Budidaya Tanaman Lidah Buaya di Rumah

Halo sahabat hijau, sudah kenal belum dengan salah satu tanaman komoditas unggulan yang berasal dari Kota Pontianak satu ini? Yap, namanya Lidah buaya, bukan lidahnya buaya darat yaa, hehe.

Lidah Buaya (Aloe Vera)

Tanamaan tak berbatang ini mempunyai nama ilmiah Aloe vera merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat dan tumbuh sangat subur di daerah tropis dan tanah gambut seperti di Pontianak, Kalimantan Barat.

Lidah buaya (Aloe vera) adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun yang tersebar di kawasan dengan iklim tropis, semi-tropis dan kering. Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias.

Ada beragam manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak heran jika aloe vera ini sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer yaitu membuat rambut sehat berkilau dan melembapkan kulit. Buktinya, banyak produk kecantikan yang menjadikan lidah buaya ini sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering.

Manfaat Tanaman Lidah Buaya bagi Kesehatan (referensi: alodokter.com)

Biasanya untuk memperoleh berbagai khasiat dari tanaman Lidah Buaya dapat diaplikasikan dengan cara memotong langsung lalu dioleskan ke bagian tubuh, atau diolah menjadi berbagai produk seperti minuman atau produk skincare.

Selain itu tanaman lidah buaya ini juga dapat diolah menjadi produk UMKM seperti kopi, cokelat, kerupuk dan lain-lain. Bahkan produk-produk ini menjadi buah tangan alias oleh-oleh khas Kota Pontianak. Pernah mencoba salah satunya?

Olahan produk lainnya dari Lidah Buaya (refrensi: kumparan.com)

Menariknya tanaman ini ternyata juga mudah dirawat loh.

Menanam Lidah Buaya dan Merawatnya di Rumah

Lidah buaya termasuk tanaman yang succulent (tebal dan berair) mirip seperti kaktus. Tanaman ini mampu menyimpan air dan bisa hidup di daerah atau kondisi tanah yang kering. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika lupa menyiramnya sehari atau dua hari karena tanaman ini tetap dapat hidup.

Menanam Lidah Buaya dan Merawatnya di Rumah

Nah, berikut adalah cara menanam & merawat tanaman lidah buaya yang bisa kamu lakukan di rumah:

1. Siapkan Pot dan Media Tanam yang Sesuai

Sebelum menanam pastikan kamu menyiapkan pot terlebih dahulu. Pastikan pot tersebut memiliki banyak lubang drainase. Isi pot dengan tanah campuran yang biasa digunakan untuk menanam kaktus. Kamu juga bisa menggunakan tanah biasa yang dicampur dengan pasir sebagai media tanam lidah buaya.

2. Tanam Bibit Lidah Buaya

Siapkan bibit lidah buaya yang ingin kamu tanam. Gali sedikit media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya, lalu masukkan bibit lidah buaya. Sebaiknya kamu jangan gali terlalu dalam karena lidah buaya memiliki akar yang relatif pendek dan menyebar di sekitar area yang mendekati permukaan tanah.

3. Siram Lidah Buaya Sekali Saja Setiap 2-3 Minggu

Satu diantara faktor penting yang perlu kamu perhatikan dalam menanam lidah buaya adalah menyiramnya dengan benar. Siram tanaman lidah buaya sekali saja setiap 2-3 minggu. Pastikan media tanam lidah buaya benar-benar kering sebelum disiram air lagi. Ketika menyiram tanaman ini, pastikan tanah sepenuhnya basah dan air bisa mengalir bebas dari tanah. Jika terjadi penumpukan atau terlalu banyak air, daun lidah buaya dapat menguning dan mati.

4. Pastikan Lidah Buaya Mendapatkan Cukup Sinar Matahari

Sinar matahari memiliki peran penting dalam kesehatan tanaman lidah buaya. Oleh karena itu, pastikan lidah buaya mendapatkan cukup sinar matahari. Kamu bisa membiarkan tanaman ini terpapar sinar matahari secara langsung sekitar 6-8 jam.

5. Berikan Pupuk Setahun Sekali Saja

Lidah buaya umumnya tidak membutuhkan pupuk untuk bertahan hidup. Meski demikian, pupuk tetap bisa memberikan manfaat jika diberikan dalam porsi yang tepat. Berikan tanaman ini pupuk sekali saja dalam setahun. Kamu dapat menggunakan pupuk organik yang banyak dijual di toko tanaman terdekat atau toko online. Jangan memupuk lidah buaya secara berlebihan untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. 

Nah, itulah cara menanam lidah buaya yang bisa kamu praktikkan di rumah. Dengan menanam sendiri di rumah kamu bisa langsung mencoba berbagai olahan dari tanaman lidah buaya ini, siapa tau bisa menjadi peluang bisnis yang besar untuk kamu.

Bicara soal bisnis, kamu bisa dapatkan informasi menarik di aplikasi Agree atau website agreeculture.id seputar pengendalian penyakit, hama dan budidaya tanaman loh. Kamu juga dapat memulai usaha agribisnis bersama Agree Culture, karena disini kamu akan mendapatkan banyak manfaat mulai dari kemitraan dengan perusahaan, permodalan budidaya, jual beli komoditas pertanian dan fitur-fitur budidaya lainnya seperti info cuaca, info harga dan artikel pertanian, perikanan dan peternakan.

Tulisan ini diikutseratakan dalam Kompetisi Menulis Artikel di agreeculture.id ^^

Be social share!

16 thoughts on “Budidaya Tanaman Lidah Buaya di Rumah

  1. Lidah buaya ini memang banyak manfaatnya, Mbak. Kalau dulu di rumah sering buat rambut. Dan sering nonton di televisi, yang ukuran besarnya buat minuman. Jadi dagingnya kayak jelly. Coba saya cek di halaman, apa lidah buaya masih ada. Kalau tidak, wajib tanam lagi hehehe.

  2. Cara menanam si Aloe Vera ini gak susah ya, pantes disukai, apalagi memang manfaatnya banyak yang suka

  3. Lidah buaya bisa diolah jadi macem-macem ya. Mulai dari makanan sampai bodycare. Jadi inget dulu pernah punya lidah buaya, emang beneran low maintenance tapi sayang pas pindahan terpaksa ditinggal di rumah lama.

  4. Skincare gw jg berbahan dasar aloe vera. Ternyata menanam sendiri ckp mudah ya. Aku pgn coba ah. Mumpung punya green house di rumah. Aku pgn budidaya aloe vera jg. Dulu sempat banyak di luar rumah tapi ya tumbuh liar gitu.

  5. Tanaman lidah buaya ini sarat manfaat, ternyata cara menanam dan merawatnya tidak sesulit itu ya, malah terbilang cukup mudah ya ini. Jadi pengen tanam juga lidah buaya di rumah 😉
    Makasih ya Kak sharing infonya

  6. Biasanya untuk memperoleh berbagai khasiat dari tanaman Lidah Buaya dapat diaplikasikan dengan cara memotong langsung lalu dioleskan ke bagian tubuh.

    dulu waktu kecil sering banget potong2 lidah buaya buat di oleskan ke rambut

  7. Masih penasaran banget, gimana caranya bisa tebel-tebel gitu ya tanamannya. Dulu pernah tanam lidah buaya, tapi gak bisa besar. Sama juga masih cari, gimana caranya bisa diolah jadi makanan atau minuman.

  8. aku juga menanam lidah buaya di rumah. Ga tau tanahnya yang kurang porous apa kurang subur, lidah buayaku gak bisa gede. Tetep hidup sih, tapi kecil kecil gitu…
    Btw banyak juga ya produk makanan dari lidah buaya, aku belum pernah coba sekalipun…

  9. Alhamdulillah saya sudah setahunan ini nanem si lidah buaya ini Mbak Siti… mudah ya merawatnya, disiramnya juga gak mesti setiap hari, asalkan mendapatkan sinar matahari yg cukup ya. Wah, khasiatnya buanyaak ^^

  10. Selain 10 manfaat yang disebutin di atas si lidah buaya ini juga bagus untuk rambut loh. Untuk nanamnya juga memang semudah itu! Dulu saya minta ke temen cuma satu ikat akar, dan sekarang udah tumbuh penuh satu pot bunga wkwkwkwk.

    BTW saya juga baru tahu kalau sekarang ada yang namanya olahan makanan dari si lidah buaya. Biasanya cuma dijadiin minuman dan sebagainya. Ternyata sekarang ada kripik, kopi, bahkan sampai nastar lidah buaya pun ada wkwkwkkw. The best lah!

  11. lidah buaya ini memang banyak manfaatnya ya mbak
    selain buat rambut juga bisa buat kulit juga
    bagus klo bisa menanam sendiri dirumah

  12. Dari zaman aku kecil sampai sekarang tanaman ini selalu ada di halaman rumah. Ke mana pun pindah rumah, entah kenapa, si lidah buaya pasti ada lagi di halaman heheheheee….. Manfaatnya itu lo, untuk rambut, haluskan kulit, luka dan noda di kulit, dan seabrek manfaat baik lainnya. Yang jelas, jelly-nya bikin adem dan tenang untuk kulit kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *