Usaha Kecil dari Kota Pontianak yang Medunia

Kali ini aku ingin berbagi sedikit informasi menarik pada bidang ekonomi kreatif khususnya dari kota kelahiran ku yaitu Kota Pontianak, kota kecil paling barat Pulau Kalimantan ini ternyata menyimpan banyak keanekaragaman produk UMKM, baik itu kuliner, fashion, argobisnis, karya kerajinan tangan dan lain-lain. Berkat kekayaan alam, budaya, suku dan antusias warganya yang juga kreatif, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini.

Merekalah yang terus semangat menyeimbangkan perekonomian, karya-karya mereka dapat dikerjakan di rumah, kemdian dijual melalui media onlie bahkan sampai dikirim ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke mancanegara. Penasaran apa saja produk usaha kecil yang mendunia dari Kota Pontianak? Berikut ulasannya:

1. Kuliner Amplang & Stik Keladi

Kuliner Amplang & Stik Keladi

Pertama adalah di bidang kuliner, percaya tidak percaya Kota Pontianak cukup terkenal dengan kekayaan kuliner yang khas, baik kuliner basah maupun kering. Satu diantara yang paling terkenal adalah amplang dan stik keladi, cemilan ringan buatan rumahan ini cukup banyak diminati, kemasan yang mudah dibawa untuk oleh-oleh. Kamu pun bisa memesan kuliner satu ini via online.

2. Kerajinan Fashion Khas Dayak & Melayu

Kota Pontianak terkenal dengan suku terbesarnya seperti Dayak dan Melayu, ada banyak pernak pernik buatan tangan-tangan kreatif masyarakatnya misalnya kerajinan perhiasan manik-manik khas suku dayak dan tanjak melayu.

Kerajinan perhiasan manik-maik dari Suku Dayak
Tanjak Melayu dan kria bermotif corak ingsang

3. Kain Tenun Kota Pontianak

Sedikit lebih berkelas, Kota Pontianak juga punya kain tenun dengan motif corak ingsang. Kain ini sangat diminati apalagi berhubungan dengan fashion, desain yang mewah dan dibuat khusus walaupun waktu pengerjaannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kain tenun
Baju telok belanga

Gimana, menarik bukan? Setiap daerah pasti punya umkm khas seperti diatas kamu sendiri pun bisa mempelajari cara membuatnya dan menjadikan usaha yang menjanjikan dari rumah masing-masing. Sekarang tinggal bagaimana cara mengatur bisnis kamu saja.

Nah, setiap membangun usaha UMKM pasti ada yang namanya modal usaha atau untuk terus meningkatkan kualitas produk, tidak jarang juga pelaku usaha mendapatkan modal dari pinjaman bank, fintech lending atau pinjaman online.

Tentang Tunaiku, Situs Pinjaman Onlien Pertama di Indonesia

Tunaiku adalah salah satu situs pinjaman online pertama di Indonesia dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tunaiku merupakan salah satu produk dari Amar Bank, salah satu institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang sudah beroperasi pada tahun 1991.

Selain di bawah naungan bank resmi, Tunaiku dan Amar Bank juga berdiri di bawah bendera perusahaan multinasional yaitu Tolaram Group. Karena berada di bawah naungan bank, KTA online di Tunaiku aman terpercaya dan kemudahannya.

Kelebihan aplikasi Tunaiku, terdapat pada beberapa perbedaan Tunaiku dengan situs fintech lainnya yang ada di Indonesia, ada pada dua hal yaitu keamanan dan fleksibilitas. Berikut ulasannya:

1. Keamanan

Berbeda dengan situs fintech biasanya, Tunaiku berdiri di bawah naungan institusi finansial berbentuk bank resmi di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK sehingga dari segi keamanan data nasabah tidak perlu diragukan lagi karena Tunaiku berusaha sebaik mungkin untuk melindungi data nasabahnya.

2. Fleksibilitas

Untuk fleksibilitas, Tunaiku juga cukup berbeda karena menyediakan fasilitas tenor yang sangat panjang yaitu maksimum 20 bulan dengan limit hingga 20 juta rupiah berbeda dengan situs fintech yang lebih banyak memberikan limit kecil dan tenor pendek.

Tunaiku menawarkan syarat dan pengajuan lebih mudah dibanding layanan KTA tradisional yang biasanya membutuhkan agunan serta banyak dokumen saat proses pengajuan KTA online maupun offline. Di Tunaiku hanya menyediakan layanan kredit pinjaman online tanpa jaminan dan tanpa kartu kredit, serta proses pengajuan KTA yang hanya bermodalkan KTP dan 10 menit waktu kamu untuk pengisian formulir. Praktis bukan?

Gimana, apakah kamu sudah memikirkan untuk membangun usaha UMKM dan merencanakan pinjaman di Tunaiku? Semoga artikel ini bermanfaat dan tetap menjaga kesehatan ya, jangan malas dan selalu sebarkan kegiatan positifmu yang mempunyai banyak inovasi! ^ ^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *