5 Tips Membuat Website Toko Online Mudah dan Cepat

Semenjak dunia diselimuti oleh pandemi berkepanjangan, toko online mengalami peningkatan popularitas secara tajam. Baik itu muda atau tua menjadi melek akan teknologi karena banyaknya waktu luang untuk terus bercengkrama dengan smartphone mereka.

Disebut toko online karena menggunakan jejaring internet sebagai media pemasaran dan penjualannya. Tentunya lebih modern, mudah dan dapat menjangkau pasar secara luas. Banyak juga kegiatan positif yang dapat mereka lakukan di rumah, misalnya bermain sosial media, googling informasi berfaedah atau sekedar scroll artis favorite di Internet.

Tidak kalah penting, sebagian besar menyulap internet menjadi ladang uang. Loh kok bisa? Ya jelas dong, keadaan memaksa mereka untuk jungkir balik menghadapi perekonomian.

Yuk mulai buat toko online!

So, daripada hanya menghabiskan kuota lebih baik melakukan aktivitas yang menguntungkan yaitu berjualan online dengan memanfaatkan website toko online.

Untuk lebih memudahkan kamu, berikut kami bagikan 5 tips membuat website toko online dengan mudah dan cepat

1. Tentukan Terlebih Dahulu Nama Toko yang digunakan

Lucu bukan jika sebuah toko tanpa nama. Tidak hanya konsumen yang akan kesulitan, tapi kamu juga akan sulit dalam hal marketing. Nama toko sebaiknya menarik dan tidak terlalu panjang. Tidak perlu menggunakan bahasa yang susah diingat dan dipahami.

Cukup yang sederhana namun penuh kesan. Tambahkan logo sebagai daya tarik tambahan yang akan memikat hati para konsumen. Jika perlu buat seunik mungkin yang berbeda dengan lainnya.

Kebanyakan akan menggunakan namanya sendiri supaya dapat sekaligus menjadi ajang unjuk gigi bahwa si A telah berhasil membangun sebuah toko online dengan jerih payahnya. Jika ada teman lama atau kerabat yang mengetahuinya, tentu akan spoiler tentang toko tersebut kepada orang lain. Wah, lumayan kan dapat promosi gratis.

2. Menentukan Produk yang Akan Dijual

Saking semangatnya jualan, hingga lupa menentukan produk yang akan dijual pada website toko online anda. Yah gak bisa gitu dong! Hal ini sangat penting demi keberlangsungan toko kamu loh.

Untuk memudahkan dalam proses penentuan, Lakukan riset kecil mengenai selera di zaman sekarang. Beberapa yang menggiurkan adalah kuliner dan fashion. Namun, lebih worth it ke fashion. Kenapa? Karena bagaimanapun zaman, fashion tidak akan pernah ditinggalkan. Toh sesuatu dalam bentuk barang memiliki estimasi jangka panjang. Sekalipun tidak langsung laris, namun pakaian akan tetap dapat disimpan.

Ada masanya menjual dengan harga khusus jika memang peminatnya sudah tidak terlalu banyak. Berbeda dengan kuliner, Jika tidak langsung terjual tidak dapat bertahan dalam jangka panjang.

Banyak sekali pertimbangan-pertimbangan yang harus kamu lakukan jika ingin menjual produk makanan. Intinya jangan hanya sekedar ikut-ikutan karena viral. Tapi lebih mempertimbangkan secara matang-matang.

3. Membuat Nama Domain

Domain merupakan alamat yang nantinya akan membawa kamu menuju halaman website yang diakses. Sistemnya terdiri dari nama domain dan ekstensi domain, misalnya D’Shanum.Co.Id.

Ada beberapa nama domain yaitu Top Level Domain, Second Level Domain, dan Third Level Domain. Semua memiliki keunggulan masing-masing sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu ingin membuat toko online, maka gunakan Top Level Domain.

Dimana ekstensi berada di paling akhir dalam sebuah domain. Nantinya akan menggunakan eksistensi “Store”, contoh Dshanum.Store. Sedangkan untuk perguruan tinggi, website sekolah, pemerintahan bahkan organisasi menggunakan eksistensi yang berbeda.

Second Level Domain juga memiliki fungsi yang sama hanya saja kamu harus merogoh kocek untuk mendapatkan domainnya. Sementara Third Level Domain meletakkan Domain pada bagian depan. Contoh www.berniaga.com

Apakah nama domain sebuah website Toko Online dapat serupa dengan yang lain? Tentu saja tidak. Domain dilengkapi dengan fitur Internet Corporation For Assigned yang fungsinya menyimpan semua nama domain di seluruh dunia.

Jadi, Domain kamu tidak akan pernah sama dengan yang lain. Nantinya penyedia layanan tersebut yang akan mengecek Nama domain yang kamu gunakan. Jika sudah terdaftar, kamu akan diminta untuk menuliskan nama domain yang lain.

4. Menentukan Target Pasar

Penentuan target pasar dilakukan supaya memudahkan eksekusi management strategy yang telah disusun secara rapi.

Misalnya kamu menjual sweater ala korea, maka target pasarnya adalah kaula muda yang berusia minimal 15 tahun sampai 25 tahun. Tidak boleh asal-asalan menentukan targeting jika kamu tidak ingin gulung tikar.

Seandainya kamu menjualnya pada usia 30 tahunan, sudah pasti tidak akan tertarik sama sekali. Pelajari sebaik mungkin melalui berbagai sumber yang menjabarkan tentang targeting Ads. Supaya kamu tidak keliru dalam melakukan pemasaran produk.

5. Menggunakan Zyro.com

Sekarang kamu bisa buat website toko online sendiri menggunakan platform website builder Zyro.com. Zyro dilengkapi dengan teknologi canggih sehingga menjadikan bisnis kamu berkembang pesat.

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah dengan mengunjungi zyro, Kemudian, Klik daftar Zyro. Pada tampilan yang muncul terdapat beberapa pilihan untuk membuat akun zyro terlebih dahulu. Selain  menggunakan email aktif, kamu juga dapat menggunakan google atau akun facebook.

Semoga bermanfaat 😊

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.