Generasi #Cari_Aman, Tips Untuk Masuk ke Universitas Favorit

Pernah berpikir untuk kuliah lagi? yap itu yang saya rasakan, walaupun sudah beberapa tahun lalu lulus dari kampus sekolah tinggi tapi rasanya masih ingin belajar di kampus karena masih banyak ilmu pengetahuan yang asik untuk dipelajari. Yaa walaupun sekarang belajar bisa online dan banyak informasi dari internet tapi itu tidaklah cukup. Bicara soal kuliah, atau ingin masuk universitas mana lagi saya jadi ingat dengan kegiatan Astra Motor Kalimantan Barat yang mengadakan event workshop online bersama siswa/siswi SMA Negeri 2 Kota Pontianak mengenai tips untuk masuk ke universitas universitas yang diinginkan dan edukasi safety riding dengan tema “Be The Change Maker and Choose Your Colour” pada tanggal 9 Januari 2021 lalu.

Bersama menciptakan Generasi #Cari_Aman

Sosialisasi yang dilakukan masih sama seperti kegiatan sebelumnya di SMA Negeri 1 Kota Pontianak bernama Formagama Balek Kampong merupakan kegiatan yang memberikan padangan luas terhadap siswa/I SMA yang akan melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, selain memberikan informasi terkait universitas rekomendasi, Astra Motor Kalimantan Barat juga berperan dalam sosilalisasi ini dengan melakukan edukasi safety riding kepada siswa/I SMA N 2 Pontianak.

Tips Untuk Masuk ke Universitas Favorit

Sesuai dengan judul artikel ini, berikut beberapa tips untuk masuk ke Universitas Favorit untuk kamu:

  1. Pertama, Cari Informasi Secara Lengkap tentang beberapa universitas yang kamu pilih. Kamu dapat langsung melakukan googling di internet untuk mencari informasi mengenai jurusan dan universitas yang sesuai keinginan.
  2. Tujuan mengenyam pendidikan tersebut, jika kamu ingin menjadi seorang profesional, mungkin bisa memilih kampus politeknik yang lebih menerapkan praktek dibandingkan teori. Tentu pilihan kampus juga berbeda saat Kamu berniat menjadi seorang akademisi.
  3. Reputasi universitas yang dipilih, pastinya kamu tentu tidak ingin salah memilih perguruan tinggi yang ternyata tidak memiliki akreditasi, bukan? Pilih kampus yang memiliki reputasi dan akreditasi sehingga bisa mendukung pendidikan Kamu nantinya.
  4. Perhatikan lokasi kampus/universitas, lokasi memang salah satu unsur penting yang sering menjadi bahan pertimbangan memilih universitas yang pas. Pasalnya, lokasi akan mempengaruhi biaya hidup serta kenyamanan Kamu selama menjalani program belajar.
  5. Cek biaya kuliahnya, pasti kamu ingin sekali kuliah di kampus A namun terhalang biaya yang cukup besar atau biaya kuliah di kampus B lebih murah dibanding kampus C. Ya, biaya kuliah juga hal penting yang wajib dicermati. Apalagi jika Kamu musik kuliah melalui jalur reguler bukan beasiswa tertentu.
  6. Realistis, keinginan yang menggebu bisa melanjutkan pendidikan di universitas A bisa jadi cambuk penyemangat. Namun, Kamu harus tetap berpikir realistis. Pertimbangkan matang-matang sesuai dengan kemampuan diri sendiri baik sisi finansial dan akademik.

Nah, begitulah kira-kira tips untuk memilih universitas, eitss tidak hanya sampai disitu saja. Workshop daring menggunakan aplikasi zoom meeting ini juga menyampaikan edukasi safety riding saat musim hujan. Yap, dari edukasi ini saya bagikan sedikit informasi mengenai berkendara saat musim hujan dengan kendaraan motor:

  • Pastikan semua lampu/mesin kendaraan berfungsi dengan normal dan aman untuk dikenarai terutama saat hujan dan jarak yang cukup jauh.
  • Periksa tekanan angin dan alur ban kendaraan kamu
  • Pastikan sistem kontrol kendaraan kamu berfungsi dengan baik
  • Kurangi kecerapatan jika kamu berkendara saat hujan
  • Menjaga jarak kendaraan kamu dengan kendaraan lain saat hujan
  • Jangan memaksa menerobos genangan air dalam di jalanan
  • Rencanakan dengan baik rute yang kamu tempuh dalam perjalanan tersebut
  • Gunakan sepatu, helm dan jas hujan yang nyaman

Semoga bermanfaat, salam satu hati jangan lupa pakai masker ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *