Perangkat Keamanan ini Wajib Ada di Perkantoran

Penting sekali menerapkan sistem keamanan gedung yang ketat untuk meminimalisir kejadian tak terduga yang tidak diinginkan. Untuk mengantisipasinya Kamu perlu memasang beberapa peralatan keamanan dan menerapkan sistem keamanan yang terencana. 

Perangkat keamanan yang paling utama dan wajib ada di gedung perkantoran adalah CCTV. Kamu wajib memasang CCTV di beberapa sudut ruangan kantor untuk meningkatkan sistem keamanan.

7 Macam Perangkat Keamanan yang Wajib Ada di Perkantoran

Jika kantor Kamu belum dilengkapi dengan sistem keamanan gedung yang memadai dan bingung komponen keamanan apa saja yang dibutuhkan. Secara umum ada 7 komponen yang wajib Kamu terapkan di kantor untuk menjamin keselamatan pegawai, aset dan data-data perusahaan, berikut beberapa komponen tersebut:

1. Pemasangan Sistem CCTV 

Perangkat keamanan pertama yang harus ada di gedung perkantoran yaitu sistem CCTV yang berguna untuk merekam jejak pada suatu kejadian yang tidak diinginkan, seperti masuknya penyusup, perampokan, dan tindak kejahatan lainnya.  Jejak yang diperoleh dari sistem CCTV bisa dijadikan sebagai bukti perkara ketika Kamu melaporkan ke pihak kepolisian.

Oleh karena itu system CCTV menjadi sebuah komponen utama yang wajib dipasang di beberapa sudut ruangan dan di luar gedung. Selain berguna untuk merekam jejak kejahatan system CCTV juga berguna untuk memantau pegawai saat bekerja. Dengan begitu Kamu akan tahu bagaimana mereka bekerja untuk perusahaan Kamu.

2. Petugas dan Pos Keamanan

Komponen yang tidak kalah penting yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan yaitu petugas keamanan. Kamu perlu mempekerjakan beberapa petugas keamanan dengan sistem shift yang berjaga selama 24 jam penuh. 

3. Pemasangan Alarm Kebakaran

Semua jenis bangunan termasuk gedung perkantoran juga berisiko mengalami kebakaran. Oleh karenanya Kamu harus memastikan bahwa gedung kantor Kamu sudah dilengkapi dengan perangkat keamanan berupa alarm kebakaran. Umumnya gedung perkantoran yang mengusung konsep modern menggunakan alarm otomatis yang dapat mendeteksi asap kebakaran. 

Tapi ada juga yang menggunakan alarm kebakaran manual yang mana untuk menyalakannya harus menekan tombolnya terlebih dulu. Kamu bisa memilih jenis alarm kebakaran yang sesuai dengan kebutuhan untuk gedung kantor Kamu.

4. Perlengkapan Emergency

Perlengkapan emergency juga harus Kamu sediakan di kantor untuk berjaga-jaga ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Beberapa perlengkapan emergency yang harus ada di kantor di antaranya yaitu:

  • Alat pemadam api ringan (Fire Extinguisher)
  • Kotak perlengkapan P3K
  • Alat pengeras suara

5. Pemeriksaan Sebelum Masuk

Demi meningkatkan sistem keamanan gedung sebuah perusahaan persewaan gedung perkantoran pasti akan memberlakukan aturan pemeriksaan sebelum memasuki area di dalam gedung. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya tindakan kriminal yang bisa saja mengancam keselamatan pegawai dan penghuni gedung lainnya.

6. Menggunakan Pintu Kantor dengan System Access Card

Pintu dengan sistem access card merupakan perangkat keamanan yang cukup penting untuk setiap ruang kantor, apalagi jika di dalamnya berisi data-data penting perusahaan. Tentunya Kamu tidak ingin penyusup masuk dan mencuri data-data Kamu, sebaiknya ganti pintu ruang kantor menggunakan sistem access card.

7. Kebijakan untuk Tamu

Selain perangkat keamanan aturan dalam menerima tamu juga penting diperhatikan. Kamu perlu membuat kebijakan untuk tamu yang berkunjung ke kantor, misalnya dengan memerintahkan petugas keamanan untuk mengecek kartu identitas para tamu yang datang.

Jenis-Jenis CCTV yang Sering Digunakan di Perkantoran

Pada umumnya terdapat 3 jenis CCTV yang sering ditemui di gedung-gedung perkantoran. Bagi Kamu yang bingung jenis CCTV apa yang cocok digunakan berikut 3 jenis CCTV yang bisa dipilih:

1. CCTV IP

Saat ini CCTV IP lebih banyak disukai karena dinilai lebih praktis dan hasil gambarnya pun lebih jernih dan tajam. 

2. CCTV Analog

Jenis CCTV analog biasanya digunakan pada gedung perkantoran yang sudah beroperasi cukup lama. Hasil gambar yang dihasilkan kurang baik karena resolusi kameranya rendah.

3. CCTV Wireless

Ada dua jenis CCTV wireless yaitu analog dan digital yang bekerja dengan menggunakan frekuensi radio untuk mengirim gambar ke wireless receiver. IP Camera juga bisa dikategorikan sebagai CCTV wireless karena tidak menggunakan kabel tapi memiliki cara kerja yang agak berbeda.

Perangkat Keamanan dari HikCentral Enterprise untuk Keamanan Kantor Kamu

Untuk menunjang sistem keamanan pada sebuah gedung perkantoran Kamu membutuhkan perangkat keamanan yang mampu menampilkan gambar yang jernih dan tajam.

CCTV dari Hikvision bisa jadikan pilihan yang tepat untuk menunjang keamanan kantor Kamu karena dilengkapi dengan software besutan HikCentral Enterprise yang memiliki fitur canggih. Berikut ini kelebihan software CCTV besutan  HikCentral Enterprise kepada Kamu:

Tidak Sekedar Menawarkan Sistem Keamanan Tapi Juga Membantu Efisiensi Bisnis

Tidak hanya sekedar menawarkan sistem keamanan untuk kantor Kamu, HikCentral Enterprise juga dapat membantu meningkatkan efisiensi bisnis dari berbagai sistem.

Fitur Keamanan pada Gedung Komersial

HikCentral menawarkan fitur keamanan yang canggih dengan didukung artificial intelligence yang tidak sekedar menawarkan sistem keamanan pada kantor Kamu tapi juga memberikan solusi yang komprehensif. Berikut fitur-fitur yang ditawarkan:

  1. System Entry & Exit.
  2. System Kamera ANPR (Pengenalan kendaraan berdasarkan plat nomor).
  3. Paduan Tempat Parkir  (Parking Guidance).
  4. Human access management.

Fitur Keamanan pada  Ritel

HikCentral Enterprise juga menawarkan sistem keamanan dan solusi yang komprehensif untuk bisnis ritel Kamu. Terdapat fitur customer analysis yang memungkinkan kamera CCTV dapat mendeteksi pelanggan VIP yang telah terdata masuk ke gerai secara otomatis dan mengirimkan notifikasi ke pegawai Kamu.

Dengan adanya notifikasi tersebut pegawai Kamu bisa memberikan informasi seputar promo dan penawaran lainnya kepada pelanggan VIP yang telah terdata tersebut. CCTV dengan customer analysis yang ditawarkan HikCentral Enterprise dapat membantu Kamu mendapatkan data pelanggan untuk kepentingan strategi penjualan.

Itulah beberapa kecanggihan software perangkat keamanan CCTV dari HikCentral Enterprise. Tingkatkan keamanan dan kinerja bisnis Kamu dengan menggunakan CCTV Hikvision yang telah dilengkapi dengan software CCTV mutakhir dari HikCentral Enterprise.

Semoga bermanfaat ^^.

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *