Webinar Safety Riding Bersama SMA Negeri 3 Kota Pontianak

Biasanya kegiatan Edukasi Safety Riding dilakukan di lapangan sekolah dan langsung dipraktekkan oleh peserta, tapi siapa sangka kegiatan ini pun tetap bisa dijalankan secara online dan tetap menyenangkan. Nah, pada hari Jumat lalu tepatnya 11 September 2020 Astra Motor Pontianak hadir melakukan edukasi safety riding dengan target peserta siswa dan siswi SMA N 3 Pontianak pada yang berjalan secara webinar melalui aplikasi google meet.

Btwe ya, di dalam kegiatan tersebut tim safety riding dari honda kalbar mendapat banyak pertanyaan unik dari siswa dan siswi SMA N 3 Pontianak, siswa yang aktif juga memberikan kesan tersendiri ketika melakukan webinar tersebut.

Admin Webinar Safety Riding

Astra Motor Pontianak melakukan edukasi safety riding melalui webinar terhadap siswa siswi SMA N 3 di Pontianak, tak ketinggalan Honda Kalbar selalu mencari cara agar edukasi keamanan berkendara selalu dapat dilakukan demi memberikan informasi dan pengetahuan mengenai berkendara dengan baik.

Mengutamakan kesehatan saat melakukan edukasi safety riding saat ini, Honda Kalbar tak hilang akal untuk bisa melakukan edukasi secara tepat sasaran terhadap sekolah sekolah yang berada di Kalimantan Barat. Dengan memberikan subsidi pulsa kepada peserta edukasi menjadi daya tarik sendiri agar siswa semakin bersemangat dalam memahami edukasi Safety Riding kali ini.

Dengan menggunakan aplikasi meeting online honda kalbar dapat melakukan edukasi dengan baik terhadap pesertanya, dengan memberikan hadiah pulsa terhadap siswa yang aktif dalam edukasi memberikan daya tarik sendiri pada siswa yang ikut edukasi untuk tetap aktif bertanya, menjawab dan memperatikan edukasi.

Keseruan Webinar Safety Riding SMA N 3 Pontianak

Selain melakukan edukasi safety riding secara daring Honda kalbar juga memberikan informasi menarik terkait AHMBS yaitu lomba karya tulis yang dapat di ikuti oleh SMA, SMK, MA, dan MAK yang berhadiahkan ratusan juta rupiah bagi mereka yang mendapat juara.

Febri Andrian yang merupakan Instruktur Safety Riding Kalimantan Barat mengungkapkan melakukan edukasi safety riding secara daring merupakan salah satu dari beberapa strategi Honda Kalbar untuk melakukakan edukasi keselamatan dalam berkendara agar tepat sasaran dan masih selalu berusaha mencari cara yang lebih baik dalam pengedukasian pada saat ini.

Pentingnya Safety Riding “Cari Aman Sejak Dini”

Mengetahui berbagai macam rambu lalu lintas bukanlah hal yang sepele, mengingat banyak berita yang menyapaikan kecelakaan dalam perjalanan adalah tidak tertibnya pengendara dalam mengetahui rambu lalu lintas. Wajar saja, kadang mereka tidak tau maksud dan artinya apa.

Dalam hal ini, manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam upaya peningkatan keselamatan berlalu lintas. Peningkatan kemampuan dan kesadaran dalam menghindari potensi kecelakaan merupakan upaya strategis yang dapat ditempuh untuk mencapai tingkat keselamatan yang lebih tinggi. Fokus terhadap kemampuan dan kesadaran manusia tentu saja bukan hal yang sederhana sebab rentang upaya untuk mencapai hal tersebutu sangat luas.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pendidikan sejak dini mengenai pentingnya keselamatan di jalan, yang merupakan cara untuk membentuk pola pikir dan karakter pada anak-anak dalam rangka membentuk persepsi dan paradigma masyarakat tentang keselamatan jalan.

Kita semua sebagai pengendara, harus lebih peduli lagi terhadap peraturan lalulintas dan ingat tidak lupa harus melindungi diri sendiri pada saat berkendara, bisa dengan menggunakan perlengkapan berkendara dan bisa juga dengan melakukan pengecekan kondisi kendaraan. Berikut sedikit tips untuk kamu dalam menerapkan Safety Riding dalam kehidupan sehari-hari:

  • Kelengkapan kendaraan pemotor standar.
  • Kaca spion wajib ada 2 buah, di kiri dan kanan.
  • Lampu depan, lampu re, riting kiri-kanan, klakson yang berfungsi.
  • STNK dan SIM selalu siap atau tidak expired.
  • Plat nomor depan belakang
  • Memakai perlengkapan safety riding yang relatif paling aman apabila tanpa disengaja terjebak dalam situasi terburuk.
  • Sarung tangan sebaiknya memiliki lapisan yang dapat menutupi kedua belah tangan dan bahan yang dapat menyerap
  • keringat serta tidak licin saat memegang grip atau handle motor disarankan yang ada pelindung kerasnya atau hard protector.
  • Jaket, sebaiknya mampu melindungi seluruh bagian tubuh baik dari terpaan angin maupun efek negatif kala terjadi benturan kecil maupun besar.
  • Helm, rider disarankan menggunakan helm full face sedangkan untuk penumpang diharapkan menggunakan minimal Open
  • Face sebaiknya mampu memberikan proteksi lebih kepada kepala. Poin ini yang selalu dilewatkan oleh tipikal bikers pengguna helm catok atau helm proyek atau sejenisnya.
  • Sepatu, haruslah mampu memberikan kenyamanan serta keamanan bagi seluruh lapisan kaki. Menggunakan sepatu yang tertutup hingga tumit atau boots.
  • Mematuhi perarturan lalu lintas, paham rambu-rambu lalu lintas.
  • Hindari berkendara agresif. Sabar dan sopan dalam berkendara.
  • Mengerti posisi sesama pengendara/pemakai jalan bahwa jalan raya digunakan untuk bersama.

Kegiatan edukasi secara terus menerus untuk semua lapisan masyarakat menjadi satu langkah nyata menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menciptakan jalan raya yang aman untuk semua.

Dengan kepedulian Honda ini, maka pemahaman safety riding menjadi ‘harga mati’ seperti tagline NKRI yang juga harga mati! untuk dimiliki semua pengguna jalan raya khususnya sepeda motor. Yuk, jadi pelopor keselamatan berlalulintas dan terus budayakan keselamatan sebagian dari kebutuhan.

Daan, jangan lupa pakai masker! Salam satu hati!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *