Pesona Coban Pelangi, Malang Jawa Timur

Coban Pelangi, mungkin nama ini tidak familiar karena lokasi ini kurang menjadi tujuan utama jika melakukan perjalanan sekitar Bromo. Yap, ini adalah perjalanan yang sebenarnya tidak masuk dalam daftar list yang wajib dikunjungi, tapi bukan berarti tidak layak untuk mampir kesini. Sebenarnya ada cerita sedikit kenapa saya sampai di tempat ini, diawali dengan kegalauan karena beberapa lokasi tujuan saya ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Tapi tak masalah, justru saya menemukan panorama yang tidak kalah mempesona di tengah belantara tanpa terlihat banyak pengunjung.

Wana Wisata Coban Pelangi

Lokasi Coban Pelangi berlokasi di Desa Gubuk Klakah, Kabupaten Malang, Jawa Timur, lokasi jalannya hampir sama ketika kamu melakukan perjalanan ke kawasan Bromo dari Desa Tumpang. Bedanya, gerbang untuk masuk lokasi ini berada ditepi jalan, nah dari jalan ini lah kita harus berjalan kaki sekitar 10 menit (1 km) turunan menuju bawah air terjun, sedikit berliku karena kawasan pegunungan. Sebenarnya kita juga dapat menyaksikan air terjun ini dari ketinggian di rainbow hill, namun saya cenderung tidak terlalu tertarik dengan wisata buatan (maklum disini kebanyakan dibuat spot-spot untuk selfie) lagi pula air terjunnya terlihat jauh dan kecil kalau difoto, hehe.

Petunjuk Arah

Berbeda ketika kita sudah turun hingga cukup dasar air terjun Coban Pelangi, suara percikan air terdengar jelas dan tentunya sedikit lebih basah. Daerah dasar air terjun ini malah lebih sepi karena memang jarang sekali pengunjung sampai di bawah. Sepanjang jalan kita disuguhkan hutan yang hijau, pegunungan yang sejuk, kicau burung dan sungai yang jernih (dilewati dengan jembatan bambu). Saat dilokasi dasar Coban Pelangi, harus ekstra hati-hati juga, karena basah membuat jalan agak licin, sudah pasti basah disini, karena percikan air cukup membuat topi dan baju basah. Jika ingin ber-swa foto disini pastikan menggunakan kamera anti air.

Dinamakan Coban Pelangi, karena ketika cuaca cerah akan muncul pelangi akibat percikan air dan bias cahaya matahari. Sayang sekali saya tidak dapat mengabadikan itu, karena saat saya tiba di bawah langit terlihat sedikit mendung.

Air terjun di Coban Pelangi mengalir dari sebuah tebing dengan ketinggian 30 M. Jika perjalanan menuju lokasi ini terasa melelahkan, tenang saja beberapa disini terdapat beberapa pondok dan warung kecil yang di siapkan sebagai fasilitas untuk menikmati keindahan air terjun di Coban Pelangi sambil jajan.

Coban Pelangi

Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pukul 10.00 pagi hinga 14.00 siang dimana matahari sedang bersinar terang. Juga disarankan agar datang pada saat musim panas supaya pelangi bisa terlihat jelas.

Gimana cukup menarik bukan Coban Pelangi, siapa tau lokasi ini menjadi salah satu destinasi explore sekitar kawasan Bromo yang baru bagi kamu. Semoga bermanfaat ^^

Coban Pelangi, Desa Gubuk Klakah, Malang, Jawa Timur
Tiket Masuk: Rp.15.000,-/orang
Parkir Motor: Gratis

Be social share!

2 thoughts on “Pesona Coban Pelangi, Malang Jawa Timur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *