Wisata Danau Hoce di Kuala Dua

Sawah luas menghampar, danau dengan air ternang dan jernih, bak ingin segera menyeburkan diri di sebuah kolam besar di tengah ladang padi ini. Hemm, meskipun dulunya sebuah tempat yang gersang karena yang saya tahu ini lokasi untuk off road atau balapan motor trell.

Dulu saya pernah lewat tempat ini karena ada keluarga yang tinggal di Alas Kusuma, hanya saja tak pernah singgah. Dan ternyata disini ada sebuah danau yang cukup luas di tengah saya, yap namanya Danau Ho’Ce tepat di Kecamatan Rasau Jaya, Desa Kuala Dua, Kabupaten Kubu Raya.

Main Kano di Danau Hoce

Siapa sangka tempat ini menjadi rekomendasi warga sekitar Kubu Raya dan Pontianak untuk berlibur sejenak, lokasinya juga dekat dengan Bandara Internatinal Airport sekitar perjalanna 15 menit lah, kalau dari Kota Pontianak sekitar 30 menit. Sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti warung makan, gazebo, kano, dan sepeda air.

Dengan biaya sewa permainan:

  • Kano: Rp 5 ribu / 30 menit
  • Sepeda air: Rp 15 ribu / 30 menit
  • Jetski: Rp 30 ribu – Rp 50 ribu / 30 menit
  • Sampan mesin: Rp 20 ribu – Rp50 ribu / 30 menit
  • Gazebo: GRATIS.

Bagi yang ingin berenang disini cukup aman loh menurutku, soalnya danau dengan luas 200×100 meter ini memiliki air yang tenang, jernih (keruh kalau diobok-obok saja), dan tidak terlalu dalam (hanya 100 cm).

Gazebo
Danau Hoce
Senja di Danau Hoce

Waktu terbaik untuk mengunjungi danau Hoce adalah berkisar dari pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB petang karena pemandangan akan lebih indah di sore hari dengan pancaran cahaya matahari menghadap danau.

Danau Hoce
Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya
Buka setiap hari pukul 08.00 – 18.00 WIB
HTM: Rp.5.000,-/kendaraan

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *