Ini Loh Aturan Notifikasi Pengganti Izin Mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (IMTA)

Tunggu dulu, apa itu Izin Mempekerjakan Tenagakerja Asing? IMTA atau Izin mempekerjakan Tenagakerja asing merupakan sederet prosedur yang dilakukan agar TKA dapat secara legal dan sah bekerja di Indonesia. Sebelum mendapatkan IMTA, pemohon harus memiliki TA.01 dan VITAS untuk TKA. 

Permohonan IMTA ini harus melampirkan sekurang-kurangnya salinan draf perjanjian kerja, salinan polis asuransi, bikti pembayaran dana kompensasi penggunaan TKA melalui bank pemerintah yang ditunjuk oleh menteri, saliran surat pemberitahuan tentang persetujuan pemberian visa, dan foto berwarna ukuran 4×6 sebanyak dua lebar. Jika semua telah dipenuhi, barulah IMTA dikeluarkan. 

Penggunaan IMTA berlaku paling lama satu tahun dan dapat diperpanjang. Namun sejak tahun 2019, terdapat aturan baru yang mengatur pengunaan tenagakerja asing di Indonesia, yaitu notifikasi. Aturan di permenaker no. 10/2008 dinilai lebih memudahkan pemberian izin kepada TKA daripada aturan sebelumnya. 

Syarat mempekerjakan tenaga asing di Indonesia antara lain, pemberi kerja kepada TKA adalah badan hukum atau badan lainnya yang mempekerjakan TKA dengan membayar upah dalam bentuk lain. 

Pemberi kerja bisa berbentuk seperti instansi pemerintah, badan internasional, organisasi internasional, perusahaan swasta asing yang memiliki usaha legal di Indonesia, kantor perwakilan dagang asing, badan hukum yang didirikan berdasarkan hukum Indonesia dalam bentuk PT atau perseroan terbatas, lembaga sosial, usaha jasa impresariat, lembaga pendidikan, lembaga kebudayaan, dan badan usaha sepanjang tidak dilarang oleh undang-undang yang berlaku di Indonesia.

Terdapat beberapa syarat yang harus dimiliki oleh pemberi kerja seperti memiliki RPTKA atau Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing yang disahkan oleh menteri atau pejabat yang ditunjuk, membayar Dana Kompensasi Penggunaan Tenaga Kerja Asing atau yang disingkat dengan DKP-TKA untuk setiap pekerja yang dipekerjakan sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia, mengikutsertakan TKA dalam program asuransi di perusahaan berbadan hukum yang bekerja kurang dari enam bulan, menunjuk Tenaga Kerja Pendamping dalam rangka alih teknologi dan keahlian TKA, memfasilitasi pendidikan dan pelatihan Bahasa Indonesia, mengikuitsertakan dalam program jaminan sosial nasional yang bekerja paling singkat selama enam bulan.

Pada notifikasi, proses perizinan dapat dilakukan dengan lebih praktis, yaitu secara online. Sebelumnya, pekerja harus melakukan permohonan untuk pembatan RPTKA melalui beberapa tahap seperti melakukan registrasi untuk mendapat antrean online, mengisi formulir dokumen RPTKA, mengunggah dokumen, pihak kemenaker akan melakukan verifikasi RPTKA dan melakukan penjadwalan ekspose, penyampaian pengesahan RPTKA selama dua hari kerja dan RPTKA bisa didapatkan. 

TKA yang bekerja di Indonesia tidak dapat sembarangan menduduki posisi pekerjaan di Indonesia, terdapat beberapa jabatan yang dilarang diduduki oleh TKA berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja nomor 40 tahun 2012 tentang Jabatan-jabatan tertentu yang dilarang diduduki tenaga kerja asing, yaitu, direktur personalia, manajer hubungan industrial, manajer personalia, spesialis personalia, penasihat karir, penasihat tenaga kerka, supervisor pengembangan personalia, pembimbing dan konseling jabatan, perantanra tenaga kerja, supervisor perekrutan personalia, kepala eksekutif kantor, ahli pengembangan personalia dan karir, analis jabatan, pewawancara pegawai, penyelenggara keselamatan kerja pegawai dan lainnya. 

Tentunya terdapat sanksi jika adanya perusahaan yang tidak memenuhi persyarakat yang telah ditetapkan. Dalam permennaker no. 10 tahun 2018 ada empat jenis sanksi, yaitu penundaan pelayanan, penghentian sementara proses perizinan TKA, pencabutan notifikasi, dan sanksi lain sesuai dengan peraturan undang-undang yang berlaku. Itulah aturan notifikasi yang menjadi pengganti dari IMTA.

Article by : permitindo.com

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *