Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan

Kapan terakhir kali kamu menghirup udara segar? Bagi saya kalau sudah penat di perkotaan, pasti langsung kabur dan mencari spot udara segar baik itu di bukit, gunung ataupun dataran tinggi. Karena, memang bagi saya menghirup udara segar dan bersih bukan hanya menyegarkan pernapasan, tapi menghirup udara bersih ternyata juga untuk kesehatan fisik dan mental juga.

Udara di atmosfer pada dasarnya tidak juga bisa bersih tanpa polutan sama sekali. Beberapa jenis gas seperti sulfur dioksida (SO2), hidrogen sulfida (H2S), karbon monoksida (CO), dan gas-gas lainnya pasti terdapat di udara. Sebab, memang terdapat proses alam yang ‘mengotori’ atmosfer, misalnya letusan gunung berapi.

Hanya saja, kandungan gas beracun di dalam udara bersih tidak berlebihan, sehingga masih aman bila dihirup oleh manusia. Lain halnya jika terdapat pencemaran udara yang disebabkan oleh aktivitas manusia, seperti dari bahan bakar kendaraan bermotor. Akibat pembakaran bahan bakar tersebut, udara tidak lagi bisa dikatakan bersih karena kadar racun di dalamnya sudah melebihi ambang aman bagi kesehatan.

Manfaat Udara Bersih Bagi Kesehatan

Banyak negara saat ini kian giat melakukan kampanye udara bersih demi kesehatan. Bahkan, organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) sudah mencanangkan kampanye BreathLife untuk mewujudkan udara bersih di seluruh dunia pada 2030 mendatang.

Kampanye ini sejalan dengan berbagai hasil penelitian yang menyatakan bahwa manfaat udara bersih bagi kesehatan manusia sangatlah penting, antara lain sebagai berikut ini.

1. Melancarkan Sistem Pernapasan

Polusi udara dikenal sebagai biang kerok atas berbagai masalah kesehatan yang berhubungan dengan pernapasan. Dalam skala kecil, udara yang kotor dapat mengakibatkan sesak napas, batuk, penumpukan lendir di jalan napas, serta radang tenggorokan.

2. Mencegah Resiko Penyakit Kronis

Manfaat udara bersih lainnya ialah menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti kardiovaskular (sakit jantung dan stroke) hingga beberapa jenis kanker. Dengan menghirup udara segar, kamu juga akan jarang sakit-sakitan.

3. Menurunkan Tingkat Kematian

WHO menyebut tak kurang dari 7 juta orang meninggal dunia setiap tahunnya akibat menghirup udara yang sudah tercemar polusi. Namun, tingkat kematian ini bisa dicegah bila kamu memastikan udara yang dihirup bersih dan sehat, serta minim dari paparan gas beracun.

4. Meningkatkan Stamina dan Fokus

Ketika sudah terbiasa menghirup udara bersih, kamu akan merasakan tubuh lebih segar dan berenergi sehingga dapat beraktivitas dengan lebih prima. Tak hanya itu, udara yang bebas polusi juga akan membantu otak bekerja lebih optimal. Jadi, kamu bisa lebih fokus saat beraktivitas!

5. Memperbaiki Mood

Manfaat udara bersih juga akan terasa pada kesehatan mental, yakni membuat kamu merasa lebih bahagia dan tidak mudah stres. Jadi, jika kamu merasa sedang jenuh, cobalah berjalan di taman yang rindang dan jauh dari keramaian, kemudian tarik napas panjang agar tubuh kembali rileks.

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh dari Polusi Udara Kota

Manfaat udara bersih bisa didapat dengan langkah mudah dan sederhana, dimulai dari diri sendiri dan dilakukan pada lingkup kecil seperti keluarga. Beberapa hal yang disarankan oleh WHO dalam memastikan kualitas udara tetap baik untuk pernapasan manusia adalah:

  • Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan, bahkan zero emission seperti kendaraan listrik
  • Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi massal (dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan)
  • Mengurangi kegiatan membakar sampah di luar ruangan
  • Memperbanyak kegiatan daur ulang sampah, termasuk untuk tujuan ekonomi
  • Memperbanyak mobilitas yang tidak menghasilkan gas buang, seperti berjalan kaki atau bersepeda, berolahraga
  • Mengonsumsi multivitamin/suplemen makanan sehat
Olah Raga Secara Rutin
Olah Raga Secara Rutin

Selain di luar ruangan, kamu juga wajib memastikan kualitas udara di dalam ruangan tetap bersih dan bebas kotoran seperti debu hingga jamur. Pastikan sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik dan sebisa mungkin hindari merokok terutama di dalam ruangan, apalagi bila sistem ventilasi tidak memadai.

Jika sudah kadung terpapar polusi yang tak terhindari seperi asap rokok atau kendaraan di jalan, kita dapat mengonsumsi multivitamin untuk menjaga sistem imunitas atau daya tahan tubuh. Imunitas atau sistem daya tahan tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama di masa mewabahnya virus covid-19 seperti saat ini.

Suplemen Vipro-G dapat Menjaga Sistem Imunitas Daya Tahan Tubuh

Suplemen Vipro-G dapat membantu upaya tindakan preventif terhadap penyebaran COVID-19, dengan meningkatkan sistem imun dan daya tahan tubuh. Sehingga aktifitas pada adaptasi kebiasaan baru bisa terus berjalan dengan lancar, dengan tetap selalu mengutamakan dan menjalankan protokol-protokol kesehatan yang ada.

Tablet Vipro-G Effervescent
Suplemen Vipro-G dapat Menjaga Sistem Imunitas Daya Tahan Tubuh

Vipro-G merupakan produk dengan perpaduan terbaik dari 4 Formula Zat Aktif dari Kegunaan Vipro-G yang dapat memperkuat sistem imunitas dan daya tahan tubuh.

Epigallocatechin Gallate (EGCG), adalah antioksidan yang berasal dari teh hijau, yang sudah diteliti dan dipercaya sangat baik fungsinya sebagai imunomodulator (zat yang dapat memodulasi mempengaruhi sistem imun tubuh menjadi ke arah normal) yang memiliki efek samping Vipro-G antioksidan Epigallocatechin gallate sebagai antioksidan yang dapat mencegah kanker (100x lebih besar drpd Vit-C dan 25x lebih besar drpd Vit-E).

Vitamin C 1000 mg, merupakan antioksidan yang sangat baik yang berfungsi untuk menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh (imuno stimulator) dan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin C juga berguna untuk menurunkan risiko penyakit kronis

Zinc, merupakan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Zinc berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh, jika tubuh kekurangan zinc, sistem imun akan melemah. Saat dalam masa penyembuhan, zinc sangat direkomendasikan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, serta mencegah terjadinya infeksi dari virus serta bakteri. Beberapa penelitian menunjukan bahwa zinc, dapat menurunkan resiko penyakit seperti infeksi saluran pernapasan.

Taurine, merupakan asam amino. Taurine sering dikatakan sebagai “wonder molecule” atau molekul ajaib oleh beberapa pusat penelitian kesehatan, karena memiliki banyak manfaat tanpa memiliki efek samping. Taurine sudah diteliti memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan manusia, seperti menurunkan resiko terkena penyakit dan meningkatkan performa seseorang ketika berolahraga. Itulah sebabnya taurine sering juga ditambahkan ke dalam energy drinks atau minuman energi. Taurin dapat meningkatkan kapasitas tubuh untuk mengangkut oksigen sehingga meningkatkan aktivitas fisik tanpa merasa kelelahan.

Gimana, banyak juga ya Kegunaan Vipro-G dalam satu tablet. Jadi, dari uraian tersebut menunjukan bahwa, kombinasi unik Vipro-G selain memberikan perlindungan menyeluruh pada tubuh, tapi juga memiliki Khasiat Vipro-G untuk meningkatkan kinerja tubuh dan pastinya aman dikonsumsi setiap hari.

Beli Vipro-G dimana?

Ada banyak supermarket/apotik yang sudah menyediakan Vipro-G dalam kemasan Tablet Vipro-G Effervescent bisa kamu dapatkan di Alfamart, Modern Pharmacy Chain, dan minimarket lainnya dengan harga yang bersahabat yaitu Rp. 16.500,- per strip (sudah dapat dua tablet) karena disini sedang ada promo jadi harganya hanya Rp.14.800,-.

Cara Mendapatkan Tablet Vipro-G Effervescent
Cara Mendapatkan Tablet Vipro-G Effervescent

Walaupun sudah masuk pada era-new normal, kewaspadaan dan ketaatan pada protokol kesehatan masih penting dan harus terus ditingkatkan, termasuk upaya pencegahan dengan meningkatkan sistem perlindungan atau kekebalan tubuh kita sendiri berikut Khasiat Vipro-G dalam produk penjualannya.

Etapiii, apakah Vipro-G aman dikonsumsi dalam jangka panjang? dan adakah efek samping suplemen makanan ini? Tentu saja Vipro-G aman dikonsumsi setiap hari! Karena Vipro-G adalah multi vitamin yang terbuat dari bahan alami dan diproses dengan teknologi tinggi sehingga mutu dan kualitasnya terjamin. Jadi, tidak ada efek samping Vipro-G! 

Efek Samping Vipro-G
Kegunaan Vipro-G

Nah, untuk kalangan anak muda yang cukup produktif misalnya konten kreator, blogger dan lain-lain, lebih praktis beli kemasan strip Tablet Vipro-G Effervescent selain harganya murah juga mudah untuk dikonsumsi, tinggal dimasukkan ke dalam air dingin matang 150-200ml kemudian aduk hingga larut, oh iya Vipro-G bukan untuk dikonsumsi anak-anak ya.

Tabik,

Semoga bermanfaat 💋

Be social share!

27 thoughts on “Pentingnya Udara Bersih Bagi Kesehatan

  1. Alhamdulillah di tempat tinggal saya di Depok pinggiran (perbatasan Kabupaten Bogor), masih banyak pepohonan dan kebon kosong, jadi kalo pagi hari, udaranya sejuk banget, apalagi kalo malamnya abis hujan.

    Makanya belakangan ini saya rutin jalan pagi keliling lewatin Taman Herbal Insani, Depok. Mulai keluar rumah jam 05,30, beuuuh sejuk banget dah, berasa di Kampung.

  2. Setuju, Kak. Udara bersih sangat penting buat kesehatan apalagi selama pandemi begini. Aku jadi agak gondok pas depan rumah dibangun tembok yang menghalangi pandangan ke sawah dan akses udara segar. Sekarang jadi panas dan gerah aja pas siang dan malam. Belum lagi tetangga julid, bikin makin mood makin rusak deh, haha. Jadi pengin nyobain Vipro-G, Kak, tinggal ditunggu mencair di air ya. Sekarang emang kudu pintar jaga diri karena ancaman wabah di mana-mana. Aku jadi ingat punya stok teh hijau yang punya kandungan Epigallocatechin Gallate. Tapi tetap mupeng Vipro-G sih karena kaya vitamin C gitu, pas buat jaga imunitas.

  3. ah iya ya, udara bersih itu sangat penting bagi kesehatan…
    tapi yg namanya radikal bebas dan polusi nggak bosa kita hindari, makanya penting bgt buat minum vipro – g ya mbak

  4. Menghirup udara bersih sangat kita perlukan karena bagian dari kebutuhan hidup juga. Kalau udah banyaknya pencemaran udara, memang perlu juga dilengkapi dengan konsumsi suplemen tersebut agar saya tahan tubuh kita tetap terjaga

  5. Udara yang bersih dan segar sekarang ini amat susah didapatkan, terutama di daerah pemukiman padat atau yang ramai kendaraan. So harus terus jaga imunitas tubuh ya kak ….

    1. bagus banget.. akhir ink lagi kurang sehat, tetap jaga kesehatan terutam dimusim penghujan dan masa pandemkk seperti ink

  6. orang orang berlomba untuk mendapatkan udara bersih karena raikal bebas sudah merajalela dimana mana. Untung ada Vipro G yang ngebantu menyelesaikan masalah kesehatan dengan baik sih. aman terkendali banget

  7. Udara bersih dambaan masyarakat, termasuk saya yang selalu bahagia jika diajak ke daerah pegunungan oleh suami karena udaranya sejuk banget. Untuk yang hidup di perkotaan seperti memang butuh Vipro-G untuk menangkal radikal bebas nih

  8. Saya setiap hari selama jam kerja berada di lingkungan dengan udara bersih. Tetapi dalam perjalanan berangkat dan pulang kerja selalu bertemu asap kendaraan dan sebagainya. Jadi ya tetap butuh suplemen seperti Vipro-G ini untuk menjaga kesehatan.

  9. Aku memilih tinggal di Bandung coret salah satunya memang karena udara yang lebih bersih.
    tapi kalau lagi banyak kesibukan di kota, vipro G dibutuhin ya utk bantu boost imun dan tetap bugar

  10. Jarang menghirup udara segar aku, banyak hutanb=beton di sekitar sini. Sekalinya ke curug itu juag sudah tercemar limbah pabrik. Makanya pelru suplement untuk menangkal radikal bebas seperti vipro-G. Seger ya bentuknya everfessent

  11. Wah, enak nih kalau mudah didapat gini. Jadi mau dapat perlindungan dari suplemen penting untuk kesehatan dan vitalitas tubuh, tinggak ke toko sebelah rumah ” Bang, beli Vipro G” gituu

  12. paling enak kalo kita punya tempat tinggal yang masih asri dan penuh pepohonan rindang. bakal jadi vitamin booster daya tahan tubuh nih. tentunya selain lingkungan yang bersih, kita juga perlu asupan nutrisi yang tepat

  13. Aku nih kalau di dalam rumah di Jember, ventilasi dikit, jadi kadang bikin pernapasan agak terganggu. Atau ga gitu batuk melanda.
    Makanya aku sering buka buka jendela sama bersihin ruangan utk debu atau jamur menempel deh.
    Apa aku harus konsumsi Vipro G ini supaya sistem pernapasan aku tetap baik ya mbak.
    Jadi, nggak hanya berfungsi utk kesehatan pernapasan saat di dalam rumah aja, tapi di luar rumah juga

  14. Harganya terjangkau, namun manfaatnya besar banget nih Vipro G buat Daya tahan tubuh. Jadi tetap nggak ragu lagi kalau ke luar rumah selain pakai masker, juga konsumsi suplemen utk perlindungan tubuh kita.

  15. penting banget mbak udara bersih ini. makanya beberapa waktu lalu ketika ada ajakan camping, aku ikut aja.
    hampir tiap hari ketemu sama temen temen yang perokok juga
    sekarang udah ada suplemen buat kesehatan di saat musim hujan begini ya plus pandemi. kesehatan penting banget

  16. Wahh, ternyata banyak ya manfaatnya
    Dikasi tipsnya lagi, artikelnya sangat bermanfaat untuk menambah wawasan tentang pentingnya udara segar dan menjaga imun kesehatan tubuh

  17. Udara bersih itu penting terlebih lagi udaranya juga sejuk seperti di pengunungan misalnya, tapi saya tinggal di tangerang selatan bersyukur disini udaranya masih bisa dibilang cukup bersih dan juga sejuk dan juga tidak terlalu jauh dari danau, jadi kalau pagi-pagi hirup udara bersih, sejuk sambil jalan pagi dipinggir danau hehe..

Leave a Reply to Shand Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *