Tetap Produktif dengan Memanfaatkan Media Sosial Bersama Honda

Di era teknologi sekarang ini, hampir setiap orang di dunia saling terhubung satu sama lain dengan adanya sosial media. Setiap orang dapat saling berbagi informasi, komunikasi, bahkan memanfaatnya untuk kepentingan-kepentingan tertentu misalnya bisnis, edukasi, hiburan bahkan mencari jodoh (eh ada loh ini). Tapi apapun fungsinya sebaiknya digunakan dengan tidak merugikan orang lain ya, terutama bagi generasi milenial nih.

Edukasi pemanfaatan sosial media pun semakin banyak digelar, baik itu di sekolah, universitas, komunitas bahkan perusahaan-perusahaan untuk menambah skill para karyawannya. Sama hal nya yang dilakukan oleh PT Astra International Tbk – Honda (Astra Motor Pontianak) mengelar seminar bagaimana cara memanfaatkan media sosial. Workshop/seminar ini diselenggarakan di Cafe Upnormal di Jalan Gajah Mada Kota Pontianak, pada 27 Juni 2020.

Peserta seminar pemanfaatan sosial media oleh Astra Motor Pontianak

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara yang bertujuan sebagai wadah untuk saling belajar menggunakan sosial media yang baik dan benar. Kali ini peserta nya adalah yang berasal dari tim sales force area kota Pontianak dan sekitarnya. Nah, jadi seminar ini kedepannya agar sales force dapatlebih paham tentang pemanfaatan digital di era modern saat ini.

Marketing Manager Astra Motor Pontianak, Bapak Antofany Yusticia Ahmadi juga mengatakan bahwa, di era modern seperti saat ini sangat jarang orang tidak menggunakan sosial media, hanya saja pemanfaatannya yang kurang baik dan cenderung dipersalahgunakan.

Menurut beliau seminar seperti ini diadakan sebagai media pembelajaraan kepada para sales force bagaimana cara bersosial media dengan baik, memilih konten tepat dan bermanfaat agar lebih produktif dari sisi penjualan. Oleh sebab itu sales force harus paham bahwa layanan sosial media sangat membantu perusahaan dalam proses menyampaikan informasi-informasi terkait promo kepada konsumen agar konsumen dapat lebih jelas dan mengerti.

Yah walaupun disisi lain, kita tidak dapat pungkiri bahwa media sosial saat ini sering dipersalahgunakan. Tapi setidaknya berbuat baik dapat dimulai dari diri kita sendiri.

Peserta seminar pemanfaatan sosial media oleh Astra Motor Pontianak

Salah satu peserta bernama Sindi (umur 23 tahun) yang berprofesi sebagai sales force Astra Motor Pontianak merasa sangat terbantu dengan digelarnya seminar ini. Menurutnya seminarnya sangat seru, sepanjang acara sama sekali tidak membosankan. Sangat memambantu pokoknya, dari yang tidakbisa memanfaatkan media sosial, sekarang lebih tau dan paham dan memanfaatkan sosial media dengan baik dan benar secara maksimal.

Nah, seperti apakah Tetap Produktif dengan Memanfaatkan Media Sosial Bersama Honda kali ini? berikut beberapa tips dan trik untuk memasarkan produk dengan memanfaatkan platform media sosial :

  1. Perencanaan
    Sebelum mulai media sosial marketing, penting untuk memutuskan siapa targetnya, konten apa yang akan kamu sediakan, serta media sosial mana yang akan kamu gunakan.
  2. Lebih Komunikatif
    Bagian penting untuk sukses di media sosial adalah kemampuan mendengar apa yang sedang dibicarakan. Jadi beri perhatian untuk post yang kamu buat dan pastikan diberikan respon.
  3. Post konten secara berkala
    Penting untuk komunikasi dengan audience kamu, tetapi post terlalu sering bisa menjadi bumerang. Buat jadwal yang konsisten, tetapi tidak terlalu memaksa.
  4. Lampirkan Tips dan Informasi
    Saat berbicara di jaringan media sosial kamu, berikan lebih daripada hanya promosi. Bagikan informasi yang mereka suka berkaitan dengan industri kamu; ini akan membangun kepercayaan dan kredibilitas bisnis kamu.
  5. Konten Singkat dan Informatif
    Sangat menggoda untuk menulis panjang lebar mengenai suatu topik, tetapi kalau untuk media sosial , post singkat akan mendapatkan respon lebih tinggi. Saat ini orang lebih sedikit memberi perhatian; jadi potong konten kamu menjadi lebih pendek agar lebih mudah di cerna.
  6. Encourage Sharing
    Konten media sosial dapat mencapai banyak orang tanpa perlu usaha tambahan dari kamu. Minta pengikut kamu untuk membagikannya dan buat mereka dapat dengan mudah melakukannya.
  7. Saling Share Konten
    Saat pengikut kamu ingin mengetahui apa yang kamu katakan, mereka juga menghargainya saat kamu membagikan konten yang relevan dari orang lain. Ini adalah situasi win-win karena mengurangi jumlah konten yang perlu kamu buat sendiri.
  8. Manajemen Post
    Mendapatkan hasil terbaik dari konten kamu bisa menjadi tantangan tersendiri; termasuk didalamnya waktu untuk publish, apa yang akan di publish, dan calls to action yang baik. Cara terbaik mengetahui hal ini adalah dengan tes, ukur, dan track strategi yang berbeda.
  9. Pantau Kompetitor
    Dalam pemasaran apapun, penting untuk melihat apa yang dilakukan kompetitor kamu. Hal yang sama dilakukan di media sosial . Walaupun kamu tidak ingin melakukan sama persis dengan apa yang mereka lakukan, kamu perlu mempelajari bagaimana mereka berinteraksi dengan fans dan follower mereka.
  10. Pilih Platform Media Sosial lebih Teliti
    Pilihlah media sosial yang memungkinkan memiliki peluang terbesar untuk diakses oleh calon klien kamu dan fokuslah menguasai salah satu media sosial sebelum menggunakan media sosial yang lain.

Nah, itulah tips dan trik diatas bisa kamu untuk kamu coba juga, tampilkan produk-produk yang kamu punya dalam media sosial. Buat pengunjung terkesan walaupun hanya dengan melihat media sosial kamu.

Salam satu hati, semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *