Manfaatkan Dengan Bijak Dana Darurat dari Kredit Tanpa Agunan

Pernah mendengar istilah “sedia payung sebelum hujan” bisa dikatakan peribahasa tersebut bisa menjadi cerminan dari fungsi dana darurat. Dana darurat ini ibarat sebuah payung yang akan melindungi kita dari air hujan yang turun membasahi bumi. Dana darurat biasanya digunakan ketika dalam situasi genting misalnya sakit, bencana alam, pendidikan dan lain sebagainya. Tapi tidak banyak orang yang tiba-tiba memerlukan dana darurat ini, biasanya sebagian besar orang yang membutuhkan dana ini melakukan beberapa cara diantaranya gadai/jual harta benda atau melakukan pinjaman KTA (salah satu cara pinjaman tanpa adanya suatu aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut).

Kredit Tanpa Agunan atau KTA merupakan produk finansial berbentuk pinjaman, di mana kamu sebagai debitur tidak perlu menyertakan jaminan untuk mendapatkan dana tunai sesuai kebutuhan.

Terdapat dua jenis kredit tanpa agunan yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia, yaitu KTA Reguler, khusus nasabah dan non nasabah bank, serta KTA Payroll khusus karyawan perusahaan.

Seperti namanya, pinjaman ini memperbolehkan kamu untuk meminjam dalam jumlah tertentu tanpa harus menyerahkan aset sebagai jaminannya. KTA bisa dicap menguntungkan, karena tanpa jaminan apapun, pinjaman dapat dicairkan untuk memenuhi kegiatan bisnis maupun usaha atau kebutuhan mendadak lainnya. Nah, saat ini terdapat KTA online, salah satunya CekAja yaitu platform yang menyedikan kredit tanpa agunan.

Adapun dokumen penunjang yang harus dimiliki untuk pendaftaran kredit tanpa agunan, adalah sebagai berikut:

  • Fotokopi KTP, kartu keluarga, dan surat nikah (jika sudah berkeluarga)
  • Fotokopi NPWP pribadi/SPT PPh 21
  • Cetak rekening tabungan selama 3 bulan terakhir
  • Surat keterangan kerja dan slip gaji asli
  • Tagihan kartu kredit terakhir (jika memiliki)
  • Salinan SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan (untuk perusahaan/wiraswasta)
  • Salinan izin praktik profesional
  • Salinan laporan keuangan (perusahaan/wiraswasta)
  • Materai

Berbagai Manfaat Kredit Tanpa Agunan di CekAja

Berbagai kebutuhan mendesak yang membutuhkan dana tunai bisa ditutupi dengan kredit tanpa agunan. Berikut beberapa manfaat KTA (Kredit Tanpa Agunan) di CekAja:

1. Prosedur Pengajuan Praktis

Kredit tanpa agunan menawarkan persyaratan yang gampang dibandingkan produk pinjaman lainnya.

2. Tidak Perlu Menyertakan Agunan

Nikmati kemudahan mendapatkan dana tunai tanpa harus menyertakan jaminan.

3. Pencairan Dana Relatif Cepat

Tak perlu menunggu waktu lama, Anda bisa mendapatkan uang tunai dalam waktu satu minggu saja.

4. Proses Online, Cicilan Ringan dan Bunga Kompetitif

Terakhir adalah proses yang dilakukan tentunya secara online, jadi bisa dimana saja dan kapan saja. Juga memiliki cicilan yang cukup ringan serta bunga yang wajar/kompetitif.

KTA di CekAja bisa dikatakan aman karena sudah dijamin langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perlu diingat, apabila dokumen yang diserahkan sesuai dengan syarat, maka pinjaman cepat tanpa agunan dapat menjadi solusi ketika kamu butuh dana darurat dan dapat langsung cair dalam waktu satu atau dua hari kerja.

Namun, sebaiknya kamu jangan memaksakan diri untuk mengambil cicilan yang terlalu banyak, jangan memaksakan kehendak dan mengedepankan keinginan jika kamu tidak terlalu membutuhkan barang tersebut. Mesikipun kamu sangat menginginkan liburan, alat elektronik baru. Ketika kamu sedang memiliki proses mencicil, sebaiknya kamu menghindari cicilan baru meskipun situs online memungkinkan akan hal tersebut.

Saya sarankan cobalah fokus dahulu untuk menyelesaikan cicilan yang diawal, agar keuangan kamu tidak terbebani dengan banyaknya tagihan cicilan-cicilan disetiap bulannya. Karena hal tersebut dapat menghindarkan kamu dari permasalahan kredit yang mencekik di kemudian hari dan bisa menyimpan dana darurat.

Dana darurat sangat penting agar kamu lebih tenang menghadapi kemungkinan terburuk dan masa-masa sulit keuangan, apalagi saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Caranya dengan menyisihkan minimal 10% dari pendapatan untuk dana darurat. Saldo dana darurat idealnya setara dengan 4-6 kali pengeluaran rutin tentunya.

Tempatkan dana darurat di rekening terpisah, oh ya jangan dipakai atau diambil untuk kebutuhan lain jika tidak ada kebutuhan penting dan mendesak. Ketika kamu sudah mempersiapkan dana darurat yang memadai, keuanganmu dijamin selamat. Itulah guna dan manfaat dana darurat yang sudah kamu persiapkan!

Intip informasi selengkapnya di https://www.cekaja.com/kredit-tanpa-agunan, semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *