Cakap Digital Bekal Berinternet Aman dan Nyaman Sebagai Travel Blogger

Karena internet saya bisa jalan-jalan keliling Indonesia, karena internet saya punya penghasilan dari blog, karena internet saya kenal dengan banyak orang, hehe. Momen digitalisasi ini menjadi suatu keberkahan buat saya, dan rekan-rekan lainnya di bidang yang sama.

Sebagai travel blogger kebutuhan internet memang sangat membantu. Menggunakan layanan wifi rumah tak hanya sekedar mencari informasi destinasi wisata yang ingin saya kunjungi, saya pun dapat melakukan banyak hal satu diantaranya yang paling penting adalah membagikan cerita perjalanan di blog pribadi. Agar pengalaman yang saya rasakan bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan, karena yang mendapat manfaat ada baiknya juga memberi manfaat. 

Manfaat Internet bagi Travel Blogger

Bicara soal manfaat internet, ah pasti sudah banyak yang menjelaskan, apalagi bagi seorang travel blogger, mulai dari mencari alamat lewat google mapbooking tiket pesawat atau hotel, mencari referensi tempat wisata baru, mencari tau cara naik MRT pertama kali, sampai hal-hal receh seperti outfit kekinian untuk traveling.

Manfaat Internet bagi Travel Blogger

Beberapa aktivitas lainnya juga dilakukan oleh seorang travel blogger dengan adanya internet, seperti berikut ini:

  • Meeting online dengan klien
  • Mengelola sosial media
  • Mengerjakan project dengan tim secara online
  • Mengedit gambar dan video secara online
  • Mengelola situs dan sosial media

Tidak dipungkiri lagi, internet cepat dan kuota besar wajib hukumnya dimiliki oleh Travel Blogger baik saat dalam perjalanan maupun saat menggunakan internet wifi rumah

Seolah internet tak boleh terputus, karena kebutuhan penting mulai dari aktivitas berselancar di dunia maya, sampai mengunggah video dan foto yang berukuran cukup besar ke blog pribadi atau sosial media.

Belum lagi untuk menyimpan dan mengirim data lewat google drive untuk masalah pekerjaan. Jadi, internet ini memang benar-benar tidak bisa lepas dari kehidupan seorang travel blogger.

Selain itu, tentu masih banyak lagi manfaat internet lainnya dalam kehidupan sehari-hari, baik itu mencari informasi, mendapatkan inspirasi, melakukan transaksi, belanja online, silaturahmi dengan teman atau keluarga, belajar, hiburan seperti menonton film atau bermain game, dan masih banyak lagi.

Bahkan hampir sebagian besar banyak pekerjaan yang dipermudah dengan adanya internet termasuk bagi seorang travel blogger. Kemudahan-kemudahan itu semua tentu akan dirasakan dengan nyaman dan aman jika penggunanya yang juga Cakap Digital.

Berinternet Nyaman dan Aman dengan Cakap Digital

Mengingat internet ini ibarat dua mata pisau, di satu sisi sangat bermanfaat, namun di sisi lain ada hal yang membahayakan. Hal-hal yang tidak diinginkan mungkin saja terjadi misalnya penyebaran hoax, pencurian data, penyebaran virus, cyber bullying, dan sebagainya. Siapa yang rugi? Bukan hanya diri sendiri tapi juga orang-orang sekitar kita, baik di dunia nyata maupun di dunia maya.

Karena bisa saja saking bebasnya berinternet kita juga bebas membagikan apa saja di sosial media, karena gak ada yang membatasi kecuali diri sendiri.  

Ingat, meskipun internet ini bebas, bukan berarti semua informasi juga harus dibagikan ya, sebagai pengguna internet yang bijak kita harus Cakap Digital yang baik dan benar.

Cakap digital maksudnya di sini adalah dimana pengguna internet mampu menilai, memahami, mengetahui, dan memahami perangkat digital seperti hardware, software, mesin pencari, aplikasi percakapan, sosial media, dompet digital, hingga transaksi digital.

Sebagai travel blogger maupun sebagai masyarakat umum penting sekali pengetahuan berinternet aman dengan cakap digital, agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi pada diri sendiri, maupun orang-orang terdekat kita. 

Saling mengingatkan antar sesama, seperti kegiatan yang saya ikuti beberapa hari lalu, kegiatan yang diadakan Kominfo tentang “Sejahtera Lewat Dunia Digital” Makin Cakap Digital 2022 yang membuat saya kembali diingatkan untuk bijak dalam berinternet sebagai cakap digital. 

Kegiatan ini benar-benar sebuah insightfull karena diisi oleh pakar-pakar digital Indonesia, bahwasannya ada banyak hal yang perlu diperhatikan, demi kenyaman dan keamanan dalam berinternet bersama. 

Memberi Manfaat dari Wifi Rumah

Seperti kalimat saya di awal artikel ini “yang mendapat manfaat ada baiknya juga memberi manfaat”, itu sebabnya saya memilih membagikan informasi tentang perjalanan melalui halaman blog dan juga sosial media yang bisa saya lakukan dari rumah. 

Tak jarang beberapa pemilik tempat wisata sampai berterima kasih karena saya pernah menuliskan pengalaman saat berada di tempatnya sehingga tempatnya semakin ramai pengunjung. 

Memberi Manfaat dari Wifi Rumah

Jadi, jangan lupa untuk saling mengingatkan untuk selalu bercakap digital yang baik dan benar, agar semua senang, semua nyaman.

Kebutuhan internet di rumah bisa terpenuhi dengan adanya internet cepat dari wifi rumah IndiHome dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, yang sekarang sudah sangat luas dan menjangkau hingga ke pelosok daerah di Indonesia. 

Fasilitas internet sudah disediakan sama IndiHome, yuk manfaatkan dengan baik, bagikan yang bermanfaat dari rumah, sebagai bekal berinternet nyaman antar sesama.

Semoga bermanfaat ❤️

Share this post:

28 thoughts on “Cakap Digital Bekal Berinternet Aman dan Nyaman Sebagai Travel Blogger

  1. Jika setiap individu sudah cakap digital saat berinternet, maka tak ada waktu untuk membuat ‘rusuh’ di dunia maya ya. Bakal sibuk memaksimalkan hobi seperti travel blogger yang mendatangkan cuan.
    Internet lancar, hobi semakin moncer.

  2. Saat ini internet memang sudah menjadi kebutuhan wajib dan harus bisa diakses oleh siapapun, kapan pun dan di manapun. Beruntung sekarang IndiHome semakin melebarkan sayapnya ke berbagai pelosok negeri. Semoga seluruh masyarakat Indonesia bisa merasakan manfaat positif dari internet, terutama dalam mendapatkan informasi penting yang update dan bermedia sosial.

  3. Kami sekeluarga pun memakai IndiHome untuk paket wifi dan TV. Boleh dibilang kita sekarang tidak bisa hidup tanpa internet sih. Kaitannya dengan pekerjaan sebagai blogger dan pengajar. Cakap digital istilah keren tuh…Semangat positif berinternet.

  4. Sekarang nih, kebutuhan internet udah kayak kebutuhan pokok. Bebas berselancar di dunia maya juga harus disertai dengan tanggung jawab agar bisa memaksimalkan teknologi yg bermanfaat.

  5. bener nih, secara langsung memang internet jadi hidup lebih mudah y. Indihome sudah makin berkembang dan selalu memberikan yang optimal nih buat internet sehari-hari, mantap

    1. Yap apalagi udah menjangkau sampai ke pelosok negeri. Bisa jd solusi seperti saat pandemi dulu dimana belajar mengajar kudu dari rumah. Lalu dg adanya jaringan yg ciamik kan jg jd produktif yak, kreativitas pun lebih terasah

  6. betul, kita harus bijak dan cakap berinternet, harus dipergunakan dengan baik dan juga bermanfaat buat semua. Terlebih lagi jika ada usaha yang jadi lebih banyak pengunjungnya karena ada campur tangan kita juga menyebarkan info yang baik dan bermanfaat kepada orang banyak lewat internet ya, kita pun jadi ikut bahagia dan bangga dong ya.

  7. Benar. Meskipun bebas tapi terbatas ya mbak. Kita yang harus cakap digital agar bisa menggunakan internet dengan bijak.

  8. kemudahan mengakses internet memang seyogyanya dibarengi dengan kecakapan kita dalam menerima informasi dan menyebarkannya ya, mbak. jangan sampai kita malah menyebarkan berita hoaks yang tidak diteliti dulu kebenarannya

  9. Sebagai travel blogger, internet jelas menjadi kebutuhan utama. Bisa kerja kapan saja darimana saja sambil traveling tentunya jadi sesuatu yang menyenangkan. Bersyukur ya indihome menjangkau hingga ke pulau-pulau di seluruh Indonesia

  10. Kita sebagai blogger memang benar sekali yak lepas dari internet. Karena dari internet kita bisa berkreasi dan menghasilkan cuan.

    Senengnya ya kalau internetan lancar di rumah. Jadi enggak perlu ke luar rumah untuk upload content dan lainnya.

  11. memang terasa banget mba keberadaan internet di rumah bagi kita sebagai travel blogger, karena saat kita menulis tentang perjalanan kita pastinya butuh internet yang memadai, di rumah saya juga menggunakan IndiHome mba

  12. Buat traveler memang perlu punya internet yang diandalkan, karena buat membantu cek lokasi, dan sebagainya. Apalagi yang mumpuni kekuatan sinyalnya dan terjangkau

  13. Iyess bangett dg adanya internet semuaa bisa dicari via google…traveling mandiri sekarang lebih nyaman karena ada internet.

    Indihome salah satu penyedia jasa internet yg okee…

  14. betul kak, keberadaan internet sangat penting untuk menjalani profesi kita sebagai blogger, hendaknya kita sebaik mungkin memanfaatkannya serta memiliki kecakapan digital untuk berbagi informasi maupun berkomunikasi.

  15. Manfaat internet wifi di rumah ini gak main-main yaa..
    Apalagi saat pandemi kemarin, paling terasa banget manfaatnya untuk kita semua.
    Dan semoga dengan pemanfaatannya secara positif, kita bisa menggapai semua impian terkait apapun, travelling, keuangan sampai akademik bagi yang masih sekolah.

  16. Bagi seseorang travel blogger, internet adalah kebutuhan pokok ya mbak
    Dengan memanfaatkan WiFi rumah dari IndiHome jadi makin lancar bikin konten ya

  17. sekarang ini memang internet menjadi rasanya hal utama ya, udah kaya bahan pokok. Soalnya tanpa internet memperlambat pekerjaan kita, apalagi kaya sayang yang memang mainnya di dunia maya

  18. cakap digital ini emang perlu banget dipahami dan diketahui oleh pengguna layanan internet, which is semua orang ya. mengingat kini dunia bekerja dalam roda digital. kalau gak bisa bahaya, bukan hanya terkait arus informasi tapi juga keamanan.

  19. Internet kenceng dari Indihome pokoknya nomor satu buat aktifitas zaman sekarang apalagi buat travel blogger. Kerja jadi sat set, nggak lelet.

  20. Nah iya, tidak semua pengguna internet memiliki kecakapan digital yang memadai. Dan issue tentang kecakapan digital ini memang owrlu digaungkan terus menerus agar semakin banyak orang yang memahaminya

  21. IndiHome ini jadi kebutuhan penting karena tanpa internet sepertinya ga bisa hidup, haha. Apalagi anak anak mayoritas dapat konten edukasi dari berbagai platform di dunia maya.

  22. sek mba aku jadi salfok ama fotonya.. kok berani bangeet sedeket itu hahah aku biasanya kalau ajak anak2 ngasih makan rusa itu ada pagar pembatasnya. btw syukur yaa sekarang internet semakin luas dan mudah dijangkau.. ngepost2 bisa lebih intens juga

  23. Sepakat, gak semua harus dibagikan di era dunia digital ini. Sebagai pengguna wifi dan internet di berbagai sendi kehidupanku
    Kondisi sekarang memang membuatku menyadari bahwa internet bukan sekadar kebutuhan sekunder melainkan primer.

    Namun perlu dipahami juga bahwa dibutuhkan kecakapan digital dalam melakukan aktivitas berselancar atau apapun bersama internet..

  24. Internet memang bisa membuat kita terlena karena bisa dapatkan banyak kemudahan, tetapi belakangan ini saya juga tersadar bahwa kita juga harus cakap digital supaya bisa memanfaatkan internet dg baik

Leave a Reply

Your email address will not be published.