Waktu yang Tepat untuk Jual-Beli Reksadana

Reksadana menjadi salah satu investasi yang dipilih oleh banyak orang karena memberikan keuntungan yang cukup besar dan kemudahan dalam berinvestasi.

Salah satu keuntungan utama investasi reksadana yaitu adanya diversifikasi aset, artinya seorang investor bisa membeli saham di sektor keuangan serta membeli saham lain di sektor lainnya seperti agrikultur dalam waktu yang bersamaan.

Melalui diversifikasi ini investor dapat mengurangi dampak fluktuasi pasar serta meminimalisir risiko pada portofolio investasi.

Investasi reksadana bisa dilakukan dengan modal fleksibel, likuiditas harian, proses pembelian mudah hingga dibantu Manajemen Investasi untuk mengoptimalkan portofolio.

Keuntungan investasi reksadana lainnya yaitu ada banyak jenis investasi reksadana yang bisa dipilih sesuai kebutuhan mulai dari investasi reksadana saham, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana pasar uang.

Tips Menentukan Waktu yang Tepat untuk Jual-Beli Reksadana

Untuk mendapatkan keuntungan yang optimal dalam berinvestasi Reksadana, kamu harus mengetahui strategi serta update keadaan pasar.

Salah satu hal yang perlu diketahui yaitu waktu yang tepat untuk melakukan jual beli reksadana. Adapun berikut ini merupakan beberapa tips menentukan waktu yang tepat untuk jual beli reksadana yaitu:

Waktu yang Tepat untuk Beli Reksadana

Mungkin kamu sering mendengar kalau waktu yang tepat untuk membeli Investasi adalah ketika harga atau kinerja pasar sedang turun supaya bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Namun terkadang hal tersebut sulit diprediksi, apalagi jika kondisi ekonomi sedang fluktuatif. Oleh sebab itu, tak sedikit investor yang mencari cara memprediksi waktu yang tepat untuk membeli Reksadana.

Agar tidak ribet mendapatkan waktu yang pas, kamu bisa melakukannya dengan menabung secara rutin atau disebut metode Dollar Cost Averaging (DCA).

Dengan menabung rutin kamu dapat menyesuaikan budget yang dimiliki untuk diinvestasikan ke reksadana. Adapun waktu yang pas untuk menabung rutin bisa setiap hari, setiap minggu, maupun setiap bulan.

Lantas bagaimana cara menghitung dana untuk menabung rutin?

Kamu bisa menentukan tujuan investasi terlebih dahulu apakah untuk jangka panjang atau jangka pendek. Kamu juga dapat mengatur target dana yang harus terkumpul dan kapan target tersebut dicapai. Dari situlah kamu bisa tahu jumlah investasi rutin sesuai alokasi dana.

Melalui investasi rutin ini kamu tidak perlu cemas dalam menentukan waktu yang pas untuk membeli Reksadana, karena kamu menabung secara konsisten dalam waktu atau target yang sudah ditentukan.

Jadi tidak masalah apabila kamu membeli harga tinggi sekalipun, karena jika diinvestasikan dalam jangka waktu panjang maka kamu bisa mendapatkan rata-rata dari hasil investasi rutin.

Waktu yang Pas untuk Jual Reksadana

Salah satu hal yang seringkali menjadi pertanyaan para investor yaitu kapan waktu yang tepat untuk menjual reksadana?

Pasalnya jangan salah fokus terhadap portofolio yang sudah hijau atau sudah menunjukkan keuntungan, karena hal terpenting dalam penjualan reksadana yaitu melihat tujuan serta target investasi kamu, apakah sudah terpenuhi atau belum

Pada awal berinvestasi pasti kamu sudah mengatur tujuan atau target investasi yang ingin dicapai (goal setting) bukan? Nah, pada saat tujuan investasi kamu sudah tercapai, di situlah waktu yang tepat untuk menjual reksadana. 

Tak sedikit para investor yang ingin langsung mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi dengan menjual Reksadana karena takut kehilangan momen serta keuntungan yang ada, padahal belum tentu saat itu waktu yang tepat untuk mencapai target investasinya.

Menabung secara rutin dan konsisten membantu kamu untuk mencapai tujuan investasi serta mendapatkan imbalan hasil yang memuaskan.

Melalui hal ini, tentunya kamu sudah tidak bingung lagi dalam menentukan waktu yang tepat untuk jual beli Reksadana bukan?

Investasi reksadana menjadi salah satu pilihan investasi yang tepat bagi kamu yang memiliki modal, waktu serta pengetahuan investasi terbatas.

Definisi reksadana sendiri yaitu wadah yang digunakan penghimpun dana yang didapatkan dari pemodal untuk diinvestasikan berbentuk portofolio efek oleh Manajer Investasi.

Artinya, modal investasi reksadana ini didapatkan dari dana bersama para pemodal atau investor serta akan dikelola dengan baik untuk mencapai portofolio yang optimal oleh Manajer Investasi

Investasi Reksadana di DBS Treasures Saja!

Kini investasi reksadana jadi lebih mudah dan menguntungkan di DBS Treasures saja! DBS Treasures menjadi priority banking yang tepat untuk melakukan investasi reksadana. Pasalnya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan berinvestasi di DBS Treasures beberapa di antaranya yaitu:

1. Dikelola Manajer Investasi Profesional

Investasi reksadana akan dikelola oleh Manajer Investasi terkemuka serta profesional yang bermitra dengan DBS Treasures untuk memberikan hasil investasi yang optimal dan memuaskan. 

2. Wawasan dan Panduan Investasi

Kamu akan mendapatkan wawasan serta panduan dalam berinvestasi yang telah dipersonalisasi dan dikomunikasikan oleh tim ahli finansial yang profesional serta proaktif dalam menganalisa pasar yang sedang terjadi. 

3. Diversifikasi Produk

Akan dilakukan diversifikasi atau penyebaran dana yang tepat guna mengurangi risiko kerugian dalam berinvestasi.

4. Likuiditas Harian

Berdasarkan likuiditas harian artinya investor bisa menjual kepemilikan sesuai dengan nilai aktiva bersih pada hari yang sama.

5. Nilai Fleksibel

Nilai investasi fleksibel dan cocok untuk pemilik modal yang memiliki dana berapapun.

6. Aman

Aman dan tepercaya karena investasi reksadana di DBS Treasures sudah diawasi oleh pemerintah serta terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan.

7. Transparan

Kinerja yang transparan sehingga investor mudah melakukan perbandingan.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui mengenai cara menentukan waktu yang pas untuk jual dan beli reksadana.

Ayo yakin berinvestasi reksadana dengan bergabung menjadi nasabah perbankan prioritas DBS Treasures sekarang juga! Dan nikmati berbagai keuntungan investasi reksadana di DBS Treasures.

Semoga bermanfaat 😉

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.