Sembilan Menu Favorit untuk Buka Puasa

Bulan Ramadhan sudah di depan mata dan tidak sedikit yang sudah menunggu momentum beribadah di bulan suci tersebut. Bukan hanya mengharap berkah dan pahala di bulan Ramadhan, tidak sedikit yang juga sudah merindukan momentum berbuka puasa bersama keluarga dan sahabat tercinta.

Apalagi tidak jarang yang menyajikan menu buka puasa yang menarik dan enak untuk dinikmati, dan pastinya membuat penikmatnya kangen setengah mati.

Bulan Ramadhan juga tidak bisa dilepaskan dari tradisi lebaran, salah satu di antaranya adalah mudik. Karena itu, meski momen lebaran masih dalam hitungan bulan, tidak ada salahnya bersiap mulai sekarang dengan memesan tiket kereta lebaran saat ini.

Hal ini memberikan kesempatan kamu untuk bisa mendapatkan tiket mudik, yang pastinya terbatas hanya untuk beberapa tempat duduk, terutama yang mendekati hari lebaran. Yuk, mulai pesan tiket kereta lebaran di Traveloka sekarang juga!

Setelah mendapatkan tiket lebaran, kamu bisa mulai mempertimbangkan memilih menu buka puasa yang bakal kamu nikmati di sepanjang bulan Ramadhan nanti. Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Kurma

Kurma menjadi menu buka puasa yang paling ideal untuk dikonsumsi setelah seharian berpuasa. Alasan utamanya adalah karena kandungan gizi dan mineral yang dimiliki buah kurma, yang bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh untuk menjalankan ibadah dengan baik.

Kurma

Teman terbaik buat kurma untuk berbuka puasa sebelum menjalankan ibadah salat maghrib adalah segelas air putih hangat.

2. Gorengan

Sebaliknya, gorengan, baik itu tempe goreng, tahu goreng, molen pisang, atau pisang goreng, menjadi menu buka puasa yang seharusnya dihindari karena kandungan gizinya yang kurang ideal.

Gorengan

Namun, tidak bisa dimungkiri jika menu ini menjadi yang paling favorit dan ditunggu oleh banyak orang saat buka puasa. Apalagi ketika menikmatinya dengan ditemani satu porsi es yang segar. Yummy!

3. Kolak Pisang

Ada sejumlah kolak di Indonesia yang menarik untuk dijadikan menu bersantap saat buka puasa, dan salah satu di antaranya adalah kolak pisang.

Kolak Pisang Campur

Minuman bersantan ini memiliki berbagai macam variasi isian untuk menemani bahan utama, yaitu pisang, mulai dari potongan buah nangka yang segar, atau duren yang menawarkan rasa yang tajam, kacang hijau untuk menambah karbohidrat atau kolang-kaling yang manis dan bergizi karena kaya mineral. Kamu tertarik pilih yang mana?

4. Es Cendol

Tidak hanya saat bulan Ramadhan, es cendol juga sangat nikmat diminum di setiap saat.

Bayangkan menikmati cendol dengan gula merah cair, santan, parutan es segar dan tambahan pelengkap seperti potongan buah nangka dan kolang-kaling setelah berpuasa sehari penuh, dijamin tenggorokan yang kering akan langsung basah dan mendapatkan sensasi nikmat serta segar yang melegakan.

5. Es Teler dan Es Buah

Menikmati es saat berbuka puasa memang tidak direkomendasikan, namun harus diakui meminum es setelah seharian menahan lapar dan dahaga sangatlah melegakan, apalagi jika menu esnya cukup komplet, seperti es teler dan es buah.

Dengan isian potongan buah alpukat, kelapa muda, nangka, sirup, tape dan masih banyak lagi lainnya, menikmati es teler tidak hanya menghilangkan dahaga, tapi juga sedikit mengatasi lapar. Satu menu untuk semua, bukan?

6. Es Kelapa Muda

Indonesia memiliki banyak pohon kelapa dan memiliki banyak cara untuk mengolah buahnya. Salah satu yang paling digemari adalah menjadikan buah kelapa muda menjadi es kelapa yang menyegarkan.

Dengan atau tanpa es buah, air kelapa muda sudah memiliki kandungan yang cukup untuk menggantikan mineral dan elektrolit yang hilang dari tubuh selama berpuasa.

Untuk menambah kesegaran, bisa ditambahkan sirup dan daging kelapa muda. Tertarik?

7. Es Pisang Ijo

Salah satu menu buka puasa dari Makassar yang paling populer di Indonesia adalah es pisang ijo.

Pisang yang lembut, dibungkus dengan kulit tepung yang kaya karbohidrat, diguyur dengan sirup dan fla yang manis, plus tambahan es batu yang segar, penikmatnya dijamin bakal kesengsem dengan citarasa yang ditawarkan. Coba, deh!

8. Teh Manis

Yup, sekadar teh manis bisa membantu kamu mendapatkan kembali tenaga yang hilang di momen buka puasa, sebelum kemudian melanjutkan kegiatan ibadah salat Magrib.

Menikmati teh manis hangat atau es teh juga bisa mengembalikan mood kamu untuk kembali fit dan menghilangkan dahaga.

9. Air Putih

Yups, tak sedikit yang menjadikan air putih hangat sebagai menu berbuka puasa andalan, terutama di saat-saat genting, terutama ketika berada di tengah kemacetan.

Selain itu, air putih juga menjadi menu buka puasa paling aman bagi penderita diabetes agar kadar gula tidak melonjak drastis setelah seharian berbuka puasa.

Dari menu-menu yang sudah disebutkan di atas, mana yang jadi menu wajib kamu saat berbuka puasa?

Semoga bermanfaat ❤️

Share this post:

1 thought on “Sembilan Menu Favorit untuk Buka Puasa

  1. es buahhhh
    kalau hari biasa gini, aku jarang banget beli es buah
    tapi kalau pas puasaan, minum es buah kayak nemu oase ditengah gurun, seger bangett

Leave a Reply

Your email address will not be published.