Cara Cek Rekening Bank dan Mutasi

Ada beberapa orang belum mengetahui cara mendapatkan mutasi dan cek nomor rekening bank sebenarnya dua hal tersebut mudah dilakukan. Bagi orang yang baru memiliki rekening bank mungkin agak kesulitan melakukan hal tersebut.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena kali ini akan membahas cara mudah melakukannya, sebenarnya ada beragam cara yang bisa kamu lakukan. Mulai dengan mendatangi kantor cabang atau melalui aplikasi mobile banking.

Cara cek rekening bank sebenarnya mudah dilakukan bahkan oleh pengguna yang baru memiliki rekening bank sekalipun. Jadi kamu tidak perlu takut tidak bisa mengecek nomor rekening dan mutasi transaksi karena semuanya bisa diketahui dengan mudah.

5 Fungsi Mutasi Rekening Bank Secara Umum

Sebelum membahas cara cek rekening bank ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja fungsi mutasi. Sebenarnya mutasi memiliki beragam fungsi terutama bagi nasabah, berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Sebagai alat pengontrol semua transaksi yang berlangsung selama periode tertentu
  2. Berguna sebagai laporan aktivitas keuangan
  3. Berguna untuk membantu kelancaran transaksi pada sebuah bisnis
  4. Dapat berfungsi sebagai alat keamanan untuk memonitor transaksi yang dilakukan oleh pihak lain
  5. Dapat membantu menekan pengeluaran dengan melakukan cek rekening bank secara berkala

Cara Cek Nomor Rekening dan Mutasi dengan Mudah

Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui nomor rekening dan mutasi, kamu bisa memilih salah satu cara yang paling mudah dan praktis untuk diterapkan. Berikut cara cek rekening bank selengkapnya.

1. Melalui ATM

Kamu bisa mengetahui mutasi transaksi terakhir dan nomor rekening melalui mesin ATM. Cara dengan memasukkan kartu ke  mesin ATM lalu pilih opsi mutasi rekening dan nantinya akan muncul setruk berisi beberapa transaksi terakhir dan nomor rekening bank.

2. Melalui Teller atau Call Center

Kamu bisa cek nomor rekening bank melalui call center bank, sementara untuk mendapatkan mutasi rekening kamu bisa memintanya di teller bank. Jangan lupa membawa buku tabungan dan e-KTP untuk mendapatkan daftar mutasi di teller.

3. Melalui SMS Banking

Selain melalui teller dan mesin ATM, kamu juga bisa cek nomor rekening bank  dan mutasi bank melalui SMS banking. Untuk melakukan cara ini kamu perlu mengetahui kode akses dari bank yang digunakan dan pulsa yang mencukupi.

4. Melalui Internet Banking

Mutasi dan nomor rekening juga bisa kamu ketahui melalui internet banking untuk melakukannya pastikan sudah terdaftar sebagai pengguna internet banking terlebih dulu. Setiap bank umum menyediakan layanan internet banking untuk mendukung kemudahan dalam bertransaksi.

5. Melalui Mobile Banking

Melakukan cek rekening bank juga bisa dilakukan melalui mobile banking, cara ini yang paling mudah dan praktis. Kamu perlu mendaftarkan mobile banking terlebih dulu sebelum menggunakan cara ini.

Di aplikasi mobile banking PermataMobile X kamu bisa cek mutasi rekening hingga 12 bulan tanpa perlu cetak mutasi di buku tabungan. Tidak hanya rekening tabungan, kamu juga bisa cek transaksi di semua akun PermataBank dengan mudah dan praktis.

PermataMobile X Memberikan Kemudahan dalam Bertransaksi

Melalui aplikasi PermataMobile X, sekarang kamu bisa cek mutasi dan nomor rekening dengan mudah. Aplikasi mobile banking dari PermataBank ini juga dibekali berbagai fitur-fitur menarik yang akan mempermudah urusan cek rekening bank dan transaksi keuangan lainnya.

Bukan sekedar mobile banking biasa, PermataMobile X menawarkan berbagai kelebihan, di antaranya:

  • Sangat Praktis: Cek semua akun PermataBank dengan mudah dan praktis hanya dalam satu aplikasi.
  • Cek Mutasi Mudah: Dapatkan daftar mutasi transaksi hingga 12 bulan pada semua jenis akun PermataBank dengan mudah.
  • Tersedia Berbagai Fitur: Terdapat ratusan fitur yang akan mempermudahmu bertransaksi.

Fitur Penting Mobile Banking PermataMobile X

Inilah beberapa fitur unggulan yang diusung oleh PermataMobile X:

  • Kemudahan dalam Berinvestasi, Kini beli, jual, hingga switching investasi Reksadana mudah dilakukan dalam genggaman.
  • Pengajuan Kartu kredit yang Mudah, Pengajuan penambahan kartu kredit dan kenaikan limit sementara secara online dengan praktis.
  • Fitur Pinjaman, Proses pengajuan SimplePay (Cicilan) dan CashOn (Pinjaman Dana Tunai) dapat dilakukan secara online dengan mudah dan praktis.
  • Fitur Finger Print, Login menjadi lebih mudah menggunakan finger print.
  • Fitur QR Pay, Pembayaran di berbagai merchant bisa dilakukan dengan cara scan barcode transaksi menjadi lebih praktis tanpa perlu isi e-wallet.
  • Cek Mutasi Tabungan dan Giro, Cek rekening bank dan mutasi hingga 12 bulan dengan mudah pada akun deposito, giro, obligasi, kartu kredit, reksa dana, KPR, dan KTA.
  • Fitur PermataStore, Di PermataStore pengguna bisa membeli berbagai produk perbankan tanpa perlu pergi ke bank.
  • Fitur Face ID, Tersedia face ID untuk mempermudah login menggunakan teknologi pendeteksi wajah.
  • Fitur Transfer yang Memudahkan, Transfer uang menjadi lebih mudah dengan menggunakan nomor handphone penerima.
  • Fitur Digital Token, Aplikasi PermataMobile X sudah menggunakan digital token jadi tidak lagi menggunakan SMS OTP.

Cara Daftar Aplikasi PermataMobile X

Cek rekening bank bisa dilakukan dengan mudah melalui PermataMobile X, berikut cara pendaftarannya:

  1. Langkah pertama unduh aplikasi PermataMobile X di Google Play Store atau Apple App Store
  2. Buka aplikasi lalu pilih ‘Mulai’
  3. Pilih “Ya” ketika tertera pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?” Jika sudah memiliki rekening PermataBank
  4. Pilih “tidak” ketika belum memiliki rekening PermataBank, nantinya akan diarahkan untuk membuka rekening baru di PermataStore
  5. Kemudian pilih “tidak” saat muncul pertanyaan “Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?”
  6. Untuk melanjutkan pilih kartu kredit atau nomor rekening untuk menuju ke proses pendaftaran selanjutnya
  7. Langkah selanjutnya ikuti petunjuk sesuai arahan hingga pendaftaran selesai dan user ID bisa digunakan di PermataMobile X

Melalui aplikasi mobile banking PermataMobile X kamu bisa cek rekening bank dengan mudah kapan saja dan di mana saja. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan di PermataMobile X untuk mempermudah segala urusan transaksi keuanganmu.  

Share this post:

1 thought on “Cara Cek Rekening Bank dan Mutasi

  1. Baru aja tadi bingung cara cek mutasi eh udah ada jawabannya, baru paham. Biasanya malah bingung minta bantuan orang lain buat cek mutasi, memang fiturnya M-Banking itu perlu dipelajari. Walau kelihatannya sulit, ternyata mudah dan berguna banget. Thanks infonya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.