6 Strategi Bisnis Online Zaman Now

Bisnis online menjadi salah satu hasil evolusi dalam dunia bisnis yang sudah modern, atau bahasa kerennya biasa disebut bisnis zaman now. Berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang saat ini gemar berjualan akan membuat beberapa bisnis yang terbilang ‘kolot’ semakin terlupakan tanpa adanya strategi.

Bagaimana tidak? Bisnis instan mulai dari hal kecil saja, seperti menjual tusuk gigi, pengganjal cincin, hingga hal-hal tampak ‘remeh’ lainnya bahkan sudah banyak yang menggunakan konsep digital marketing.

Memang, teknologi sudah banyak mengubah kehidupan manusia. Siapa saja yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, maka akan tertinggal di era yang sudah serba canggih seperti saat ini. Karena itu, tak bisa tidak, kita juga harus menyesuaikan diri, termasuk dalam bisnis.

Meningkatnya Jumlah Warganet Jadi Target Pasar Potensial

Dalam salah satu laporan surveinya, Hootsuite menyebutkan bahwa per bulan Januari 2021, pemakai internet dunia meningkat 316 juta jiwa, atau sebesar 7.3%, dibandingkan setahun sebelumnya. Artinya, sekarang ada sejumlah 4.66 miliar warganet yang secara aktif menggunakan internet untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya.

Kalau diperhitungkan dengan jumlah penduduk dunia seluruhnya, ini artinya 59.5%-nya pengguna aktif internet. Tentu ini angka penetrasi yang tak sedikit. Pandemi COVID-19 menjadi salah satu pemicu, yang kemudian ‘memaksa’ orang untuk lebih banyak berada di rumah, dan beraktivitas mengandalkan koneksi maya.

Karena itu, tak berlebihan rasanya, jika kemudian bisnis juga harus disesuaikan dengan kebiasaan dan kebutuhan target pasar yang baru ini.

Kesuksesan dalam sebuah bisnis memang dapat dilihat dari seberapa larisnya penjualan dan seberapa banyaknya keuntungan barang yang bisa terjual. Peluang bisnis online dianggap cukup bagus, karena modal yang dikeluarkan pun tidak lebih besar dari sebuah toko fisik, bahkan tidak ada batasan ruang, waktu, dan target pasar.

Namun sebelum sukses, pastinya pemilik bisnis wajib dapat menentukan strategi seperti apa yang pas untuk diterapkan, dan di zaman sekarang, digital marketing atau pemasaran digital adalah strategi yang paling pas dilakukan.

Tentu dibutuhkan sebuah strategi yang pas di tengah-tengah tren yang sedang naik daun ini.

Strategi Digital Marketing Bisnis Online

Simak beberapa strateginya di bawah ini.

1. Riset Target Pasar di Internet

Melakukan sebuah riset terhadap perkembangan pasar terkini adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Ketahui, siapa dan seperti apa target bisnis online yang cocok dengan bisnis yang hendak dikembangkan, agar lebih mudah melihat peluang.

Semakin banyak hal yang bisa kita ketahui, artinya semakin besar pula peluang yang bisa didapatkan. Cerdas melihat celah-celah dalam persaingan bisnis zaman now akan menjadi superpower.

Manfaatkan banyak tools untuk meriset target pasar atau men-setting target pasar seperti apa yang diinginkan hanya dengan menggunakan teknologi.

2. Gunakan Media Sosial

Namanya juga bisnis online, media sosial merupakan hal yang wajib dalam mengembangkan bisnis online zaman now. Media sosial menjadi salah satu media yang cukup berpengaruh dalam dunia bisnis.

Saat ini, apa pun harus dipromosikan di media sosial, bisa melalui Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan media lainnya. Ibaratnya, kita berpromosi tepat di tempat orang banyak berkumpul. Lebih banyak calon pelanggan yang dijangkau, bahkan bisa berinteraksi langsung tanpa terhalang jarak dan waktu.

Media sosial juga mampu menambah dan menjaga relasi terhadap customer. Postingan produk dalam bisnis online juga penting untuk membuat customer melihat-lihat terlebih dahulu agar yakin sebelum membeli.

3. Kreativitas adalah Kunci

Dalam bisnis online zaman now, untuk menjadi berbeda dan unik dibutuhkan kreativitas. Kreativitas merupakan hal mahal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Kreatif menjadi hal terpenting dalam menjalankan strategi bisnis zaman now. Semakin unik, semakin inovatif, maka semakin disukai oleh orang-orang saat ini.

Sudah terlalu banyak bisnis serupa yang membosankan. Jadilah pebisnis yang kreatif dengan membuat produk kita menjadi lebih menarik, entah melalui desain produk, postingan media sosial, hingga konsep digital yang digunakan. Kuncinya jangan terlalu kaku ya!

4. Promo Menarik Sebagai Daya Tarik

Siapa yang tidak tertarik dengan promo? Promo bisa menjadi strategi bisnis online zaman now yang sudah dipastikan akan banyak menarik banyak calon customer. Apalagi jika promo yang ditawarkan menawarkan harga yang terjangkau bagi target pasarmu.

Promo barangkali memang terdengar klasik, tapi justru tidak ada satu pun orang yang bisa menolak promo. Kebanyakan promo meningkatkan penjualan dan menarik customer baru. Apalagi dalam bisnis online, customer akan membanding-bandingkan harga dengan kompetitor.

Maka, dengan adanya promo bisa menjadi daya tarik yang membedakan bisnis kita dengan bisnis online lainnya.

5. Buat Website Sendiri

Jika media sosial ibarat kata adalah tempat orang banyak berkumpul, dan menjadi tempat kita untuk menyebarkan awareness bisnis, maka website merupakan “rumah” bagi bisnis kita. Ketika orang sudah aware akan produk kita, maka mereka secara otomatis merasa penasaran dan pengin tahu lebih jauh.

Website-lah yang bisa menjadi ‘etalase’ dan tempat orang mendapatkan informasi lebih banyak. Di sinilah manfaat dan keuntungan memiliki website sendiri yang tak akan bisa disamai dengan memiliki ‘lapak’ online di marketplace atau hanya sekadar akun media sosial saja.

Dengan memiliki website yang profesional, kepercayaan (calon) pelanggan akan terbangun dengan sendirinya.

6. Berikan Pelayanan After Sales Service

After sales service mengacu pada upaya untuk memastikan pihak pembeli sudah merasa puas dengan layanan atau produk yang telah dijual atau diterima oleh customer. Apalagi dalam bisnis online, ulasan sangat berarti untuk calon customer selanjutnya. Cara ini penting dilakukan untuk membuat pihak pembeli merasa puas dan diperhatikan oleh toko online yang dibelinya.

Dilansir dari Management Study Guide, hubungan yang baik antara penjual dan pembeli dapat membuat produk yang ditawarkan akan direkomendasikan oleh pembeli sebelumnya secara sukarela.

Hal ini bisa menjadi sebuah strategi marketing dari mulut ke mulut untuk menarik semakin banyak calon customer datang kepada bisnis online kita. Karena apa? Tidak ada yang lebih berharga dalam dunia bisnis dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan konsumen disertai pelayanan terbaik.

Nah, sudah tahu kan, apa saja strategi digital marketing yang perlu dilakukan? Sekarang, saatnya kamu membuat company profile website, untuk lebih menunjukkan profesionalitas bisnismu. Tunjukkan citra positif yang berintegritas di internet dengan company profile website, dan permudah calon mitra dan pelanggan menemukan bisnismu di pencarian Google.

Jangan lupa untuk mempercayakannya pada yang sudah ahli ya! Semoga bermanfaat ^^.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *