Kue Bulan di Festival Musim Gugur Masyarakat Tionghoa

Sebagai penduduk Indonesia yang tinggal berdampingan di lingkungan masyarakat Tionghoa yang ada di Indonesia, membuat saya tidak luput dari berbagai acara ataupun festival yang sering kali diselenggarakan oleh masyarakat Tionghoa. Satu diantaranya adalah Festival Kue Bulan yang jatuh setiap tanggal 15 bulan 8 penanggalan kalender imlek, nah di tahun 2020 ini tepat ditanggal 1 Oktober di penanggalan Nasional.

Kue Bulan atau Moon Cake kuliner makanan khas tradisional Masyarakat Tionghoa yang menjadi sajian wajib pada perayaan Festival Musim Gugur setiap tahunnya. Di Indonesia sendiri, kue bulan biasanya dikenal menurut namanya dalam Bahasa Hokkian yaitu gwee pia atau tiong chiu pia. Dalam bahasa Hakka / Khek, kue bulan disebut ngie̍t-piáng. Kue bulan tradisional pada dasarnya berbentuk bulat, yang melambangkan kebulatan dan keutuhan. Namun seiring dengan perkembangan zaman, bentuk-bentuk lainnya muncul menambah variasi dalam komersialisasi kue bulan.

Kue Bulan / Moon Cake (sumber: freepik.com)

Mengapa disebut Kue Bulan? Jadi, masyarakat Tionghoa percaya bahwa pada tanggal 15 bulan ke 8 Imlek, bulan akan berada pada posisi puncak dari bulan purnama, paling bulat (penuh) dan cahayanya paling terang, berdampingan dengan batas langit dan bersinar dengan warna yang kemerahan, yang melambangkan bersatunya pria (matahari) dengan wanita (bulan), seperti Yin dan Yang dalam tradisi China.

Perayaan kue bulan ini sudah sepantasnya dijaga dan dilestarikan, selain teradisi yang turn menurun festival kue bulan ini sebenarnya juga membawakan kemakmuran dan kebahagiaan bagi semua orang.

Beri Kue Bulan, Astra Motor Kalimantan Barat Ikut Memeriahkan Festival Kue Bulan 2020

Astra Motor Kalimantan Barat ikut serta memeriahkan perayaan Festival Kue Bulan yang jatuh pada tanggal 15 bulan 8 penanggalan kalender imlek atau 1 Oktober penanggalan Nasional dengan memberikan bingkisan kue bulan setiap pembelian sepeda motor Honda All Type periode 25 September sampai dengan 1 Oktober 2020.

Marketing Manager Astra Motor Pontianak, Bpk. Antofany Yusticia Ahmadi mengatakan bahwa, momentum festival kue bulan ini dimanfaatkan Astra Motor Kalbar guna mengapresiasi para konsumen sepeda motor Honda yang merayakan dan sekaligus turut memeriahkannya. 

Bingkisan ini dibagikan pada beberapa Dealer resmi Astra Motor di 10 titik yaitu di Astra Motor Ayani, Astra Motor Pattimura, Astra Motor Serdam, Astra Motor Singkawang, Astra Motor Puttusibau, Astra Motor Sambas, Astra Motor Sekadau, Astra Motor Sintang, Astra Motor Sanggau dan Astra Motor Ketapang.

Pelanggan yang membeli motor di dealer resmi Honda

Selain melakukan pembelian langsung ke dealer, konsumen juga bisa mendapatkan bingkisan setiap melakukan pembelian sepeda motor Honda melalui aplikasi MotorkuX. Dengan melihat foto sepeda motor, warna, spesifikasi maka ini tentu akan mempermudah konsumen dalam menentukan pilihan, termasuk diantaranya adalah harga sepeda motor Honda tersebut.

Manfaat yang kedua adalah konsumen bisa mendapatkan informasi dealer yang dapat memberikan fasilitas untuk mencoba test drive motor tersebut. Sehingga dengan janjian melalui aplikasi ini, maka konsumen mendapatkan kepastian tentang jadwal dan kepastian motor dan dealer tempat ia akan melakukan test ride. Ketiga konsumen akan mudah mendapatkan informasi produk tentang program promo lainnya.

Konsumen juga bisa melakukan booking service melalui aplikasi MotorkuX, dengan mengunduh Motorku X memudahkan konsumen motor Honda yang ingin melakukan servis kendaraan di dealer resmi Astra Motor atau AHASS. Kamu bisa melakukan booking online untuk mencari bengkel yang paling terdekat dengan wilayah tempat tinggal kamu.

Selain bisa melakukan servis di bengkel, lewat aplikasi ini, Astra Motor pun memberikan pelayanan kemudahan lainnya, yakni booking service online untuk perawatan motor di rumah. Di tengah adaptasi kebiasaan baru seperti saat ini, Astra Motor menyadari bahwa masyarakat kini mengurangi aktvitasnya di luar.

Gimana? Menarik bukan, semoga artikel ini bermanfaat ^^
Selamat Hari Kue Bulan! Salam Satu Hati!

Referensi:

  • Kue Bulan : https://id.wikipedia.org/wiki/Kue_bulan
  • Press Release Media Astra Motor Kalimantan Barat
Be social share!

2 thoughts on “Kue Bulan di Festival Musim Gugur Masyarakat Tionghoa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *