yang nyaman, eittss tidak sampai disitu karena kamu juga harus memperhatikan beberapa kiat safety riding lainnya yang sudah saya rangkum menjadi beberapa point berikut:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Jika semua terpenuhi saya yakin kamu akan merasa aman dan nyaman ketika di perjalanan, salam satu hati!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *