5 Rekomendasi PTS Terbaik di Indonesia

Butuh rekomendasi PTS terbaik? Masuk ke Perguruan Tinggi Swasta menjadi pilihan bagi sebagian besar pelajar. Biasanya peluang diterima di universitas swasta jauh lebih besar dan jalur seleksi yang diberikan tidak seketat universitas negeri. Karena itu, kamu tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat di perguruan tinggi.

Bagi kamu yang baru lulus SMA dan ingin melanjutkan ke bangku kuliah, tentu tidak ingin sembarangan memilih kampus. Hal ini karena pendidikan di perguruan tinggi nantinya akan menjadi bekal untuk melanjutkan hidup di masa yang akan datang. Nah, berikut ini adalah beberapa rekomendasi universitas swasta terbaik yang bisa kamu pilih:

1. Universitas Ahmad Dahlan

Ingin kuliah di Yogyakarta? Jika iya, mungkin Universitas Ahmad Dahlan bisa kamu pertimbangkan. Universitas Ahmad Dahlan adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Kampus yang sudah berdiri sejak 18 November 1960 ini berfokus pada pengembangan keahlian dalam bidang teknologi dan sosial humaniora.

Secara institusi kampus, Universitas Ahmad Dahlan telah memperoleh akreditasi Institusi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi tahun 2017. Sebagai salah satu kampus swasta terbaik, Universitas Ahmad Dahlan senantiasa meningkatkan berbagai pelayanan agar menjadi tempat belajar yang nyaman bagi mahasiswa.

Universitas Ahmad Dahlan memberikan kualitas layanan pendidikan yang didukung oleh kultur atau budaya kota pendidikan Yogyakarta yang kondusif. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar para mahasiswanya. Kampus ini berada di tengah kota Yogyakarta, sehingga memberi kemudahan akses bagi mahasiswa.

2. Telkom University

Telkom University alias Universitas Telkom adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia yang cukup populer. Kampus ini sangat cocok untuk kamu yang mencari universitas swasta terbaik khususnya di daerah Bandung. Telkom University berkomitmen untuk memberikan kualitas layanan pendidikan terbaik pada anak bangsa.

Selain memiliki sarana dan prasarana yang sangat lengkap, Telkom University juga menghadirkan lingkungan kampus yang hijau untuk mendukung kegiatan belajar mengajar menjadi lebih nyaman. Sebagai kampus swasta terbaik, tentu Telkom University sudah mendapatkan akreditasi yang sangat baik.

Universitas Telkom Bandung telah memperoleh akreditasi dengan peringkat “A” berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Sejalan dengan ini, Kemendikbud d/h Kemenristekdikti menobatkan Telkom University sebagai Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia.

3. Universitas Dian Nuswantoro

Banyak universitas swasta terbaik yang bisa kamu temukan di Semarang, salah satunya adalah Universitas Dian Nuswantoro. Kampus ini sangat strategis karena berada di tengah kota, sehingga mudah untuk dijangkau dengan transportasi umum. Jika kamu ingin kuliah di Semarang, mungkin Universitas Dian Nuswantoro layak kamu pertimbangkan.

Universitas Dian Nuswantoro merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terakreditasi institusi A yang berada di Semarang. Kampus ini memiliki beberapa fakultas yakni Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kesehatan, dan Fakultas Teknik.

4. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana adalah sebuah universitas swasta di Jakarta yang didirikan pada 22 Oktober 1985. Berbicara soal kualitas pendidikan, Universitas Mercu Buana memiliki banyak fakultas dan program studi yang sudah memiliki akreditasi A. Tentu sudah tidak diragukan lagi mutu kampus ini sebagai perguruan tinggi swasta.

Sebagai universitas swasta, Universitas Mercu Buana menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Proses pembelajaran pun semakin efektif dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Universitas Mercu Buana.

5. Universitas Gunadarma

Rekomendasi PTS selanjutnya adalah Universitas Gunadarma. Bagi sebagian orang pasti sudah tidak asing lagi dengan kampus yang satu ini. Universitas Gunadarma merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia. Kampus yang sudah berdiri sejak 7 Agustus 1981 ini hadir dengan berbagai keunggulan.

Dalam menunjang proses pembelajaran mahasiswa, Universitas Gunadarma menyediakan berbagai fasilitas yang sangat memadai. Fasilitas ini meliputi ruang kuliah, BPM, ruang rapat, koperasi, perpustakaan, laboratorium, Pusgiwa (Pusat Kegiatan Mahasiswa), mushola dan masjid, lapangan olahraga, dan masih banyak lagi lainnya.

Universitas Gunadarma telah mendapatkan akreditasi peringkat “A” berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Selain kampus yang sudah terakreditasi, hampir semua program studi di Universitas Gunadarma juga telah mendapatkan rata-rata akreditasi A dan B.

Di tahun 2021 ini, Universitas Gunadarma berhasil mendapatkan peringkat ke-4 sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatan Webometrics Ranking of World Universities. Beberapa keunggulan ini membuktikan bahwa Universitas Gunadarma layak menjadi rekomendasi PTS terbaik untuk calon mahasiswa baru.

Nah, itulah 5 rekomendasi PTS terbaik yang bisa kamu pertimbangkan. Memilih kampus untuk melanjutkan pendidikan tinggi memang bukan hal mudah tetapi bukan berarti sulit. Kamu bisa memilih universitas swasta yang sudah terbukti kualitasnya. Selain itu, kamu juga dapat menggali informasi seputar kampus yang kamu inginkan. 

Semoga bermanfaat ^^

Be social share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *