Mobil yang Cocok Untuk Wilayah Pertambangan

Area pertambangan memang menjadi salah satu tempat yang cukup ekstrem dan berbahaya. Biasanya pekerjaan yang ada di area pertambangan memiliki keamanan dan tingkat safety yang lebih tinggi dibandingkan dengan pekerjaan pada umumnya.

Misalkan saja penggunakan lampu exlosion proof mining lamp dimana lampu dibekali dengan ketahanan luar biasa. Selain itu masih banyak lagi peralatan tambang yang harus dilengkapi, termasuk mobil. 

Sama halnya dengan mobil yang sering kita temui, tugas utama dari mobil pertambangan adalah untuk alat transportasi. Pembedanya ada beberapa perlengkapan, fitur tambahan untuk lebih memberikan tingkat keefektifan mobil tersebut.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba membahas mengenai ciri-ciri mobil untuk wilayah pertambangan. Berikut ini adalah kategori fitur mobil yang harus ada jika digunakan di area pertambangan. 

Berwarna Cerah

Sebenarnya tidak ada peraturan dan juga sumber pasti yang menyebutkan warna mobil untuk tambang haruslah berwarna cerah. Walaupun begitu warna kecerahan mobil ini sangat berguna mengingat di tambang biasanya kita dihadapkan dengan jalan yang berlubang, becek, dengan medan sangat berat. 

Dengan warna cerah tingkat visibilitas dari sebuah mobil akan lebih tinggi alias bisa lebih mudah untuk dilihat. Beberapa contoh mobil pertambangan seperti Isuzu MU-X 2022 juga merupakan mobil tambang berwarna putih. 

Selain warna yang cerah, biasanya ada bagian desain warna mobil yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya. Hal ini bisa menjadi penambah tingkat safety atau keamanan dan keselamatan di tambang. 

Beberapa Aksesoris Unik Tapi Bersifat Wajib

Dari sisi aksesoris mobil, biasanya mobil pertambangan memiliki beberapa aksesoris yang cukup unik yang ditambah. Salah satu contohnya adalah dari isuzu D-Max 2022 dimana mobil ini memiliki sebuah antena tinggi di bagian bumper depan. Dari sisi tampilan memang terlihat sangat gahar, tapi antena mobil ini ternyata juga memiliki fungsi dari sisi safety juga. 

Fungsi antena (Buggy Whip) mobil tambang yang menjulang cukup tinggi ini bukanlah sebagai komunikasi radio, melainkan sebagai penanda adanya kendaraan.

Seperti yang kita tahu bahwa di tambang banyak sekali kendaraan dengan ketinggian sampai 3 tingkat gedung. Operator kendaraan tinggi ini membutuhkan penanda agar bisa melihat adanya mobil di area tambang. 

Penggerak Roda Harus 4×4 (4wd)

Sebenarnya masalah penggerak roda ini tergantung dari area tambang dan tingkat keekstremannya. Tidak semua mobil tambang memiliki penggerak roda 4×4, namun sangat baik jika memiliki sistem penggerak roda 4×4.

Biasanya penggerak roda 4wd ini digunakan khusus di dalam tambang, sedangkan untuk kendaraan di luar tambang, misalnya untuk alat angkut pegawai bisa menggunakan sistem penggerak roda tunggal. 

Selain itu biasanya ada tim mekanik di tambang yang memastikan kondisi mobil tetap prima. Ada yang memiliki keahlian untuk memperbaiki mesin, specialis ac mobil, pengereman, dan sebagainya. Hal ini dibutuhkan di setiap situs pertambangan agar kendaraan yang digunakan tetap dalam performa terbaik. 

Memliki Tambahan Fitur Keselamatan dan Evakuasi

Terakhir, mobil di area pertambangan biasanya memiliki berbagai fitur keselamatan dan keamanan serta evakuasi tambahan.

Misalnya ada sebuah gardan untuk menarik mobil, kemudian ada juga tempat toolbox yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan bengkel, dan ada juga tempat penyimpanan obat dan makanan cadangan atau darurat.

Fitur tambahan ini memang tidak umum namun perlu juga dipertimbangkan jika ingin memiliki sebuah mobil tambang. 

Kesimpulan

Itu dia beberapa informasi seputar ciri mobil tambang yang mungkin bisa kamu pelajari lebih lanjut. Perlu diingat bahwa ciri mobil di atas tidak semua harus dipenuhi karena setiap kondisi situs pertambangan berbeda-beda. Jika kamu memiliki beberapa tambahan informasi lainnya sangat boleh untuk menambahkan.

Terima kasih, semoga informasi ini bermanfaat dan membantu kamu. 

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *