Rekomendasi Bumbu & Saus Untuk Steak Sapi

Penggemar steak wajib membaca artikel satu ini nih.

Sebagai pecinta makanan olahan daging-dagingan seperti steak, hal yang paling penting selain cara pemotongan daging dalam menikmati sajian steak yang enak adalah pemilihan bumbu dan saus steaknya. Apalah artinya daging steak yang mahal tanpa bumbu dan saus yang pas.

Pengalaman saya pindah-pindah restoran steak alias coba sana-sini juga karena bumbu dan sausnya juga, nah kalau sudah dapat yang cocok betah untuk datang lagi dan lagi bahkan jadi langganan meskipun lokasinya cukup jauh, kamu gitu juga ga?

Pasalnya bumbu steak sapi sendiri gak cuma satu tapi ada banyak, perlu nyobain satu-satu memang mana yang cocok sama lidah kita, bahkan beberapa kali saya sering mencampur lebih dari satu jenis saus. Misalnya mix antara BBQ, El Machote sauce, dan Chimicurri gitu.

Dari beberapa saus yang sering saya pilih untuk pelengkap sajian steak, ada yang menjadi favorit bagi saya. Tentu karena ini juga satu diantara pengalaman makan steak saya selama ini jadi saya buat artikel ini sebagai rekomendasi kamu untuk memilih bumbu steak sapi andalan saya, siapa tahu sama-sama cocok ya kan?

Sebelum membahas soal saus yang digunakan, steak yang enak untuk dinikmati harus menggunakan bumbu yang cocok juga ketika diolah. Beberapa bumbunya adalah Herbes de Provence, Cumin, Tomahawk, Chimichurri Kering, Bumbu Steak Montreal, Spicy Tomahawk, dan lain sebagainya.

Nah, kalau sudah terbumbui dengan pilihan bumbu yang pas, tinggal panggang deh sesuai tingkat kematangan yang diinginkan misalnya rare, medium rare, medium, medium well, dan well

Kalau saya pribadi sih lebih suka dengan tingkat kematangan medium rare karena rasa danging yang masih juicy dan super empuk. Rata-rata orang Indonesia pun memilih tingkat kematangan yang seperti ini sih.

Lanjut memilih saus andalan, untuk saus seperti ini saat ini kita juga tidak perlu repot-repot lagi membuatnya karena bisa dibeli baik yang dijual di supermartket atau di restoran steak terbaik yang seperti Steak Hotel by Holycow.

1. Mushroom Sauce

Nah, rekomendasi saus andalan pertama adalah mushroom sauce karena rasanya tidak cenderung pedas, bisa dinikmati bersama anak-anak. Untuk kondimennya seperti jamur kancing atau champignon, krim atau susu cair, bawang putih, garam, gula, mentega, air, lada hitam, dan juga daun thyme.

Penggunaan krim juga boleh kok bahkan lebih baik daripada susu cair karena lebih gurih dan lezat sebagai saus.

2. Black Pepper Sauce

Nah, ini merupakan satu diantara steak klasik yang juga menjadi favorit pecinta steak. Kamu tidak akan pernah mendapat rasa yang salah dengan saus lada hitam.

Caranya? Tenang mudah kok, cukup tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Tambahkan kecap manis, oyster sauce, saus sambal, gula, garam, kaldu bubuk, dan lada hitam. Masukkan air secukupnya. Koreksi rasa.

Terakhir, kamu hanya perlu menambahkan tepung maizena agar saus mengental. Citarasa pedas dari lada hitam akan membuat steak akan lebih lezat.

3. BBQ Sauce

Daging sapi selalu identik dengan acara barbeque. Inilah yang membuat saus barbeque sempurna untuk mendampingi steak.

Saus ini dapat dibuat dengan mudah jika kamu sudah punya stok bumbu dasar BBQ. Tinggal tumis bawang putih dan bawang bombay cincang dengan mentega. Tambahkan bumbu dasar dan kaldu sapi bubuk.

Koreksi rasa, dan saus BBQ siap untuk kamu santap bersama steak favorit.

4. Cheese Sauce

Siapa yang bisa menolak tekstur lembut yang ditawarkan oleh cheese sauce?

Jenis saus yang satu ini bisa terbuat dari berbagai jenis keju. Namun, Holycow menggunakan keju cheddar yang lembut dan cocok untuk hidangan steak.

Rasa sausnya yang creamy dan lezat dijamin bisa menggugah selera kamu deh.

5. Buddy Sauce

Ini adalah saus pendamping steak khas Holycow. Terbuat dari campuran daun basil, krim, kacang mede, serta bumbu pilihan. 

Saus yang satu ini memiliki citarasa khas dan cocok untuk pendamping steak dengan tingkat kematangan sesuai selera kamu.

6. W Sauce

Tak hanya Buddy Sauce, Holycow juga punya saus andalan yang tak bisa kamu temukan di tempat lain. Yes, W sauce.

Saus ini mendapat julukan sebagai pesto saus lokal karena warnanya hijau. Bahan utamanya adalah daun pohpohan yang berasal dari Jawa Barat. Ada tambahan bawang putih dan minyak zaitun yang menjadikan cita rasanya sangat khas.

Kamu bisa menikmati berbagai jenis saus pendamping steak pilihan di atas di Steak Hotel by Holycow. Ingin berkreasi dengan membuat saus dan bumbu steak sapi di rumah? Tenang, kamu tetap bisa berbelanja daging sapi premium di Holycow kok.

Semoga bermanfaat 😊

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *