Solat Idul Fitri di Masjid Raya Mujahidin

Perayaan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah atau 2 Mei 2022 Masehi ini bagi saya sangat spesial, setelah ikut keseruan malam lebaran dengan Nyucol Meriam Karbit di Sungai Kapuas untuk pertama kalinya.

Kemudian di hari kelahiran saya yap 2 Mei saya juga dapat berkesempatan solat idul fitri di Masjid Ter-Besar di Kalimantan Barat yaitu Masjid Raya Mujahidin.

Selamat Hari Raya Idul Fitri 🌸🌸🌸

Semua hampir serba pertama kali, kali ini melakukan Solat Idul Fitri tak bersama bapak, ibu, dan adek, tapi berdua sama partner hidup alias suami, lagi pula lokasi rumah kami cukup memungkinkan untuk datang lebih awal ke Masjid Raya ini.

Pertama kali juga sih solat di Masjid Besar ini, karena kalau dulu mikirnya pasti ramai sekali agak sulit untuk keluar masuk plus kalau mau dapat tempat harus datang pagi-pagi sekali.

Ini juga solat eid pertama kalinya setelah Pandemi COVID-19, jadi dua tahun belakangan gak ikut 🙈 Tapi tetap meskipun pandemi sudah berangsur membaik, kami tetap menerapkan protokol kesehatan kok.

Bapak Sutarmidji (Gubernur Kalimantan Barat)

Bapak Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (H. Sutarmidji, S.H., M.Hum.) pun turut hadir melakukan solat Idul Fitri di Masjid ini, beliau juga memberi sambutan singkat sebelum dilakukannya solat sunnah Idul Fitri dua rakaat disini.

Ruang Terbuka Masjid Raya Mujahidin

Inilah masjid kebanggaan Kalimantan Barat, yang berdiri kokoh di tengah Kota Pontianak. Masjid Raya Mujahidin berdiri sejak tahun 1978 pernah direnovasi sebelumnya, dan pada tahun 2015 pembangunan barunya diresmikan langsung oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

Masjid Raya Mujahidin Kalimantan Barat

Bangunan yang sekarang memiliki luas kurang lebih 4 hektar. Dimana, daya tampungnya bisa mencapai 9000 jamaah dalam sekali melaksanakan ibadah Solat Tarawih maupun Solat Jumat.

Mempunyai 3 bagian utama yaitu, bangunan masjid utama yang mempunyai luas 60×60 meter. Bangunan menara utama yang memang letaknya agak sedikit di depan. Serta, plaza atau pelataran yang berbentuk segi empat dengan koridor panjang.

Di bangunan utama pula kamu bisa melihat kubah emas yang cukup besar. Di bagian ujungnya, terdapat sebuah ornamen yang meruncing seperti huruf alif. Hal ini, menandakan bahwa Islam di tanah Pontianak selalu tegak berdiri dan dijunjung sampai akhir hayat nanti.

Menara Masjid Raya Mujahidin
Selesai Solat Eid

Saya senang bisa solat Idul Fitri di sini, Jamaah yang datang tidak meninggalkan sampah baik itu koran untuk alas sajadah, maupun botol minum plastik. Semua tertib hingga selesai kegiatan solat.

Sekian dulu, kami mau pergi ke rumah orang tua dan makan rendang ❤️

Masjid Raya Mujahidin merupakan masjid kebanggaan masyarakat Kota Pontianak yang harus kamu kunjungi bila pergi ke Kalimantan. Masjid ini terleak di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Pontianak Selatan, Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Share this post:

12 thoughts on “Solat Idul Fitri di Masjid Raya Mujahidin

  1. Wah, Masjid Raya Mujahidin luas, besar dan megah ya. Jamaahnya banyak sekali 😀 Senang pastinya mbak Siti bisa salat Idulfitri di masjid ini. Happy belated birthday ya tanggal 2 Mei yeyeye. Barakallah di usianya yang sekarang, ke berapakah itu? Hehehe….

  2. serunya bisa melaksanakan ibadah solat Ied bersama pak Su dan bisa merasakan kembali suasana lebaran ya. PAsti banyak perbedaan setelah dua tahun terkena pandemi dan semuanya dibatasi

  3. Pontianak masih jadi wishlist nihh buatku dan suami, kota kelahiran dia yang sudah puluhan tahun tidak ditengok..indah banget ya masjidnya bikin adem salat di sana..maaf lahir batin ya..

  4. Wisss, mantap ini Masjid Raya Mujahidin. Kelihatan megah dan nyaman untuk beribadah. Masyarakat Pontianak pasti bangga punya ini… semoga selalu ramai ya masjidnya…

  5. Aku tuh beneran se-happy itu deh tau banyak orang udah bisa mulai mudik lagi, bisa salat ied bareng-bareng lagi sama keluarga dan sanak saudara. Rasanya bulan Ramadan dan Lebaran kemarin benar-benar dilimpahi berkah, ya. Mana pas salat ied, dikasih cuaca yang cerah begini. ❤

  6. Mungkin kapan-kapan saya akan mampir ke mesjid ini untuk sholat. Saya belum pernah ke Pontianak, tapi ingin singgah di sana kalau lagi mendarat di Kubu Raya.

    Selamat ulang tahun buat Siti, semoga Siti sukses selalu.

  7. Kalau fotoin pake drone gitu pake ijin dulu ngga kak ke pengurus masjidnya dulu. PAsti keren banget sih kalau bisa diambil dari beberapa sudut ya. Pengen jugaaaa ikutan hehehe

  8. Saya belum pernah ke Kalimantan Barat
    Pernahnya ke Kalimantan Tengah dan Selatan
    Saya rindu salat di sana dan merayakan Lebaran sendirian tanpa keluarga

  9. Wahh hal seperti ini nih yang harus dicontoh untuk daerah lain, jadi suasana waktu datang sama dengan waktu pulang. Tidak ada smpah yang berserakan sesudah habis solat. Btw pemandangan masjidnya bagus banget, apalagi dilengkapi foto dari atas masjid pake drone, mantep euy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *