NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) Kalimantan Barat Harus Cari Aman

Ada yang bisa bantu itungin ini sudah WFH hari ke berapa ya, semoga yang masih Work From Home masih tetap semangat dan menjaga kesehatan agar tetap dapat beraktivitas seperti sedia kala. Karena sudah pasti setelah pandemi ini berakhir akan dimulai new normal pola hidup yang baru. Semoga kita semua siap untuk menjalaninya ya, walau pun demikian masih banyak kok aktivitas yang dapat dilakukan dari rumah. Misalnya belajar online, ngomongin yang online-online jadi ingat program BEDABOL (Bersama Dalam Obrolan Online) yang dipandu oleh @pontigile (pontianakmenggile/mak mon) dan @kamilone (sukep) yang live di instagramnya @honda_kalbar.

Nah, sekarang Honda ngadain lagi nih namanya NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) pada tanggal 19 Juni 2020 lalu. Ngoprek kali ini tetunya sangat menarik, dengan tema “Kalimantan Barat Harus Cari Aman Honda Kalbar” mengajak penulis novel ruang kaktus sekaligus founder berbagi senyum yang akrab di panggil Arpian Wahyudi untuk menjadi narasumbernya.

NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama Arpian Wahyudi & Febri Andrian

Dengan pembahasan Safety Riding yang dikombinasikan dengan pengalaman pembuatan novel mau pun aktivitas lainnya, penonton sangat antusias mendengar cerita juga edukasi kala itu.

Berikut sedikit RANGKUMAN untuk kamu dalam mempelajari tentang Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari dari NGOPREK (Ngobrol Online Seputar Komunitas) bersama @Honda_Kalbar :

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Berikut tips dalam merawat tips merawat riding gear agar tetap aman terhindar dari bakteri maupun virus.

1. Helm

Untuk helm perawatan yang harus dilakukan ialah menjaga agar helm tidak basah dengan selalu memberikan perawat yang lebih karena hampir setiap hari kita pakai dengan cara mengangin-anginkan setelah dipakai, setiap minggu dicuci dan diletakan ditempat yang bersih dan tidak lembab.

2. Jaket

Jaket yang kita gunakan setelah berkendara harusnya selalu digantung dan jangan digantung bersamaan dengan pakaian lainnya agar bakteri yang terdapat pada pakaian dan jaket tidak tercampur, cuci jaket setidaknya seminggu sekali dan setiap jaket kotor agar jaket yang kita gunakan selalu bersih dan kita terhindar dari bakteri.

3. Sarung Tangan

Simpanlah sarung tangan dengan menempatkannya pada tempat yang bersih, dan cucilah sarung tangan jika sarung tangan telah digunakan selama perjalanan yang jauh karena diperjalan sarung tangan pasti terdapat bateri-bakteri yang menumpuk.

4. Celana Panjang

Yang pertama untuk berkendara pastikan kita menggunakan celana yang menutup lutut, gantilah dan cuci celana yang kita pakai setelah berkendara.

5. Sepatu

Sebaiknya gunakan sepatu yang nyaman saat berkendara. Untuk sepatu yang telah dipakai setidaknya taruhlah di ruang terbuka, cuci sepatu setidaknya 1 minggu sekali agar sepatu tetap awet dan bersih.

6. Masker

Gunakanlah masker yang sekali pakai atau gunakan yang jenis balaclava dan jangan lupa cuci sehabis digunakan, walaupun masker tidak wajib digunakan saat berkendara tapi masker berfungsi untuk melindungi kita dari virus dan debu yang bertebaran di jalan selama perjalan.

Pastinya selalu bersihkan riding gear telah kita gunakan dan jika riding gear yang dirasa sudah tidak layak segeralah diganti agar kemanan kita tetap terjamin.

Semoga Edukasi Safety Riding ini terus berlanjut agar masyarakat selalu ingat akan keselamatan saat berkendara

Salam satu hati! Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *