Membangun Usaha Kecil Khas Daerah dari Kota Pontianak

Kali ini aku ingin berbagi sedikit informasi menarik pada bidang ekonomi kreatif khususnya dari kota kelahiran saya yaitu Kota Pontianak, kota kecil paling barat Pulau Kalimantan ini ternyata menyimpan banyak keanekaragaman produk UMKM, baik itu kuliner, fashion, argobisnis, karya kerajinan tangan dan lain-lain. Berkat kekayaan alam, budaya, suku dan antusias warganya yang juga kreatif, apalagi pada masa pandemi seperti saat ini mereka memanfaatkan fasilitas pinjaman online untuk membangun usaha kecil mereka.

Merekalah yang terus semangat menyeimbangkan perekonomian, karya-karya mereka dapat dikerjakan di rumah, kemdian dijual melalui media onlie bahkan sampai dikirim ke berbagai daerah di Indonesia bahkan ke mancanegara. Penasaran apa saja produk usaha kecil yang mendunia dari Kota Pontianak? Berikut ulasannya:

1. Kuliner Amplang & Stik Keladi

Kuliner Amplang & Stik Keladi

Pertama adalah di bidang kuliner, percaya tidak percaya Kota Pontianak cukup terkenal dengan kekayaan kuliner yang khas, baik kuliner basah maupun kering. Satu diantara yang paling terkenal adalah amplang dan stik keladi, cemilan ringan buatan rumahan ini cukup banyak diminati, kemasan yang mudah dibawa untuk oleh-oleh. Kamu pun bisa memesan kuliner satu ini via online.

2. Kerajinan Fashion Khas Dayak & Melayu

Kota Pontianak terkenal dengan suku terbesarnya seperti Dayak dan Melayu, ada banyak pernak pernik buatan tangan-tangan kreatif masyarakatnya misalnya kerajinan perhiasan manik-manik khas suku dayak dan tanjak melayu.

Kerajinan perhiasan manik-maik dari Suku Dayak
Tanjak Melayu dan kria bermotif corak ingsang

3. Kain Tenun Kota Pontianak

Sedikit lebih berkelas, Kota Pontianak juga punya kain tenun dengan motif corak ingsang. Kain ini sangat diminati apalagi berhubungan dengan fashion, desain yang mewah dan dibuat khusus walaupun waktu pengerjaannya memang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kain tenun
Baju telok belanga

Gimana, menarik bukan? Setiap daerah pasti punya umkm khas seperti diatas kamu sendiri pun bisa mempelajari cara membuatnya dan menjadikan usaha yang menjanjikan dari rumah masing-masing. Sekarang tinggal bagaimana cara mengatur bisnis kamu saja.

Nah, setiap membangun usaha UMKM pasti ada yang namanya modal usaha atau untuk terus meningkatkan kualitas produk, tidak jarang juga pelaku usaha mendapatkan modal dari pinjaman bank, fintech lending atau pinjaman online.

Pinjaman Online CekAja

Tips Memilih Pinjaman Online Terbaik dan Terpercaya

Memilih platform pinjaman online tidak boleh sembarangan, harus sesuai dengan standar-standar yang jelas dan masuk akal. Berikut beberapa tips memilih pinjaman online terbaik dan terpercaya:

1. Terdaftar OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

Tanda dari pinjaman online terbaik dan terpercaya adalah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Bisa dibilang, hal ini merupakan bukti legalitas dari perusahaan pinjaman berbasis online, yang dapat membuat kamu selaku nasabah merasa aman dan nyaman, ketika ingin mengajukan pinjaman.

Untuk bisa mengetahui perusahaan pinjaman online apa saja yang sudah terdaftar secara resmi di OJK, kamu bisa langsung mengeceknya di situs resmi www.ojk.go.id. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi website resmi pinjaman online itu sendiri kemudian perhatikan logo OJK yang umumnya ditampilkan di bagian bawah website.

2. Persyaratan yang Masuk Akal

Pinjaman online terbaik dan terpercaya, biasanya juga diketahui dari persyaratan yang diberikannya masuk akal. Seperti melampirkan KTP, NPWP, bukti transaksi bank tiga bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya, bahkan SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) yang wajib disertakan bagi para pengusaha.

Apabila pinjaman online yang kamu ajukan memberikan persyaratan yang sangat mudah, bahkan tidak masuk akal seperti hanya meminta KTP dan rekening tabungan, maka kamu patut curiga dan waspada jika itu adalah pinjaman online ilegal.

3. Transparan Terhadap Segala Biaya dan Bunga

Sebagai pinjaman online terbaik dan terpercaya, sudah sepatutnya perusahaan transparan terhadap segala biaya dan bunga kepada nasabah, maupun hal lainnya seperti proses pengajuan dan waktu pencairan.

Pihak pinjaman pun, akan menerangkan dengan jelas kepada kamu selaku nasabah terkait besaran bunga, biaya denda keterlambatan, biaya administrasi dan biaya lainnya. Dengan begitu, kamu jadi tahu bunga pasti dan tagihan yang harus dibayarkan setiap bulannya, tanggal jatuh tempo pembayaran dan lain sebagainya.

4. Memiliki Situs Resmi

Ciri-ciri dari pinjaman online terbaik dan terpercaya lainnya yang perlu kamu ketahui, yaitu memiliki situs resmi. Pasalnya, sebagai layanan berbasis online, sudah seharusnya sebuah perusahaan pinjaman memiliki situs resmi yang bisa diakses secara terbuka oleh para calon nasabah.

Karena dengan memiliki situs resmi, kamu dan nasabah lainnya bisa mengetahui dan mendapat banyak informasi seputar produk, kontak yang bisa dihubungi, alamat perusahaan pinjaman online dan lain sebagainya.

5. Memiliki Kontak yang Jelas

Dengan memiliki kontak yang jelas dan dapat dihubungi, maka nasabah bisa memastikan kalau perusahaan yang dihubungi tersebut adalah perusahaan pinjaman online terbaik dan terpercaya.

Usahakan kontak yang diberikan tidak hanya sekadar nomor customer service 24 jam saja, tetapi juga berikan nomor kantor pusat, alamat e-mail, media sosial dan lain sebagainya.

Nah kalau kamu mengalami masalah finansial, seperti kekurangan modal usaha, biaya pengobatan, maupun biaya masuk sekolah, pinjaman online bisa menjadi salah satu solusi keuangan terbaik.  Melalui CekAja.com, kamu dapat mengajukan Pinjaman Online dari berbagai partner lembaga keuangan terbaik di Indonesia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hingga modal usaha kecil, menengah, sampai skala besar cek informasi selengkapnya di https://www.cekaja.com/pinjaman-online.

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *