Jaga Keselamatan Saat Mengemudi di Jalan Raya

Setiap pengendara harus “Cari Aman” di jalan raya, apalagi kalau membawa penumpang atau berboncengan. Termasuk pengendara motor maupun mobil, pastikan keselamatan saat berkendara jadi prioritas utama yang wajib diperhatikan.

Namun sayangnya, masih saja ada pengemudi yang ‘enggan’ memperhatikan itu, misalnya terburu-buru kalau lagi nyetir, nyalip kendaraan lain seenaknya, dan lain-lain.

Lantas apa yang terjadi? Sudah pasti kecelakaan lalu lintas yang tak terhindarkan. Ga mau kan? Kecelakaan ini bukan hanya merugikan diri sendiri tapi justru pengguna jalan lainnya 🙈

Nah, agar tetap menjadi pengguna jalan raya yang baik, perhatikan yuk tips aman dan nyaman berkendara di artikel ini.

Aman dan nyaman, yap adalah dua hal penting saat berkendara, apalagi jika perjalanan yang dilakukan cukup panjang. Meskipun sering buru-buru sekali pun, ingat untuk tetap tenang alias jangan tergesa-gesa. Alon-alon asal klakon, pelan-pan aja pasti sampai kok 😊

Terbiasa untuk bersikap tenang mungkin tidak mudah, jadi kamu harus biasakan dengan mulai dari sekarang.

Kita dapat mulai dari hal yang kecil, misalnya memperhatikan posisi duduk. Kamu bisa intip artikel saya tentang posisi tubuh yang benar saat berkendara. Misalnya mata lurus ke depan (fokus ke arah tujuan), pundak santai dan rilex, tangan memegang stir/stang harus nyaman, dan lain sebagainya.

Intinya, senyaman mungkin. Nah, kalau ingin menempuh perjalanan dengan jarak jauh seperti road trip atau mudik, pastikan jangan sampai tubuh cepat pegal atau ngantuk ya!

Cek kondisi ban dan perhatikan bahan bakar, nah ini juga penting nih jangan sampai terlewatkan. Karena kendaraan adalah hal yang fital dalam berkendara, cek kualitas ban dengan rutin setiap hari, sebelum atau saat memanaskan kendaraan.

Nah, kalau kurang angin langsung isi kembali jangan nanti-nanti, memang sih hal sepele tapi perlu kamu ketahui mengisi angin ban dengan benar selain terhindar dari kecelakaan tapi juga untuk memperhatankan kualitas ban agar bertahan lama.

Saat motor/mobil dinyalakan, cek juga bahan bakarnya. Perhitungkan dengan matang jarak yang akan ditempuh, cari informasi terlebih dahulu dimana saja lokasi yang ada SPBU beserta jam buka-tutupnya kapan.

Gak mau kan kehabisan bahan bakar di tengah jalan 😭, amit-amit deh kalau pas habisnya di tengah hutan atau di jalan tol gara-gara lupa cek bahan bakar.

Lanjut, perhatikan juga perkiraan cuaca saat melakukan perjalanan. Ini juga penting (iyaa, penting semua). Masih banyak loh orang yang lupa untuk perhatikan kondisi cuaca ini, kalau sudah tau kondisinya kan kita bisa siap-siap terlebih dahulu (sedia payung sebelum hujan, etapi naik motor/mobil ga boleh pakai payung ya! bahaya).

Cek rute perjalanan, hal ini berfungsi misalnya jalur yang akan dilewati adalah daerah pegunungan rawan longsor, nah kalau sudah tau akan hujan ada baiknya ditunda atau atur lagi waktu keberangkatannya, ini demi keselalamatan ya.

Perhatikan rambu lalu lintas dengan benar saat perjalanan, terutama di daerah-daerah baru pertama kali dilewati seperti jalan berkelok, tanjakan, lampu merah, dan lain sebagainya. Selalu waspada, oke?

Plisss jangan main hempon selama mengemudi, apalagi motor. Soalnya ini banyak terjadi di kota-kota besar, jangankan untuk mengangkat telpon, liat-liat sosial media, ngecek pesan apalagi membalas chat, nanti dulu ya.

Yuk! jadikan keselamatan sebagai prioritas utama kita saat mengemudi di jalan raya. Pastikan kamu juga tidak melakukan hal-hal berikut ya!

  1. Melebihi batas kecepatan.
  2. Tidak menjaga jarak aman.
  3. Tidak berhati-hati saat mendahului kendaraan.

Jika semua terpenuhi saya yakin kamu/kita akan merasa aman dan nyaman saat di jalan raya, salam satu hati! ❤️

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *