Merayakan Hari Jadi ke-20 Tahun Astra Motor Kalimantan Barat

Did you know, tepat pada tanggal 1 November 2020, Astra Motor Kalimantan Barat memasuki angka 20 Tahun jadi selama dua puluh tahun ini ini astra telah memulai langkah untuk mengabdi pada negeri tercinta ini Indonesia di Kalimantan Barat. Perjalanan terbilang yang panjang telah ditempuh hingga hari ini, Astra Motor Kalimantan Barat terus bertumbuh dan berusaha memberikan kontribusi terbaiknya untuk Indonesia melalui program serta layanan yang berkualitas sebagai upaya memenuhi kebutuhan pelanggan khususnya di Kalimantan Barat.

Nah, tepat pada hari minggu kemarin di tanggal 1 November 2020 Astra Motor Kalimantan Barat bersama jaringan Honda dan Paguyuban Honda West Borneo Community melakukan bakti sosial dengan membagikan sejumlah sembako kepada petugas kebersihan dan Pondok Pesantren yang berada di Kota Pontianak dalam merayakan hari jadi yang ke 20 Astra Motor Kalimantan Barat.

Petugas Lalu Lintas

Astra Motor Kalimantan Barat bersama jaringan Honda dan Paguyuban Honda West Borneo Community melakukan bakti sosial dengan membagikan Paket sembako ke petugas kebersihan yang berada di Kota Pontianak dibantu oleh Kepolisian Kota Pontianak dengan menyusuri jalan – jalan yang berada di Kota Pontianak.

Jika di Kalimantan Barat sudah 20 tahun, sebenarnya Astra Motor juga sudah ada di Indonesia selama 50 tahun loh. Sedikit sejarah dalam lima dekade hadir di tanah air, Astra Motor terus berkembang. Berikut kilas balik perjalanan lima dekade Astra Motor di Indonesia.

  1. Bermula dari dibentuknya Honda Division di tahun 1970 sebagai Sole Distributor dan mampu menjual 2.000 unit per tahun.
  2. Masuk ke era tahun 1980, meilihat adanya potensi pasar yang cukup besar di wilayah Semarang, maka mulai didirikan Main Dealer Cabang Semarang, setelah itu didirikan pula cabang Denpasar dan Palembang. Tidak berhenti sampai disana, Honda Division meilihat adanya peluang dari sisi after sales dan kesadaran akan pentingnya layanan aftersales dalam memberikan solusi total kepada konsumen. Sehingga lahirlah konsep dealer 3in1 dan JHC (Astra Motor Center Jakarta) sebagai pionir dealer 3in1 yang merupakan AHASS pertama Honda. Selanjutnya pada tahun 1989, FIF hadir untuk menangani pembiayaan kredit sepeda motor honda, sehingga Astra Motor berkesempatan untuk mengembangkan bisnis melalui penjualan kredit.
  3. Di tahun 1990, untuk lebih dikenal konsumen, mulailah dibentuk NDS Siliwangi dan Sales Office Kudus pada tahun 1996.
  4. Tahun 2000 menjadi tahun penting bagi Honda Sales Operation, Astra Motor berubah fungsi menjadi main dealer yang beroperasi hanya di daerah daerah tertentu. Dan Pada November tahun 2000, Astra Motor hadir di Kalimantan Barat dan membuka cabangnya sebagai Main Dealer dimana area penjualannya. 
  5. Masuk ke tahun 2010, sesuai dengan visinya untuk menjadi preffered Main Dealer and Retailer of Choice, Astra Motor fokus untuk memperkuat Role Main Dealer dan menjadikan Retailer Astra Motor sebagai pilihan utama stakeholdersnya. Pada dekade ke empat, untuk menjawab tantangan persaingan bisnis yang semakin ketat Astra Motor berinovasi dengan melakukan Digitalisasi bisnis.
  6. Memasuki dekade kelima, Astra Motor siap melayani pelanggannya tanpa batas waktu dan ruang, kapanpun dan dimanapun. Inovasi akan selalu dilakukan untuk menembus segala batasan sebagai upaya untuk melakukan yang terbaik.

Kembali kegaiatan yang ada di Kalimantan Barat, selain membagikan sembako ke petugas kebersihan Astra Motor Kalimantan Barat bersama jaringan Honda dan Paguyuban Honda West Borneo Community juga melakukan bakti sosial ke Pondok Pesantren Mu’tashim Billah dengan memberikan sembako untuk siswa yang berada disana.

Petugas Kebersihan di Kota Pontianak
Pondok Pesantren Mu’tashim Billah

Selamat 20 tahun Astra Motor Kalimantan Barat, salam satu hati!

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *