Mempersiapkan Tabungan Untuk Traveling

Jaman sekarang, siapa sih yang tidak mau jalan-jalan alias traveling? Traveling mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang, bukan sekedar untuk refreshing saja, tapi juga menambah pengalaman. Banyak orang mulai melakukan perjalanan ketika masih muda sebagai bentuk mengumpulkan pengalaman yang bisa diceritakan saat di masa depan, punya kenangan, dan menambah wawasan tentunya.

Namun, tidak sedikit orang yang menghabiskan penghasilan mereka untuk berusaha mengunjungi tempat-tempat baru, yang kadang membutuhkan biaya yang tidak murah. Menabung untuk mempersiapkan perjalanan ini tentu tidak salah, tapi menabung untuk masa depan juga sama pentingnya kan? Sudahkah kamu mempersiapkan menabung untuk masa depan?

traveling boleh kok, tapi jangan lupa menabung untuk masa depan ya!

Yap, seperti yang saya katakan, traveling keliling Indonesia bahkan dunia tentu sangat boleh kok! Tapi jangan lupa menyisihkan penghasilan kamu untuk masa depan ya. Nah, kali ini saya mau share tentang tips untuk tetap bisa melakukan traveling dengan menabung, tapi juga masih bisa investasi untuk masa depan. Menambah pengalaman tapi keuangan juga harus tetap sehat bukan? Nah ini dia beberapa cara dari saya:

1. Budgeting

Pertama budgeting, menurut saya salah satu hal yang cukup penting adalah memberikan batasan/menyisihkan penghasilan ke beberapa kategori pengeluaran. Misalnya pengeluaran untuk makan, transport, listrik bahkan termasuk traveling, dan menabung, semuanya harus dihitung dan disisihkan.

Budgeting Ekosistem digital blu

Tentunya agar semua pengeluaran kamu lebih terorganisir, dan tidak over budget. Tabungan tetap aman, traveling juga bisa lancar dong hihi.

2. Jangan FOMO (Fear of Missing Out)

Mungkin kita sering dengar kata FOMO atau Fear of Missing Out yang artinya takut ketinggalan. Ini adalah salah satu hal yang mungkin agak susah untuk dijalankan, karna seperti yang kita tahu, dunia traveling memang lagi berkembang sangat pesat khususnya di Indonesia, yang dikit-dikit viral.

Tips menabung dengan digital blu

Sehingga, banyak tempat baru atau lagi hits dan sering muncul di sosial media. Kalau memang ada teman kamu yang ngajakin ke suatu tempat, tapi kamu ngerasa tempatnya juga familiar, lebih baik tidak perlu ikutan ya walaupun orang-orang bilang tempatnya bagus.

Sayang banget kan kalau kamu punya banyak perjalanan sejenis yang akhirnya terkesan itu-itu saja, atau tempatnya rusak gara-gara kebanyakan pengunjung, daripada akhirnya kecewa karna kamu sering FOMO? Mending uangnya disisihkan untuk nabung ^^

3. Traveling Tidak Perlu Mahal

Traveling itu sebenarnya tidak perlu mahal, cukup banyak kok tempat yang ramah di kantong dengan view yang gak kalah keren. Nah kamu tinggal pilih lokasi yang cocok dan sesuai dengan budget perjalanan kamu.

Jangan memaksakan diri untuk pergi ke tempat mewah kalau harganya melebihi keuangan kamu ya, kecuali kamu memang sengaja nabung untuk pergi ke lokasi itu hehe.

Aplikasi blu by BCA Digital, Tidak Sekedar Menabung

Daripada sekedar menabung, gimana kalau kita maksimalkan tabungan dengan blu by BCA Digital? Caranya juga gampang banget karna bisa dilakukan dimana aja, bahkan bisa lewat aplikasi HP loh. Karena blu by BCA merupakan aplikasi yang membantu kita untuk mengolah keuangan dengan lebih baik.

Memang apa bedanya BCA Digital dengan BCA Mobile?

Perbedaannya cukup simpel, yakni dari segi operasionalnya. Aplikasi blu hadir sebagai ekosistem digital blu tanpa kantor alias (branchless) dan tentunya dapat diakses dimana saja, dan kapan saja. Aplikasi blu juga terintegrasi dengan semua infrasturktur digital milik BCA, seperti call center, dan jariangan ATM. Semua layanan dapat dilakuakn dalam satu aplikasi.

Ekosistem digital blu
blu by BCA untuk next negeration

Sedangkan BCA Mobile dan internet banking BCA merupakan layanan perbankan yang disediakan oleh Bank BCA dimana sifatnya masih kenvensional sehingga saat membuka rekening masih harus datang ke kantor cabang, memiliki buku tabungan serta kartu ATM.

Jadi, bisa dikatakan BCA Digital ini memang dirancang khusus untuk menjangkau nasabah milenial, bank ini tidak mempunyai kantor cabang alias branchless karena seluruhnya beroperasi secara digital yang terintegrasi dengan dengan banyak partner/merchant jadi kamu bisa melakukan bermacam-macam pembayaran dengan QRIS, aplikasi blu sendiri merupakan salah satu perwujudan dari layanan BCA digital.

Penggunaanya yang menurutku simpel sih, cara pakainya juga gampang banget, dan cocok lah untuk pemula.

Karena sekarang ada yang namanya ekosistem digital blu by BCA yang dapat menjawab kebutuhan finansial kamu dengan cara baru agar kamu bisa wujudkan apa pun yang kamu inginkan. Tidak terbatas ruang dan waktu, aplikasi blu hadir untuk kamu 24/7 ❤️ #blubuatbaik

Fitur Aplikasi blu by BCA
Fitur Aplikasi blu by BCA

BCA Digital mengeluarkan blu dengan harapan menghadirkan Ekosistem digital blu yang memiliki pengalaman perbankan yang lebih optimal dan menyenangkan. Termasuk tampilannya yang fresh serta menjawab kebutuhan generasi muda sebagai next generation yang biasa melakukan transaksi secara digital. Berikut beberapa Review Jujur Aplikasi blu dengan fitu-fitur menariknya:

1. Fitur bluAccount

Buka rekening segampang itu! bluAccount adalah rekening utama kamu saat kamu telah sukses menjadi nasabah blu, atau mereka menyebutnya dengan ‘sobatblu’. bluAccount akan menjadi rekening aktif untuk melakukan berbagai macam transaksi. Transaksinya apa saja? Transaksi yang bisa digunakan melalui bluAccout adalah:

  • Bayar/Beli
  • QRIS
  • Tarik Tunai
  • Top Up E-Money
  • Transfer *Psttt gratis biaya transfer juga loh! 

2. Fitur bluSaving

Nabung Jadi Hobi, Bukan Cuma Kebiasaan. bluSaving adalah pemisahan tabungan dalam satu rekening bluAccount yang bisa diatur sesuai dengan tujuan kamu. Selain gampang buatnya, bluSaving menawarkan suku bunga yang kompetitif biar kamu bisa cepet merealisasikan goal tabungan kamu.

bluSaving dapat dipakai untuk kamu yang ingin memiliki rencana menabung untuk berbagai macam keperluan masa depan dengan 10 rekening tabungan.

Contoh: Saya mau nambung untuk perjalanan ke Raja Ampat dengan budget Rp 5.000.000,-, dan saya mau nabung selama 10 bulan. Jadi saya harus menabung 500rb per bulan supaya saya bisa mencapai targetnya. Nah karna targetnya hanya sekitar 10 bulan, maka saya buat bluSaving dengan judul Raja Ampat (biar semakin semangat mencapai target). Fitur ini bisa membantu kamu menabung rutin tiap bulan, minggu atau hari. Tentunya anti lupa dan membuat kita untuk lebih disiplin.

3. Fitur bluGether

Patungan Online Sama-Sama, Gak Pake Drama. Mau patungan tanpa ribet? Dengan bluGether kamu bisa punya rekening tabungan single account yang dapat dipakai seperti rekening bendahara dan dapat mengundang teman sebagai anggota hingga 24 orang, untuk ikut memonitor transaksi dan saldo rekening bluGether biar lebih transparan.

Nah, fitur ini bisa banget dipakai kalau kamu ingin merencanakan liburan bareng teman-teman. Itung-itung kalau perginya rame-rame bisa lebih hemat karena dapat sharecost.

4. Fitur bluDeposit

Buka Deposito Mudah dan Fleksibel. Mau buka deposito tanpa harus ribet? Bisa jadi bluDeposit adalah jawaban yang kamu cari. bluDeposit adalah produk deposito berjangka yang bisa memberikan kamu suku bunga yang lebih tinggi dibanding bluSaving.

Cara Mulainya Gimana ya?

Kalau kamu pikir menabung itu ribet, harus nyiapin uang dulu, terus harus ke kantor BANK nya, kemudian prosesnya pun membutuhkan waktu yang lama, itu salah besar. Membuka rekening di blu by BCA itu gampang banget, gak sampai 15 menit.

Aplikasi blu by BCA Digital
Interface Review Aplikasi blu by BCA Digital

Pertama Download aplikasi blu dulu, dan siapkan KTP dan NPWP (opsional), pastikan kamu berada di ruangan yang cukup cahaya, dan jaringan internet yang stabil, karena tim haloblu akan melakukan video call untuk verifikasi data melalui Aplikasi blu by BCA Digital.

  1. Untuk mengunduh aplikasi blu Andorid di Play Store dan iOS di App Store.
  2. Mengisi online application form.
  3. Verifikasi lewat video call dengan tim haloblu.
  4. Rekening teraktivasi maksimal 1 jam.

Nah, perlu kamu ketahui administrasi dari blu by BCA Digital, itu:

  1. Saldo maksimal tidak diberlakukan.
  2. Bebas biaya administrasi per bulan.
  3. Tidak ada kartu ATM atau debit.

Aplikasi blu by BCA aman gak sih?

Ini adalah salah satu pertanyaan yang sering banget ditanyain. Aplikasi blu by BCA itu aman ga sih? Aman ya guys, karna blu by BCA sendiri memiliki izin resmi dan diawasi oleh OJK. Ekosistem digital blu menyimpan kerahasiaan dan keamanan informasi diri yang udah kamu berikan.

Fitur Keamanan blu by BCA
Fitur Keamanan yang Maksimal

Kemanan blu dilengkapi dengan PIN, password, finger print, pengenalan wajah, dan SMS OTP. Setelah Review Aplikasi blu tentu saja penggunaan data kamu juga akan dijaga sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Tapi kalau kamu ada pertanyaan lebih lanjut, bisa hubungi tim haloblu yang siap membantu 24/7, di layanan telpon 1500 668 atau email haloblu@bcadigital.co.id.

Review Jujur Aplikasi blu ini membuat saya yakin bahwa perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya yang setia seperti ekosistem digital blu yang telah diluncurkan 17 Juni 2021 lalu. So, dapat dikatakan aplikasi yang satu ini masih berusia cukup muda, kurang dari satu bulan sejak tanggal rilisnya.

Hal ini menjadi salah satu alasan saya menggunakan aplikasi blu by BCA yaitu untuk melakukan banyak wacana perjalanan, kegiatan, dan tentunya gak halu alias rencana doang. Saya akan ajak beberapa teman untuk ikut bluGether agar membuat rencana liburan lebih matang untuk sharecost lebih murah, dan siap eksekusi setelah pandemi berakhir.

It’s blu Day, Ayo Mulai Langkahmu!

Nah, tanggal 22 Juli 2021 lalu, tepatnya pukul 09.30-11.30 WIB saya bersama media dan teman-teman blogger lainnya dari seluruh Indonesia menyaksikan acara virtual launching bernama “It’s blu Day, Mulai Langkahmu”. Acara virtual ini berisi pemaparan materi mengenai blu by BCA digital serta parnership lainnya yang merupakan pilihan yang tepat bagi kaum next negeration.

Dalam acara tersebut ibu Lanny Budiati (Chief Executive Officer PT Bank Digital BCA) memperkenalkan karakter blu by BCA bernama Benni, Lea, dan Utta. Dengan tujuan lebih dekat dengan para digital savvy atau generasi yang memiliki jiwa muda.

Benni merupakan singkatan dari berani investasi, menggambarkan para digital savvy yang memiliki financial literacy yang sangat memikirkan masa depan. Lea itu lebih kaya, mewakili savvy yang mempunyai pendapatan yang stabil dan cukup cerdas dalam hal mengatur keuangan sebagai kebutuhan primer termasuk lifestyle, terakhir Utta merupakan singkatan dari utamakan tabungan, nah ini mewakili generasi milenial yang belum bekerja, dimana masih dependent dan income belum stabil. Membantu mereka untuk mengatur keuangan baik pemasukan dan pengeluaran bulanan.

Its blu Day Mulai Langkahmu
It’s blu Day

Eiitss, tidak sampai disitu saja blu by BCA Digital juga melakukan beberapa kolaborasi dan sinergi dengan pihak lainnya loh, seperti Blibli sebagai partner belanja (tentunya kita bisa melakukan pembayaran ketika belanja di blibli.com dengan fitur in-app payament, QRIS, dan keuntungan lainnya) hal tersebut disampaikan oleh bapak Kusumo Martanto (CEO Blibli), mulai saat ini blu dan Blibli juga termasuk ekosistem digital blu dibidang non-banking, digital partner/e-commerce. Kemudian ada Yura Yunita yang membuat project lagu dengan judul “Mulai Langkahmu”, dan masih banyak lagi.

Oh ya kabar gembira nih, bagi nasabah yang membuka rekening bluAcount pihak blu by BCA Digital punya satu program #blubuatbaik dimana akan menyumbang Rp.1.000,- per nasabah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dengan mengurangi emisi karbon dan sampah. Kolaborasi ini merupakan partnership bersama KitaBisa.com, dan Greeneration Foundation, yang menjamin keberlanjutan bumi sebagai rumah kita bersama.

Gimana?
Semakin tertarik untuk mulai menabung masa depan setelah membaca Review Aplikasi blu ini? Semoga artikel tips menabung serta Review Aplikasi blu ini juga bermanfaat. Yuk mulai sekarang, jangan ditunda-tunda ya ^^ #blubuatbaik #MulaiLangkahmu #YangBiruPastiSeru #YangPentingLakuin

Share this post:

35 thoughts on “Mempersiapkan Tabungan Untuk Traveling

  1. Sebagai nasabah setia BCA dari jaman jebot, aku super hepiii ada app Blu by BCA digital ini.
    Sangat praktis, kekinian, no ribet ribet club.
    Bakal banyak yg memanfaatkan teknologi ini nih.

  2. Aku juga udah pakai nih, cepet registrasinya, beberapa menit langsung aktif. Seneng kalau ada gratisannya, transfer dari / ke bank BCA atau bank lain juga gratis, membantu juga cash flownya, untuk mengatur keuangan

  3. pas banget lagi galau milih, aku coba download juga ah.. ini ada bluegather yaaa, menarik nih, jadi bisa cek cek akun pasangan dengan transparan ya. seneng deh, dari genggaman mengatur mudah bisa semudah itu dengan blue

    1. Alhamdulillah ya membantu banget nih bluSaving dalam mengatur tabungan dan rencana kita ke depan. Saya juga sudah buat 3 goal di bluSaving.

  4. Wah, aku juga udah pake Aplikasi ini. Fitur-fiturnya keren, terutama yang bluSaving dan Tracking-nya, aku bisa dengan gampang misahin jenis tabungan dan ngecek cash flow tiap bulan.

    Tips-tips menabung buat travellingnya bisa dicoba nih, aku sendiri kesusahan nyiapin tabungan buat jalan-jalan soalnya huhu, terima kasih.

  5. Dengan rajin menabung, mau traveling atau apa aja bisa dilakukan ya, yang penting ada duitnya. Ngomongin soal tabungan digital, kayaknya blu ini oke juga loh. Enak banget sih jadi nasabah BCA, selalu dimanjain sama fitur digital keren dan canggih. Jadi pengen punya rekening di BCA juga deh…

  6. Baru tahu kalau BCA punya aplikasi Blu untuk para milenial yang nggak mau ribet dan fiturnya juga banyak dan menarik ya termasuk fitur patungan keren dan terpercaya karena yang mengeluarkan BCA

  7. Saya sudah download juga. Cuma belum mengaktifkan mau buat fitur yang mana. bluSaving, bluGeteher dan bluDeposit semuanya menarik dan sangat bermanfaat ya

  8. Yang paling penting itu aplikasi ini aman dan diawasi OJK. Pengamanannya juga oke punya, jadi nasabah gak perlu worry dengan pencurian data.

  9. Alhamdulillah ya membantu banget nih bluSaving dalam mengatur tabungan dan rencana kita ke depan. Saya juga sudah buat 3 goal di bluSaving untuk rencana ke depan dalam 1 -2 tahun.

  10. benaran sangat membantu ya mbak aplikasi blu by BCA Digital ini
    bluSavingnya membuat kita bisa memiliki 10 rekening tabungan sekaligus

  11. Mau banget nih nabung buat traveling…biar ntar kalau pas pandemi dah kelar kita bisa langsung deh eksekusi di tabungan…Cara nabungnya gampang pula ya…

  12. Fitur yang keren ini bisa melakukan perencanaan di aplikasi tabungan. Jarang banget produk tabungan yang bisa melakukan itu.

  13. Menggiurkan sekali tabungan blu bca ini. Bikinnya praktis dan cepat. Fitur yang ditawarkan juga banyak dan sesuai dengan kebutuhan. Bisa buat nabung berbagai keperluan, termasuk traveling dengan satu kali buka rekening aja. Mantap betul.

  14. paling pas nih untuk misahin budget liburan sama biaya sehari-hari. dan biar konsisten nabung juga
    menarik juga inovasi dari BCA ini ya

  15. Terbantu banget nih bikin pos traveling lewat bluSaving. Rasanya udah gatel kaki pengen traveling. Tapi masa PPKM di perpanjang yah. Di tempatku juga lagi melonjak banget covidnya. Semoga bisa traveling lagi yah mba.

  16. Nah sepakat sama pesan buat nggak jadi traveler yang FOMO alias Fear Of Missing Out. Mengunjungi tempat yang lagi naik daun dan viral seringnya nggak banyak meninggalkan kesan. Berasa “semua orang udah tau juga rasanya”. Nggak asik lagi jadinya.

    Bikin budget traveling sepenting itu ternyata. Iya ya, bisa banget sesi menabungnya memanfaaatkan fitur bluSaving di blu by BCA Digital.

  17. Kalau udah punya rekening bca yg lama beda lagi yaa no rek nya? Trus apa udh bisa isi flazz, repot kalau harus ke atm melulu

  18. Semoga jadi makin rajin nabung nih dengan blu karena mudah banget transaksinya. Cocok banget buat orang kayak saya yang malas datang ke Bank hanya untuk setor duit tabungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *