Wisata Medis di Kuching Malaysia

Menilik sedikit tentang negara tetangga yang paling dekat dengan Indonesia yaitu Malaysia, ada beberapa hal yang membuat saya katakan kenapa Indonesia dan Malaysia itu dekat selain karena berbatasan langsung negara ini juga memiliki iklim, suku dan kebudayaan hingga sejarah yang sebenarnya hampir sama.

Malaysia terletak di bagian utara Indonesia yang terdiri dari dua pulau besar yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur, nah yang satu pulau dengan Indonesia di Pulau Kalimantan adalah Malaysia Timur (Sarawak Malaysia) termasuk Kuching hingga Sabah. Tak begitu jauh memang sehingga hal tersebut membuat Malaysia juga memiliki iklim tropis, flora dan fauna yang sama.

Wisata Sejarah

Indonesia dan Malaysia juga merupakan negara yang sama-sama bekas negara jajahan bangsa eropa dalam periode waktu yang cukup lama, bedanya Indoesia dijajah oleh Belanda dan Malaysia dijajah Inggris. Oh ya kedua negara ini juga pernah didatangi Jepang, tentunya Indonesia & Malaysia bisa mardeka dengan perjuangan yang heroik dan penuh pertumpahan darah, perayaan tahunan kemerdekaannya pun hampir sama di Indonesia setiap 17 Agustus sedangkan Malaysia 30 Agustus.

Tidak sampai disitu saja, di Malaysia khususnya di Sarawak juga menyimpan banyak sejarah menarik salah satunya Wisata Sejarah Raja Putih. Singkatnya merupakan sebuah dinasti pemerintahan sebuah keluarga kulit putih di Sarawak yaitu keluarga Brooke. Raja Putih juga dikenal sebagai Rajah Sarawak atau Rajah Putih.

Monument Charles Brooke

Gimana? Menarik untuk mempelajari sejarah di Malaysia? tenang saja jika kamu ingin jalan-jalan di Malaysia, karena Negara ini cukup ramah dan mudah diakses oleh orang Indonesia. Tidak perlu khawatir jika mencari makanan yang cocok dengan lidah orang Indonesia, bahasa yang mudah dimengerti hingga menemukan fasilitas kesehatan terpercaya dengan teknologi canggih juga ada di Malaysia.

Bicara soal traveling dan kesehatan Traveling dan Kesehatan ada gak sih hubungannya? Jelas ada dong, pasti kalau kamu traveling hal yang paling utama adalah kesehatan bukan, tidak hanya traveling kegiatan apapun akan terasa lebih menyenangkan kekita tubuh sehat dan bugar.

Jalan-jalan sambil berwisata medis di Malaysia

Tidak sedikit masyarakat Indonesia melakukan pemeriksaan kesehatan hingga berobat ke Malaysia, selain karena lokasinya cukup dekat fasilitas kesehatan yang ditawarkan pun berkualitas karena menggunakan teknologi medis terbaru dan petugas kesehatan yang berpengalaman.

Malaysia Healthcare Travel Council

Jalan-jalan sambil berwisata medis di Malaysia tentu saja bisa dilakukan, saat ini wisata medis menjadi salah satu pilihan untuk liburan sekaligus memperoleh informasi mengenai kesehatan bahkan pengobatan. Hadirnya Malaysia Healthcare Travel Council tentunya dapat membantu kamu untuk melakukan wisaata medis dengan yang akses mudah dan menjadikan liburan kamu ke Malaysia lebih dari sekedar berwisata.

Malaysia Healthcare Travel Council (sumber: malaysiahealthcare.org)

Medical Tourism Malaysia yang mempunyai tagline “Quality Care for Your Peace of Mind” adalah sebuah organisasi yang didirikan  oleh Kementerian Kesehatan Malaysia yang bertugas  sebagai perwakilan dari 69 rumah sakit swasta di Malaysia, serta sebagai pusat informasi dan fasilitator bagi pasien. Hal ini menjadikan Negara Malaysia menjadi negara tujuan untuk melakukan pelayanan kesehatan dari berbagai negara termasuk Indonesia. Malaysia Healthcare Travel Council atau MHTC ini juga telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder seperti pemerintahan, perusahaan penerbangan, agen perjalanan, tempat wisata, hotel dan masih banyak lagi.

Alur Pelayanan Malaysia Healthcare (sumber: mhtc.org.my)

Layanan Malaysia Healthcare

  • Memberikan rekomendasi rumah sakit terbaik di Malaysia.
  • Didukung oleh tenaga medis berpengalaman dan profesional.
  • Membuat jadwal kunjungan dokter di rumah sakit pilihan.
  • Memberikan estimasi biaya sesuai kebutuhan untuk biaya perawatan & pengobatan rumah sakit di Malaysia.
  • Memiliki layanan Malaysia Healthcare Meet and Greet Services (MGS) untuk mempermudah mendapatkan informasi.

Ada banyak pilihan rumah sakit di Malaysia termasuk Kuching Sarawak hingga Kuala Lumpur, mulai dari rumah sakit biasa (ordinary) hingga rumah sakit mewah (elite) sesuai kebutuhan. Beberapa rumah sakit yang bisa menjadi rekomendasi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan berkualitas di Sarawak Malaysia diantaranya adalah Borneo Medical Centre, Normah Medical Specialist Centre dan rumah sakit rujukan di Kuala Lumpur seperti Gleneagles Kuala Lumpur, Sunway Medical Centre, Pantai Hospital Kuala Lumpur, Institut Jantung Negara, Prince Court Medical Centre hingga Beacon Hospital dan masih banyak lagi.

Saat ini Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC) memiliki kantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia dan memiliki perwakilan di beberapa negara seperti Indonesia, China, Myanmar dan Vietnam.

Enam Alasan Memilih Malaysia Healthcare

  1. Kualitas Kelas Dunia
  2. Akses yang Mudah
  3. Harga Kompetitif & Terjangkau
  4. Kemudahan dalam Komunikasi
  5. Mempunyai Label Halal Global
  6. Bisa sambil Traveling

Gimana menarik untuk melakukan wisata medis di Malaysia Healthcare Travel Council setelah pandemi ini berakhir? Tidak harus menunggu sakit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, kamu dapat melakukan treatmen, konsultasi, cek kesehatan, atau melakukan pelayanan kesehatan lainnya, tentunya sambil liburan yang bikin bahagia. Untuk informasi terupdate tentang Malaysia Healthcare Travel Council kamu dapat intip sosial media versi Indonesia di instagram @medtourismmy.id dan website resminya di medicaltourismmalaysia.id ya!

Semoga bermanfaat, salam sehat ^^

Referensi:

  • Sejarah Malaysia: https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Malaysia
  • Malaysia Healthcare Travel Council: https://www.mhtc.org.my/
Be social share!

15 thoughts on “Wisata Medis di Kuching Malaysia

  1. Keren ya Malaysia Healthcare Travel Council, pilihan rumah sakit nya juga punya kelompok ada yang elite dan ordinary. Jadi bisa milih sesuai kebutuhan ya Kak 🙂

  2. Jadi inget cerita teman-teman saya di Medan dulu. Karena lebih dekat dengan Malaysia, mereka lebih memilih berobat di sana karena kata mereka jauh lebih murah dengan kualitas layanan yang bagus. Plus tentu saja bisa sekalian jalan-jalan.

  3. Nah, aku pernah diskusi potensi Medical Travel ini di Malaysia. Dan ini membantu banget bagi wisatawan yang emang tujuan utama ke Malaysia untuk berobat. Sekarang udah gampang milih rumah sakit dan susun itinerarynya. Tinggal serahkan ke Malaysia Healthcare aja..

  4. Semoga saya bisa segera jalan-jalan ke malaysia, Mbak. Karena selain dekat, soal makanan dan bahasa tidak masalah ya, karena pasti seleranya agak sama. Dan saya suka sekali wisata sejarah. Wih.. itu peninggalan penjajah terawat dengan baik ya, Mbak. Jadi nilai eksotisnya lebih terasa.

  5. Wuidihhh Malaysian Healthcare ini sudah memiliki pelayanan kelas dunia ya kak. Nggak perlu diragukan lagi deh. Eh aku belum pernah ke Malaysia nih, mupeng euy pingin ke sana.

  6. Konsepnya menarik banget. Berwisata tapi juga bisa punya insight baru soal pelayanan kesehatan di Malaysia. Malaysia Healthcare bisa jadi pilihan ya karena 6 alasan itu, tapi kalau buat aku yg paling bisa jadi pertimbangan sih soal kemudahan komunikasi ya hehe dibanding ke negara lain.

  7. Sayang sekali aku belum mengeksplore Malaysia lebih banyak karena hanya di sekitar Kuala Lumpur aja. Semoga pandemi segera berakhir jadi bisa ke sana lagi.
    Malaysia memang dikenal sebagai tempat berobat ya buat orang Indonesia.

  8. wah seru banget nih kalo bisa berwisata medis di malaysia. Malaysia emang udah terkenal sekali dengan keunggulan medisnya yaaa.. Banyak banget kan org indonesia yang kesana untuk berobat, ternyata bisa sekalian berwisata juga yaaa.. keren!

  9. Waah menarik banget nih ada wisata medis.
    Kalau nanti jalan-jalan ke Malay lagi mau ah mampir buat lihat seperti apa wisata medis ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *